Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

Oleh dr. Nadia Octavia pada 24 Mar 2020, 13:28 WIB
Selain bisa membantu menurunkan berat badan, jus juga punya banyak manfaat lainnya, lho. Apa saja itu? Mari simak penjelasan berikut!
Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang sibuk atau tidak suka makan buah dan sayur, jus bisa jadi alternatif agar tubuh tetap mendapatkan cukup nutrisi dari asupan tersebut. Berbagai manfaat buah dan sayur bisa langsung didapat hanya dengan minum jus. Apa sajakah manfaat jus buah dan sayur?

1 of 2

Manfaat Jus bagi Kesehatan

Berikut deretan manfaat jus buah yang sangat baik untuk kesehatan Anda dan keluarga!

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah studi dalam Scientific Reports yang dilakukan pada 20 partisipan sehat yang mengonsumsi enam botol jus berbeda setiap hari selama tiga hari. Jus yang dikonsumsi terdiri dari buah apel, timun, lemon, paprika, dan biji vanilla.

Hasilnya, setelah dua minggu, partisipan mengalami penurunan berat badan rata-rata 0,91 kg.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Konsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan bakteri baik di dalam tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi jus buah yang mengandung vitamin C, seperti jus jeruk atau kiwi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ilustrasi Meningkatkan Kesehatan Tulang
Ilustrasi Meningkatkan Kesehatan Tulang

Terdapat penelitian dalam jurnal Nutrition yang dilakukan pada 36 mencit jantan. Hewan tersebut diberikan jus jeruk.

Ditemukan bahwa mencit yang diberikan jus jeruk mengalami peningkatan kekuatan tulang pinggul sebanyak 6,3% dan penurunan risiko patah tulang pinggul sebesar 9,5%.

Namun, pembentukan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh asupan vitamin D dan kalsium, tak hanya vitamin C semata.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah dan sayuran mengandung berbagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sel oleh radikal bebas.

Radikal bebas, merokok, polusi, dan paparan berlebih sinar matahari dapat menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini pada kulit, seperti kerutan dan flek hitam.

Usahakan untuk mengonsumsi lima jenis buah dan sayuran setiap harinya. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Artikel lainnya: Kombinasi Jus Buah dan Sayur Sehat yang Nikmat untuk Anda Coba

  1. Membuat Tubuh Berenergi

Di saat tubuh sedang lelah dan kurang berenergi, kopi seringkali menjadi pilihan utama. Nah, kali ini Anda bisa menjadikan jus sebagai alternatif! Manfaat jus buah sangat baik dalam hal ini.

Menurut studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute, diperkirakan sembilan dari sepuluh orang kekurangan vitamin dan mineral.

Saat tubuh kekurangan nutrisi, maka salah satu gejala yang dapat timbul adalah kelelahan. Untuk itu, minum jus dapat menjadi salah satu opsi tepat dikala tubuh kurang berenergi.

  1. Mencegah Dehidrasi

Ilustrasi Pria Dehidrasi
Ilustrasi Pria Dehidrasi

Jus buah kerap menjadi salah satu minuman favorit yang sering dicari untuk melepas dahaga. Salah satu buah yang dapat mencegah dehidrasi adalah buah melon.

Terdiri dari 90% air, melon adalah buah yang ideal untuk masa pemulihan setelah berolahraga atau mengeluarkan cairan berlebih (misalnya berkeringat berlebih). Selain itu, melon juga dapat menggantikan cadangan glikogen dengan cepat.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Buah-buahan mengandung antioksidan yang dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Pilihan tepat yang dapat dikonsumsi sebagai jus adalah buah semangka.

Selain kaya air, buah yang satu ini juga merupakan sumber likopen (sejenis antioksidan) yang tinggi. Sekali lagi, antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Serat, baik yang mudah larut maupun tidak, berperan penting untuk kesehatan Anda. Rekomendasi serat harian yang sebaiknya dikonsumsi adalah 20 gr untuk wanita dan 26 gr untuk pria.

Salah satu jus buah yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan saluran cerna adalah buah pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan saluran cerna dan mencegah konstipasi atau sulit BAB.

Artikel lainnya: Bisakah Jus Ceri Meningkatkan Kemampuan Kognitif?

  1. Mengurangi Keluhan Perut Kembung dan Begah

Ilustrasi Perut Kembung dan Begah
Ilustrasi Perut Kembung dan Begah

Keluhan perut kembung dan begah tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Cobalah mengonsumsi jus buah nanas di kala perut Anda kembung dan begah.

Menurut the American Cancer Society, enzim bromelain yang terkandung di dalam buah nanas dapat memecahkan sejumlah protein yang ada di lambung dan mengurangi keluhan perut kembung juga begah.

  1. Menyehatkan Rambut

Pasti Anda ingin memiliki rambut yang sehat, kuat, dan indah berkilau, bukan? Perlu diketahui, pertumbuhan rambut bergantung dari berbagai faktor, seperti usia, kondisi kesehatan, genetik, dan diet.

Salah satu jus buah yang bermanfaat untuk kesehatan rambut adalah jus stroberi. Satu cangkir (144 g) stroberi dapat memenuhi 141% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang dapat membantu menguatkan rambut, serta mencegah rambut mudah patah dan rapuh.

Buah dan sayuran memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh karena kaya vitamin dan mineral. Saat membuat jus, sebaiknya gunakan blender agar seluruh kandungan buah dan sayur tidak ada yang hilang. Anda bisa ikuti cara bikin jus yang sehat di sini.

Selain itu, langsung minum sesaat setelah dibuat agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi bakteri. Karena, bakteri dapat dengan mudah tumbuh pada jus yang baru saja dibuat. Sebaiknya, minum jus dalam waktu 15 menit-1 jam setelah dibuat.

Agar lebih semangat minum jus, Anda bisa campur berbagai buah dan sayuran favorit! Untuk menghilangkan bau langu dari sayuran, coba tambahkan madu atau jahe. Jangan bingung, banyak, kok, kombinasi jus buah dan sayur yang sehat nan nikmat untuk dikonsumsi.

Banyak sekali, kan, manfaat jus buah yang bisa Anda dapatkan? Coba konsumsi secara rutin sebagai asupan harian yang sehat dan bernutrisi. Bila ingin konsultasi seputar asupan sehat, chat dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter saja!

(FR/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓