3 Pose Yoga untuk Ibu dan Anak, Apa Manfaatnya?
searchtext customer service

Yoga untuk Ibu dan si Kecil

Tahukah Anda bila gerakan yoga bisa dilakukan bersama si Kecil? Olahraga ini mendatangkan beragam manfaat untuk Anda dan anak, asalkan gerakan yang dilakukan tepat.
Yoga untuk Ibu dan Si Kecil

Yoga bukanlah sekadar olahraga, tetapi juga menggabungkan atau mengintegrasikan segala aspek, antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

Olahraga yoga sendiri cukup banyak diminati oleh banyak orang dewasa. Uniknya, olahraga ini juga bisa dilakukan bersama-sama dengan anak.

Yoga untuk ibu dan anak-anak memberikan manfaat bagi kesehatan, baik bagi fisik maupun mental. Olahraga ini juga dinilai aman dilakukan oleh si Kecil.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan olahraga ini, terlebih jika sedang melakukan pose tertentu.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai manfaat yoga untuk ibu dan anak-anak, serta gerakan yoga yang dapat dilakukan bersama-sama si Kecil.

1 dari 4

Manfaat Yoga bersama Anak

Manfaat Yoga bersama Anak
loading

Selain bagi dewasa, yoga juga memberikan manfaat pada si Kecil, misalnya melatih konsentrasi ataupun membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitasnya.

Tak hanya alasan itu, Anda bisa mengajak anak untuk melakukan yoga bersama karena memiliki manfaat, seperti:

1. Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Melakukan yoga bersama si Kecil membantu mempererat hubungan antara ibu dan anak. Anda bisa menjadikan waktu yoga untuk melepas kepenatan dan sebagai quality time dengan anak.

Artikel Lainnya: Cara Melatih Mindfulness kepada Anak di Rumah

2. Membantu Meningkatkan Fokus

Sudah tidak dimungkiri, manfaat yoga untuk ibu dan anak-anak dapat membantu menenangkan pikiran. Dengan terciptanya pikiran yang tenang, Anda dan si Kecil bisa fokus dan berkonsentrasi menyelesaikan aktivitas atau tugas yang sedang dilakukan.

3. Melatih Percaya Diri

Yoga membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Hal ini bisa didapat dari gerakan-gerakan yoga yang diajarkan bertahap.

Karena butuh kesabaran dan usaha untuk mencapai pose yang diinginkan, si Kecil akan terbiasa belajar dan percaya diri untuk berkembang dan berusaha.

4. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Bersama dengan ibu, si Kecil bisa melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Tak hanya membuat perasaan senang, yoga juga membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan fisik si Kecil.

Melakukan pose yoga dapat mengajarkan si Kecil bagaimana cara menggunakan kekuatan otot dengan berbagai cara, bahkan yang sebelumnya tak pernah mereka coba. Dengan begitu, mereka pun juga bisa belajar memahami tubuh atau diri sendiri.

Selain itu, lewat yoga, anak bisa belajar menjaga keseimbangan dan koordinasi mereka dengan cara yang menyenangkan.

5. Mengatasi Kecemasan

Beberapa anak mungkin memiliki kecemasan yang berlebihan. Jika si Kecil salah satunya, Anda bisa mengajaknya yoga bersama.

Gerakan yoga untuk ibu dan anak-anak mengajarkan teknik bernapas dan relaksasi. Kedua teknik ini bisa digunakan untuk membantu mengurangi kecemasan ataupun stres.

Artikel Lainnya: Anak-Anak Bisa Mengatasi Cemas dengan Cara Meditasi

2 dari 4

Gerakan Yoga untuk Ibu dan Anak-Anak

Ilustrasi Gerakan Yoga untuk Ibu dan Anak-Anak
loading

Biasanya kelas yoga melibatkan si Kecil untuk melakukan gerakan-gerakan yoga yang sama.

Namun, jika tidak mengikuti kelas yoga, Anda pun tetap bisa melakukannya di rumah bersama anak.

Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk ibu dan anak-anak yang bisa dilakukan di rumah:

1. Extended Cat Pose

Posisikan diri Anda dan si Kecil saling berhadapan, kepala hampir berdekatan, dan berada di posisi merangkak. Kemudian, tekuk kaki kiri, dan rentangkan kaki kanan ke belakang.

Setelah itu, luruskan tangan kiri ke depan. Sementara untuk si Kecil, bisa meletakkan tangan ke bahu Anda untuk mengimbangi.

Tahan pose yoga ini dalam beberapa waktu, dan ulangi di sisi lainnya.

2. Seated Cat Pose

Gerakan yoga untuk ibu dan anak-anak lainnya yang bisa dicoba, yaitu seated cat pose. Posisi gerakan ini diawali dengan duduk bersila, berhadapan dengan si Kecil. Pastikan Anda bersila dengan lutut hampir menyentuh satu sama lain.

Kemudian, angkat kedua tangan Anda dan raih lengan si Kecil. Setelah itu, menunduk hingga dagu menyentuh ke dada, punggung melingkar, dan mulai rasakan adanya regangan di area punggung.

3. Seesaw

Pose ini diawali dengan duduk meluruskan kaki ke depan, berhadapan dengan si Kecil. Rentangkan kedua tangan ke depan seakan-akan akan meraih tangannya.

Untuk memulai gerakan jungkat-jungkit, Anda bisa bersandar ke belakang dan membawa si Kecil ke depan.

Artikel Lainnya: Jenis Olahraga yang Sesuai untuk Anak Anda

3 dari 4

Tips Aman Yoga untuk Ibu dan Anak

Tips Aman Yoga untuk Ibu dan Anak
loading

Jika Anda memutuskan mengikut kelas yoga bersama dengan anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan lingkungan tempat dilakukannya latihan yoga aman dan nyaman, yaitu dengan lantai yang rata, dengan menggunakan yoga mat yang bersih dan kering, suhu ruangan tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas, kondisi ruangan jauh dari keramaian dan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. 
  • Pastikan instruktur kelas yoga terlatih dan terbiasa melakukan kelas yoga bagi anak-anak.
  • Anak-anak sebaiknya memulai latihan 2-4 jam sesudah makan besar atau 1-2 jam sebelum makan ringan/camilan. Hal ini untuk mencegah anak berolahraga dengan perut masih terisi, sehingga tidak menyebabkan gangguan pencernaan seperti mudah mual atau bahkan muntah.
  • Untuk mencegah terjadinya cedera, lakukan setiap gerakan yoga dengan perlahan-lahan, sambil berkonsentrasi dan tanpa memaksakan pose di luar kemampuan anak. Hindari gerakan-gerakan cepat, apalagi yang dilakukan dengan kecepatan tinggi.
  • Sediakan botol air minum di samping Anda untuk air minum anak selama yoga. Hal ini supaya anak tidak mengalami kekurangan cairan dan dapat memperoleh pengganti cairan dengan cepat.
  • Jangan memaksa melakukan yoga apabila anak sedang sakit atau tidak enak badan.
Baca Juga

Yoga untuk ibu dan anak-anak memiliki manfaat yang baik. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya sesekali dengan si Kecil.

Jika Anda pertama kali melakukan yoga, sebaiknya ikuti kelas yoga yang dipimpin instruktur agar Anda dan anak mengetahui dasarnya dahulu.

Ingin tahu informasi mengenai olahraga atau aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak? Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Konsultasikan juga dengan dokter terkait pemilihan olahraga yang tepat lewat Live Chat.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Putra Rizki, Sp. K.O

Spesialis Kedokteran Olahraga
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspada, Kulit Bisa Rusak akibat Olahraga

Info Sehat
29 Des

Apakah Berenang Bisa Mencegah Osteoporosis?

Info Sehat
27 Des

Rekomendasi Olahraga untuk Melatih Kelincahan

Info Sehat
27 Des

Jenis Olahraga yang Sesuai untuk Anak Anda

Info Sehat
24 Des

Manfaat Makan Semangka setelah Olahraga, Apa Saja?

Info Sehat
24 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat