Pertolongan Pertama pada Cedera Saat Olahraga

Oleh dr. Rio Aditya pada 06 Mar 2020, 13:17 WIB
Olahraga dan cedera adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Jangan cemas, lakukan ini sebagai pertolongan pertama jika Anda mengalami cedera olahraga.
Pertolongan Pertama pada Cedera Saat Olahraga

Klikdokter.com, Jakarta Setiap tahun, orang yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga semakin meningkat. Hal ini tentu sangat baik. Namun sayang, tak banyak yang “mempersiapkan” kondisi tubuhnya secara optimal sehingga cedera olahraga kerap menghantui. Hal ini tentu menghambat Anda mendapat manfaat olahraga secara maksimal.

Faktor Penyebab Terjadinya Cedera Saat Olahraga

Mempersiapkan diri sebelum Anda melakukan olahraga sangat penting untuk menghindari cedera. Namun apabila pemanasan yang dilakukan kurang tepat, kemungkinan terjadinya cedera pada tubuh Anda tentu tidak dapat dihindari. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya cedera saat Anda berolahraga:

  • Kurang Pemanasan

Banyak sekali orang yang kurang mengerti akan pentingnya pemanasan sebelum berolahraga. Padahal, dengan melakukan pemanasan setidaknya 5 menit saja sudah bisa mengurangi risiko terjadinya cedera hingga 70%.

Dengan melakukan pemanasan, seperti berlari kecil mengelilingi lapangan atau lompat tali, Anda menyiapkan otot-otot dan sendi tubuh untuk bergerak dan mengaktifkan otot yang diperlukan.

Artikel lainnya: Atasi Cedera Saat Olahraga dengan Cara Ini

  • Kelenturan Otot Kurang

Otot yang kaku merupakan salah satu penyebab terjadinya cedera saat berolahraga. Otot yang kaku akan membatasi rentang gerakan ekstremitas sehingga beban yang disalurkan tidak terdistribusi dengan merata.

Contohnya, ketika otot hamstring kaku, lutut bagian depan Anda akan menjadi mudah mengalami nyeri dan juga cedera.

  • Kelelahan

Ketika mengalami kelelahan saat berolahraga, Anda akan menjadi lebih rentan terhadap cedera. Ketika tubuh sudah mencapai batas kemampuannya, koordinasi gerakan pun menjadi tidak sempurna.

Akibatnya, Anda akan mudah mengalami cedera. Misalnya, hilang keseimbangan lalu jatuh atau kaki keseleo.

1 of 3

Pencegahan Cedera Saat Olahraga

Wanita Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga
Wanita Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Untuk mencegah terjadinya cedera saat olahraga, Anda harus melakukan beberapa persiapan. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum berolahraga.

  • Melakukan Pemanasan

Lakukan pemanasan setidaknya selama 5 menit sebelum mulai berolahraga, lalu diikuti stretching atau peregangan otot. Selain meningkatkan suhu tubuh dan denyut jantung, pemanasan juga menyiapkan respons otot dan sendi terhadap gerakan yang akan dilakukan.

Artikel lainnya: Menangani Cedera Lutut Saat Olahraga

  • Melatih Kelenturan Otot

Dengan rutin melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga, hal ini bisa menjaga kelenturan otot. Lakukan latihan peregangan pada otot-otot yang mudah mengalami kekakuan, seperti otot hamstring, otot betis, dan otot panggul.

  • Minum Air Putih

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab hilangnya konsentrasi dan koordinasi saat berolahraga. Jika sampai terjadi dehidrasi, Anda akan mudah mengalami cedera.

Untuk itu, ketika berolahraga setidaknya setiap 20 menit, minumlah air putih atau air isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Artikel lainnya: Waspada, Usia di Atas 40 Rentan Cedera Ini Saat Olahraga

2 of 3

Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Alami Cedera

Seseorang Mendinginkan Kaki yang Cedera
Seseorang Mendinginkan Kaki yang Cedera

Lalu bagaimana jika Anda mengalami cedera? Tenang saja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama cedera saat olahraga. Anda hanya perlu melakukan “RICE”, yaitu:

  • Rest

Istirahatkan segera daerah yang mengalami cedera. Hentikan segala aktivitas yang dapat menimbulkan nyeri atau memperburuk bagian tubuh yang mengalami cedera.

  • Ice

Dinginkan bagian tubuh yang cedera. Caranya, letakkan es batu atau kantong berisi air dingin pada bagian tubuh yang cedera dengan segera untuk meminimalkan pembengkakan.

Kompres selama 10-20 menit, minimal 3 kali sehari dalam 2-3 hari pertama. Ingatlah untuk melapisi kulit Anda dengan handuk. Hindari meletakkan es batu secara langsung ke permukaan kulit.

Artikel lainnya: Pemanasan Sebelum Olahraga dapat Cegah Cedera Otot

  • Compression

Lapisi daerah yang cedera dengan perban elastis (elastic bandage). Ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan.

Jika Anda mengalami gejala kesemutan, baal, nyeri yang meningkat, dingin, dan bengkak di daerah bawah bagian yang diperban. Artinya, perban elastis yang dipasang terlalu kencang sehingga harus dilonggarkan.

  • Elevation

Jika Anda cedera di kaki, angkat kaki tersebut hingga setingkat lebih tinggi dari jantung. Ini akan meminimalkan bengkak yang terjadi.

Kebanyakan cedera ringan akan sembuh dalam 6-8 minggu. Jika nyeri sangat hebat, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti parasetamol.

Itulah pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat Anda mengalami cedera olahraga. Namun, kalau rasa nyeri tak kunjung hilang atau bertambah berat, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Intip tips mengatasi cedera lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS]

Lanjutkan Membaca ↓