Awas, Gigi Depan Berlubang Ganggu Penampilan Anda
search

Gigi Depan Berlubang Ganggu Penampilan, Ini Solusinya

Gigi depan yang terlihat menghitam hingga muncul lubang tentu bisa mengganggu penampilan Anda. Lakukan cara ini untuk mengatasinya.
Gigi Depan Berlubang Ganggu Penampilan, Ini Solusinya

Klikdokter.com, Jakarta Punya gigi depan yang sehat dengan susunan yang rapi tentu menjadi keinginan setiap orang. Oleh karena itu, gigi depan yang berlubang bisa sangat mengganggu penampilan, terutama senyum Anda.

Bagaimana tidak, posisi gigi depanlah yang pertama kali terlihat saat sedang berbicara, tertawa, dan juga sangat diperlukan untuk menggigit makanan.

Namun sayangnya, gigi depan bisa menghitam, lho. Kondisi ini dapat menunjukkan bahwa gigi depan Anda mulai berlubang. Lantas, apa penyebab gigi depan berlubang? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3

Penyebab Gigi Depan Bisa Berlubang

Penyebab Gigi Depan Bisa Berlubang
loading

Letak gigi depan yang sangat terlihat seharusnya memudahkan untuk disikat. Lalu, mengapa cukup banyak ditemukan gigi berlubang pada gigi depan? Nah, ternyata penyebab gigi depan berlubang cukup kompleks.

Salah satu penyebabnya adalah susunan gigi yang tidak rata pada gigi depan. Gigi depan yang tidak rata mengakibatkan pembersihan gigi hingga ke sela-sela sulit untuk dilakukan.

Artikel Lainnya:  Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Nah, daerah yang sulit terjangkau sikat gigi akan memicu penumpukan plak gigi. Plak gigi yang tidak rutin dibersihkan dapat menyebabkan gigi berlubang dan juga radang gusi dengan gejala gusi berdarah.

Selain itu, teknik menyikat gigi yang salah dan durasi menyikat gigi bisa menyebabkan gigi depan berlubang. Jika teknik sikat gigi salah, maka bagian sela-sela gigi depan tidak ikut tersikat, lalu pada akhirnya memicu terjadinya karies gigi.

Gejala awal terjadinya karies gigi adalah muncul bercak putih atau cokelat pada permukaan email. Pada tahap ini, seharusnya masih bisa dilakukan perawatan mineralisasi untuk mengatasinya.

Namun karena tidak terasa sakit, biasanya orang yang mengalaminya tidak acuh dan membiarkannya sehingga kerusakan pun berlanjut. Inilah penyebab gigi depan berlubang yang terlihat berwarna hitam.

Jika sebagian gigi sudah terlihat menghitam, barulah orang tersebut merasa malu dan mencari pertolongan ke dokter gigi.

Dokter gigi akan memeriksa dan menentukan rencana perawatan yang tepat untuk memperbaiki gigi depan berlubang. Hal ini tentu dengan memperhatikan dari segi estetis supaya mengembalikan kepercayaan diri orang tersebut.

Artikel Lainnya: Karies Gigi dan Gigi Berlubang, Apa Bedanya?

2 dari 3

Atasi Gigi Depan Berlubang Agar Kembali Percaya Diri

Atasi Gigi Depan Berlubang Agar Kembali Percaya Diri
loading

Cara mengatasi gigi depan berlubang tidak cukup hanya dengan prosedur penambalan biasa. Anda harus mementingkan dari segi estetis, supaya tambalan gigi tersebut terlihat bagus, berwarna natural, dan berwarna sama dengan warna gigi sebelahnya.

Berikut adalah beberapa cara yang biasa dilakukan dokter gigi dalam memperbaiki gigi depan berlubang:

1. Penambalan Resin Komposit

Cara pertama bisa dengan penambalan menggunakan bahan resin komposit. Bahan tambalan ini paling bisa dikreasikan karena warna dan bentuknya bisa menyerupai gigi asli. Rasa tidak pede akibat gigi depan berlubang pun dapat berkurang.

Selain itu, ketahanan bahan ini cukup kuat bagi gigi depan yang berfungsi untuk menggigit makanan. Namun, bila gigi berlubang cukup besar, sebaiknya hindari menggigit makanan menggunakan gigi depan supaya tambalan tidak goyah dan lepas.

2. Penambalan Bahan Glass Ionomer Cement

Ada juga penambalan gigi depan dengan bahan glass ionomer cement (GIC). Bahan ini mempunyai keunggulan karena dapat melepas fluor. Oleh karena itu, penambalan dengan bahan ini baik untuk menambal lubang gigi yang dalam dan terasa ngilu.

Bahan GIC generasi terbaru kini memiliki warna yang cukup baik untuk memperbaiki gigi depan berlubang yang kecil. Namun pada umumnya, tampilan warna bahan GIC terlihat opak sehingga jarang dijadikan referensi untuk penambalan gigi depan, apalagi untuk kerusakan gigi berlubang yang besar.

Artikel Lainnya: Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

3. Veneer Gigi

Pada kasus penambalan gigi depan berlubang yang luas, biasanya agak sulit untuk menyamakan warnanya dengan gigi asli. Alternatif lain supaya warna permukan gigi bisa serupa dengan gigi asli adalah tindakan veneer gigi.

Veneer gigi dengan bahan keramik atau porselen sangat baik untuk memperbaiki gigi depan berlubang, terutama dari segi keindahannya. Namun, kekurangannya adalah harganya yang mahal dan membutuhkan pengasahan yang lebih banyak pada gigi tersebut.

4. Perawatan Saluran Akar

Cara memperbaiki gigi depan yang berlubang selanjutnya adalah perawatan saluran akar (PSA). Tindakan awal ini berlaku apabila gigi berlubang cukup dalam, bahkan patah sehingga menyebabkan terbukanya kamar saraf gigi.

Setelah PSA selesai, barulah gigi bisa ditambal atau dipasangkan mahkota tiruan (dental crown). Dental crown dapat menggunakan bahan keramik atau porselen. Warna dari kedua bahan ini baik untuk digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi depan.

Baca Juga

Dengan kemajuan teknologi dan keterampilan dokter gigi yang mumpuni, Anda tidak perlu lagi khawatir jika memiliki gigi depan yang berlubang. Pasalnya, kondisi tersebut dapat dikembalikan lagi fungsi estetisnya sehingga gigi dapat tampak putih alami dan sehat.

Informasi menarik lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut lainnya bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Minuman Energi Merusak Email Gigi, Benarkah?

Info Sehat
21 Jan

Sering Muntah Bisa Menyebabkan Gigi Rapuh, Ini Penjelasannya

Info Sehat
15 Jan

Cara Jitu Mencegah Karies Gigi

Info Sehat
11 Jan

Ini Akibatnya Bila Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari!

Info Sehat
23 Des

Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Sikat Gigi Sendiri

Info Sehat
21 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat