17 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Paling Ampuh
search

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan, bisa mengganggu aktivitas Anda. Ketahui cara mengatasinya!
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau nyeri tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja. Meski bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, nyatanya hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Kalau sudah begini, Anda harus tahu cara mengatasi radang tenggorokan yang tepat.

Radang tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak serta nyeri saat menelan. Keluhan ini kadang menjadi gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas, yang bisa dipicu oleh bakteri maupun virus.

Berikut ini cara mengobati radang tenggorokan yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Istirahat

Istirahat merupakan cara yang mudah untuk mengobati radang tenggorokan Anda. Ya, tidur yang cukup akan membantu memulihkan peradangan atau infeksi.

Dengan istirahat yang cukup, Anda akan memberikan waktu kepada tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh lebih baik sehingga lebih cepat pulih.

1 dari 7

2. Banyak Konsumsi Air Putih

Banyak Konsumsi Air Putih untuk Mengatasi Radang Tenggorokan
loading

Jaga tenggorokan agar tidak kering. Tenggorokan yang kering akan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk meredakan radang tenggorokan, caranya bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

3. Berkumur dengan Air Garam

Alami radang tenggorokan? Coba saja berkumur dengan air garam yang hangat. Garam yang dilarutkan dapat menarik air sehingga kuman yang ada pada tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut.

Artikel Lainnya: Bolehkah Minum Obat Batuk untuk Redakan Radang Tenggorokan?

4. Berkumur dengan Mouthwash atau Antiseptik

Selain air garam, cara lain untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan antiseptik. Hal ini akan membantu membunuh kuman penyebab radang.

2 dari 7

5. Minum Air Lemon

Minum Air Lemon
loading

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Konsumsi air lemon dalam keadaan hangat akan membuat tenggorokan terasa nyaman.

6. Minum Air Jahe

Tidak hanya air lemon, air jahe juga memiliki manfaat yang sama baiknya untuk mengobati radang tenggorokan. Cara yang satu ini dapat menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan, dan bersifat antibakteri.

7. Minum Air Hangat yang Dicampur Madu

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, salah satu caranya juga bisa dengan konsumsi air hangat yang dicampur madu. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi di malam hari.

Namun sebelumnya, pastikan madu yang dipakai adalah madu asli, bukan yang menggunakan pemanis buatan.

Artikel Lainnya: Tips agar Tak Tertular Radang Tenggorokan Saat di Keramaian

3 dari 7

8. Hindari Paparan Asap Rokok dan Berhenti Merokok

Hindari Paparan Asap Rokok dan Berhenti Merokok
loading

Jika Anda ingin menghilangkan radang tenggorokan, menghindari asap rokok bisa menjadi cara yang efektif. Apalagi bila radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu.

9. Pakai Masker

Cara yang tidak kalah penting untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan menggunakan masker. Usahakan untuk mengenakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan atau area berdebu untuk menghindari iritan yang dapat memperburuk radang tenggorokan.

10. Gunakan Essential Oil

Sudah mulai bosan dengan radang pada tenggorokan? Coba penggunaan essential oil atau minyak atsiri. Essential oil yang dipanaskan, lalu dihirup dapat mengurangi ketidaknyamanan di tenggorokan. Essential oil yang dapat digunakan misalnya yang beraroma peppermint.

4 dari 7

11. Hindari Banyak Berbicara atau Bersuara

Hindari Banyak Berbicara atau Bersuara
loading

Terlalu banyak berbicara akan membuat radang semakin memberat. Pasalnya, terlalu banyak bersuara dapat menambahkan beban pada pita suara Anda. Dengan begitu, radang tenggorokan bisa semakin parah. Jadi, jangan lupa istirahatkan tenggorokan Anda dengan hemat bicara.

12. Singkirkan Makanan Pedas

Bagi Anda pencinta makanan pedas, sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini saat terkena radang tenggorokan. Makanan pedas memicu batuk, sakit menelan, dan menambah keparahan sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Ibu Menyusui Kena Radang Tenggorokan, Apa Efeknya pada Bayi?

13.  Gunakan Humidifier

Manfaatkanlah humidifier untuk mengobati radang tenggorokan yang Anda alami. Alat ini akan menambah kelembapan udara yang Anda hirup, sehingga tenggorokan akan terasa lebih nyaman.

5 dari 7

14. Jangan Terlalu Lama di Ruangan ber-AC

Jangan Terlalu Lama di Ruangan ber-AC
loading

Selain suhunya yang dingin, terlalu lama di dalam ruangan ber-AC juga dapat memicu radang. Kelembapan udara yang rendah juga bisa memperburuk kondisi sakit tenggorokan.

Karena itu, membatasi diri terlalu lama di ruangan ber-AC dapat menjadi cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan Anda.

15. Konsumsi Obat Radang

Obat radang seperti steroid dapat digunakan untuk mengurangi peradangan. Namun, obat ini tidak dijual bebas sehingga harus diresepkan oleh dokter.

16. Konsumsi Antibiotik

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, konsumsi antibiotik dianjurkan. Namun, penggunaan antibiotik harus sesuai anjuran dokter. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter mengenai radang tenggorokan yang Anda alami.

6 dari 7

17. Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin
loading

Cara terakhir untuk mengobati radang tenggorokan, yakni dengan menghindari makanan dan minuman dengan suhu ekstrem karena dapat memperburuk peradangan di tenggorokan. Oleh karena itu, minum atau makanlah makanan dengan suhu hangat atau suhu ruangan.

Baca Juga

Radang tenggorokan memang sangat mengganggu. Maka dari itu, segeralah atasi dengan tepat berdasarkan penyebabnya. Jika cara-cara di atas belum mampu mengobati radang tenggorokan, periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Anda dapat menggunakan layanan Live Chat dari KlikDokter untuk bertanya seputar masalah kesehatan yang dialami.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Lo Han Kuo, Benarkah Ampuh Atasi Radang Tenggorokan?

Info Sehat
04 Jan

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan pada Bayi

Info Sehat
16 Des

Manfaat Telur untuk Atasi Radang Tenggorokan

Info Sehat
20 Nov

Tomat Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah, Benarkah?

Info Sehat
30 Agt

Segudang Manfaat Minum Air Hangat untuk Ibu Hamil

Info Sehat
29 Jul

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Jamaluddin Ideris
2 Tahun Lalu

bermanfaat

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat