Benarkah Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Banyak yang mengatakan bahwa minum air 8 gelas per hari adalah patokan air yang harus Anda minum. Benarkah?
Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari? (Antonio-Guillem/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Air merupakan suatu komponen penting yang menunjang kesehatan tubuh manusia. Anda harus mendapatkan asupan air yang cukup agar tubuh bisa beraktivitas dengan baik setiap hari. Tapi, benarkah harus minum air 8 gelas air per hari?

Dijelaskan oleh dr. Rio Aditya dari KlikDokter, delapan gelas air per hari sebenarnya hanya sebagai patokan yang semestinya diminum oleh setiap orang. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh minum lebih dari 8 gelas per harinya.

Baca Juga

“Banyak-sedikitnya asupan cairan seseorang sebenarnya tergantung dari aktivitas yang dilakukan hari itu. Delapan gelas adalah angka minimal, dan 8 gelas ini setara dengan 2000 liter air,” kata dr. Rio.

“Jika seseorang melakukan aktivitas yang lebih berat misalnya olahraga atau sedang bekerja di lapangan, maka asupan cairannya pun juga akan semakin banyak. Jadi 8 gelas itu hanya patokan minimal,” lanjutnya.

Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter (8 gelas) air putih, sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (7 gelas) setiap harinya.

Meski demikian, kebutuhan yang sesungguhnya tergantung pada kondisi masing-masing orang. Lebih jelasnya, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kondisi medis tertentu.

Menurut dr. Rio, secara terus menerus tubuh mengeluarkan cairan dari tubuh melalui proses pernapasan, buang air kecil dan besar, serta ketika berkeringat. Oleh karena itu, setiap orang harus mengganti cairan yang keluar tersebut, tentunya dengan mengonsumsi cairan yang cukup. Inilah sebabnya Anda tak boleh malas minum air putih.

Manfaat minum air putih yang cukup

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu sebuah kondisi dimana tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya. Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernapasan, keringat, urine, dan feses.

Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Untuk  terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, berikut beberapa manfaat minum air putih perlu Anda ketahui:

  • Mengganti cairan tubuh yang hilang

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, minum air putih yang cukup setiap hari bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah banyak beraktivitas. Minum air putih yang cukup juga bisa membuat organ di dalam tubuh Anda berfungsi dengan maksimal.

  • Membakar kalori

Siapa bilang hanya olahraga yang bisa membakar kalori dalam tubuh? Nyatanya, minum air putih yang cukup juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

Jika rutinitas baik ini dilakukan setiap hari, maka jangan terkejut jika berat badan berkurang tanpa Anda sadari.

  • Meningkatkan fungsi otak

Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka tidak hanya tubuh yang terkena imbasnya tapi otak pun bisa ikut merasakan efeknya. Menurut dr. Rio, ini karena 80 persen otak terdiri dari air.

Karena itu, kurang minum air putih bisa memengaruhi fungsi otak, mulai dari mengatur ritme jantung, menjalankan kontraksi usus, hingga mengirim sinyal bagi otot untuk berkontraksi sehingga tubuh dapat melakukan pergerakan.

  • Mencegah Sembelit

“Jika feses yang terbentuk memiliki sedikit kandungan air, konsistensinya akan cenderung keras. Feses yang keras dapat menimbulkan kesulitan buang air besar atau sembelit. Bila sembelit dibiarkan terus menerus, dapat menimbulkan masalah lain seperti ambeien,” ujar dr. Rio.

Air dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kandungan air pada makanan akan diserap melalui usus besar, sebelum akhirnya terbentuk feses. Nah, air dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang diserap tersebut.

  • Membuang Racun dalam Tubuh

Air putih berfungsi sebagai penawar racun. Jika Anda minum cukup air putih sebelum tidur, racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang melalui keringat, urine, atau feses yang Anda keluarkan keesokan paginya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari minum air putih yang perlu Anda ketahui. Selain mengetahui manfaat, kini Anda juga paham tentang berapa porsi air putih yang baik untuk diminum setiap harinya. Minum air 8 gelas per hari memang patokan minimal. Tapi yang lebih penting adalah menyesuaikannya dengan kegiatan Anda.

(FR/ RH)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Cairan bagi Kesehatan

Info Sehat
17 Mei

Cegukan Terus-menerus Seperti Sandiaga Uno, Haruskah ke Dokter?

Info Sehat
18 Apr

Mitos dan Fakta tentang Kulit yang Anda Harus Tahu

Info Sehat
01 Apr

Kenali Pola Makan Intuitif dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Info Sehat
29 Mar

Bahaya dari Terlalu Banyak Minum Air

Info Sehat
28 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk