Keluar Cairan dari Kemaluan

Info Penanya, pria 22 Tahun

Sebelumnya saya mau Tanya, saya pria, masih bingung terkena sifilis atau apa , tetapi saya mengalami di kelamin Ada cairan Putih keluar dan Ada bercak merah kecoklatan di tangan kanan saya Ada 2 di bawah jari tengah dan jari manis cuma disitu saja, tetapi saya cek darah tpha hasilnya non reaktif. bisa tolong dibantu di jelaskan?

20 Jun 2017, 01:58 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang keluar cairan dari kemaluan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab keluarnya cairan dari kemaluan, diperlukan data tambahan dan juga pemeriksaan langsung. Perhatikan apakah ada nyeri saat Anda berkemih, apakah ada keluhan lain seperti rasa panas atau dorongan untuk sering berkemih?

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya.

Untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang Anda rasakan kami anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga mendapat penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

20 Jun 2017, 01:58 WIB