Berbagai Kegunaan Senam Kegel

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 10 Nov 2019, 07:00 WIB
Ternyata otot vagina dapat dilatih dengan melakukan senam Kegel. Apa itu senam Kegel? Bagaimana melakukannya? Simak penjelasannya disini bersama dr. Dayen Tri Rejeki Herdiana.
Berbagai Kegunaan Senam Kegel (Mangostar/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Meski gerakannya sangat sederhana serta bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, tetapi senam Kegel sering disepelekan. Padahal jika dilakukan dengan rutin dan benar, senam ini bisa mendatangkan banyak sekali kegunaan pada tubuh. Tak hanya pada wanita, tetapi juga untuk pria.

Senam Kegel adalah latihan untuk menguatkan otot dasar panggul. Senam tersebut pertama kali dikemukakan oleh Arnold Kegel, ginekolog asal Amerika Serikat, pada tahun 1948. Inti dari latihan ini adalah mengontraksikan otot panggul dan mencegah kelemahan dari otot ini.

"Otot dasar panggul sendiri adalah sekumpulan otot yang terletak dalam dasar panggul dan berfungsi menyokong berbagai organ; seperti rahim (pada wanita), kandung kemih, dan saluran pencernaan (rektum),” ujar dr. Sara Elise Wijono, Mres, dari KlikDokter.

“Seiring berjalannya waktu, otot dasar panggul dapat meregang, melemah, dan kehilangan tonus (tegangan) otot. Oleh karena itu, penting untuk melatih kekuatan otot dasar panggul."

Sederet manfaat senam Kegel bagi kesehatan

Berikut ini adalah alasan mengapa Anda perlu melakukan senam Kegel secara rutin untuk pria dan wanita.

  • Latihan Kegel dapat menguatkan otot-otot yang mengontrol alur dari urine atau air kencing. Senam ini umumnya disarankan bagi pria atau wanita yang memiliki masalah inkontinensia urine (tidak mampu menahan BAK).
  • Untuk wanita, senam Kegel dapat mencegah prolaps uteri atau bahasa awamnya adalah rahim turun.
  • Senam Kegel yang dilakukan secara teratur dapat mengencangkan otot-otot vagina, sehingga cengkeraman vagina pada penis saat melakukan hubungan seks bertambah kuat dan dapat menambah kepekaan rangsangan vagina.
  • Pada pria, Kegel berguna untuk mengatasi urge incontinence yaitu keinginan berkemih yang sangat kuat sehingga tidak dapat mencapai toilet tepat pada waktunya.
  • Senam Kegel juga bisa meningkatkan kemampuan pria dalam mengontrol atau mempertahankan ereksi lebih lama dan membantu mengatasi ejakulasi dini.
  • Kegel juga membantu orgasme menjadi lebih kuat serta meningkatkan kekuatan ejakulasi. Bahkan, pria yang rutin melakukan senam Kegel dipercaya dapat mengalami multiple orgasm.
  • Senam Kegel akan mengangkat testis dan mengencangkan otot kremaster sama seperti mengencangkan sfingter anus. Hal ini disebabkan karena otot puboccoccygeus (PC) dimulai dari daerah sekitar anus.
  • Latihan Kegel dapat meningkatkan kepuasan seksual pada pria dan wanita.
  • Hamil, melahirkan, dan berat badan berlebih bisa membuat vagina kendur. Dengan melakukan senam Kegel setidaknya tiga kali sehari, kondisi tersebut diatasi karena senam tersebut bisa melatih otot di organ kewanitaan.

Cara melakukan senam Kegel dengan benar

Meski tergolong sangat mudah dan sederhana, tetapi tetap saja Anda harus tahu cara melakukan senam Kegel dengan benar, yaitu:

  • Tentukan lokasi otot dasar panggul yang akan dilatih

“Ada beberapa cara melakukan hal ini, seperti mencoba menghentikan pancaran urine saat berkemih,” kata dr. Sara menjelaskan.

“Jika berhasil menahannya, maka Anda sudah mengontraksikan otot yang tepat. Cara lainnya adalah dengan membayangkan Anda sedang berusaha menahan buang angin.”

  • Setelah menentukan otot yang dilatih, saatnya senam!

Jepit otot dasar panggul tersebut dan tahan selama 5 detik. Setelah itu, Anda bisa merelaksasi otot dasar panggul. Kata dr. Sara, lakukan 10-20 kali latihan Kegel tiap sesi, sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

  • Hal-hal yang perlu diperhatikan

Hindari menahan napas, jangan mengejan (saat menjepit otot, bayangkan Anda sedang menarik otot ke atas, jangan didorong dengan mengejan). Hindari juga mengontraksikan otot perut, bokong, dan paha. Satu lagi, jangan lupa untuk mengistirahatkan otot setelah setiap kali kontraksi.

Mengingat senam Kegel sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, harusnya tak ada alasan untuk melewatkan senam yang satu ini. Cek apakah Anda sudah melakukannya dengan benar dan ajak pula pasangan sehingga Anda bisa sama-sama merasakan beragam kegunaannya. Selamat mencoba!

(RN/ RH)