Bintik Merah pada Kulit

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Hallo dok saya mau brtanya,kulit saya sudah hampir sebulan muncul bintik"merah seperti jerawat kadang2 terasa gatal juga,saya sudah dua kali ke dokter kulit dan diksih obat yg hampir sama yaitu racikan yg isinya mometasone dan asam fusidic , sampai sekrang bintik merahny msih trus brtambah ,

13 Jan 2018, 17:00 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Begitu banyak penyebab kelainan kulit yang menunjukkan gejala serupa seperti keluar bintik merah dan terasa gatal. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau dermatitis seboroik.

Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan). Dermatitis atopi merupakan penyebab tersering, hal ini disebabkan oleh alergi dan sering terjadi pada seseorang yang memiliki kulit kering.

Infeksi jamur (tinea cruris)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan, dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Lalu coba untuk memakai baju yang menyerap keringat dan hindari penggunaan handuk atau baju dengan orang lain.

Peradangan kulit akibat keringat (dermatitis seborrhoeic) --> Suatu bentuk peradangan kulit yang menyebabkan gatal pada daerah-daerah lipatan atau yang berkeringat banyak, seperti daerah kepala, selangkangan, atau wajah. Biasanya disebabkan oleh jamur (jenis jamur berbeda dengan infeksi jamur diatas), kekurangan vitamin, genetis, dan hormonal.Sayang sekali Kami tidak bisa memberikan kepastian penyebab pada kasus Anda karena keterbatasan informasi, dan dalam menegakkan diagnosa seputar keluhan di kulit harus dilihat dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter secara langsung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

13 Jan 2018, 17:00 WIB