Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Manfaat getah jarak dipercaya sebagai obat untuk mengatasi nyeri sakit gigi. Bagaimana cara penggunaannya?
Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Klikdokter.com, Jakarta Penanganan sakit gigi bisa dilakukan dengan konsumsi obat yang sudah banyak tersedia di warung, toko, hingga apotek. Namun bagi sebagian orang, tumbuhan jarak kerap dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi.

Hal ini berkaitan dengan perilaku masyarakat yang berusaha mengobati gigi sendiri. Alasannya bisa karena takut untuk berkunjung ke dokter gigi, masalah biaya, jarak yang harus ditempuh, atau terkadang disebabkan tidak adanya dokter gigi di suatu daerah terpencil.

1 dari 3

Nyeri Sakit Gigi Reda dengan Getah Jarak

Daun Jarak (Foto: Liputan6)
loading

Sejak ribuan tahun yang lalu, orang-orang melakukan pembersihan gigi dengan cara tradisional, seperti mengunyah batang, akar, atau tunas tumbuh-tumbuhan. Contohnya, mereka mengunyah batang siwak untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Selain itu, air rebusan dan sari tumbuh-tumbuhan juga dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati sakit gigi, sariawan, bibir pecah-pecah, gusi berdarah, dan gigi berlubang.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Salah satu contoh tumbuhan yang dapat dimanfaatkan adalah jarak. Bagian getahnya bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sakit gigi.

Tumbuhan jarak memiliki nama latin Jatropha curcas. Dalam bahasa Yunani, jatros berarti ‘dokter’ dan trophe berarti ‘makanan’ atau ‘nutrisi’. Jatropha curcas dapat diartikan sebagai 'tanaman obat'.

Manfaat tanaman jarak pagar untuk sakit gigi sudah dibuktikan sejak lama. Tumbuhan ini dipercaya mempunyai efek analgesik atau zat anti nyeri sehingga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Menurut Indonesian Journal of Dentistry 2006, manfaat analgesik dari getah jarak ini bisa menyerupai obat paracetamol. Artinya, efektivitasnya hanya berlaku selama 3-6 jam, lalu dalam 24 jam kemudian efeknya menurun.

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Manfaat getah jarak untuk sakit gigi hanya efektif untuk mengatasi nyeri yang akut saja. Sementara itu, penggunaan pada nyeri sakit gigi yang sudah terjadi berbulan-bulan sebelumnya tidak akan efektif.

2 dari 3

Cara Menggunakan Getah Jarak untuk Atasi Nyeri Sakit Gigi

loading

Perlu Anda ketahui, bagian dari tumbuhan jarak yang digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi adalah getahnya. Berikut cara menggunakan getah jarak untuk mengatasi sakit gigi:

  • Meneteskan Getah Secara Langsung

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan meneteskan getah sebanyak 1 sampai 2 tetes pada lubang gigi yang sakit, kemudian ditutup kapas. Biasanya setelah ini, rasa nyeri sudah tidak kambuh lagi, walaupun lama kelamaan gigi akan menjadi rusak dan rapuh.

Namun, cara ini tidak dianjurkan karena tetesan langsung getah membuat dosisnya menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, lebih baik Anda tidak meneteskan getah secara langsung pada gigi.

Artikel Lainnya: Ini Manfaat Minyak Cengkeh untuk Gigi yang Perlu Anda Tahu

  • Mengonsumsi dalam Bentuk Ekstraksi

Karena meneteskan secara langsung lebih berisiko, penggunaan getah jarak berbentuk ekstrak akan lebih baik dibanding getah jarak segar. Namun, hal ini masih terkendala oleh sulitnya ekstrak tanaman yang ditemukan di pasaran.

Getah jarak tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi nyeri sakit gigi, tetapi dapat pula dioleskan pada lidah yang meradang akibat luka atau sariawan. Selain manfaat getah jarak, akar tanaman jarak yang direbus juga berguna sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi berdarah dan sakit gigi. 

Kini Anda telah mengetahui manfaat getah jarak untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Namun tetap saja, pemakaian obat pereda nyeri gigi buatan pabrik lebih dianjurkan daripada getah jarak segar. Hal ini karena obat pabrik sudah melalui serangkaian tes dan uji coba yang telah memenuhi standar sehingga mempunyai dosis yang tepat. 

Baca Juga

Memberikan pereda nyeri hanya sekadar menghilangkan sensasi sakit dan nyeri, tetapi akar permasalahannya tetap ada. Oleh karena itu, apabila rasa sakit yang Anda alami masih muncul setelah konsumsi obat pereda nyeri, segera periksakan diri ke dokter gigi.

Anda juga dapat berkonsultasi mengenai keluhan sakit gigi yang dirasakan dengan dokter kami. Tanyakan langsung melalui layanan Live Chat 24 jam yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

Info Sehat
13 Mei

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatasi Gigi Sensitif

Info Sehat
14 Apr

Otak Tak Mampu Bedakan Sumber Rasa Sakit Gigi, Mengapa?

Info Sehat
03 Apr

Ancaman Karies Mengintai Para Atlet

Info Sehat
20 Mar

Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Info Sehat
16 Mar

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk