Memiliki Teman Khayalan

Info Penanya, pria 26 Tahun

Hai dok.. saya rifa usia 26thn, dok saya memiliki teman khayalan dan sudah hampir 14 tahun saya memilikinya, entah mengapa saya lebih nyaman bersama dengan khayalan saya tersebut daripada dengan orang-orang disekeliling saya (dunia nyata). Teman khyalan saya itu seprti kebalikan dari diri dan kehidupan saya sendiri. Saya sendiri memiliki trauma dengan likunganan keluarga saya, saat saya kecil sya selalu melihat prtengkaran orgtua saya dan sejak saat itu saya mempunyai dia. Sebenarnya saya ingin terbuka dgn keluarga saya namaun sebelun saya mengatakan pada mereka, mereka trlebih dahulu ngatakan bahwa saya gila jd sejak saat itu saya tdk mau membicarakan dgn mereka. Dok apakah memang ada yang salah denga saya?? Apakah saya memang gila?? trimakasih

13 Jan 2018, 17:40 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Berbicara sendiri merupakan hal yang normal bila terjadi pada anak usia balita, dimana anak sedang belajr untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasinya. Namun hal ini menjadi tidak wajar, jika terjadi pada usia dewasa.

Sudah berapa lama Anda mengalami hal ini sebelumnya? Apakah hal ini sering terjadi?

Apakah ada anggota keluarga Anda yang mengalami kelainan psikiatrik? Apakah akhir-akhir ini Anda sedang mengalami tekanan yang berlebihan?

Berbicara sendiri memang merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan secara khusus. Hal ini menandakan bahwa Anda membutuhkan pertolongan. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter atau dokter spesialis psikiatri untuk mendapatkan pelayanan konseling. Dokter akan membantu Anda menemukan penyebab keluhan Anda dan memberikan penanganan yang sesuai. Jangan takut dan ragu untuk mengunjungi dokter, karena saat ini Anda membutuhkan bantuan medis profesional.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

13 Jan 2018, 17:40 WIB