Ternyata Tertawa Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?
searchtext customer service

Ternyata Tertawa Bisa Menurunkan Berat Badan

Di samping manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, tertawa juga dapat menurunkan berat badan! Simak penjelasan lengkapnya di sini.
Ternyata Tertawa Bisa Menurunkan Berat Badan

Tertawa adalah hal yang murah dan mudah kita lakukan, namun kaya akan manfaat. Saat tertawa, tubuh kita merespon dengan menurunkan kadar hormon stres (seperti kortisol, adrenalin, dan dopamin) serta meningkatkan hormon pertumbuhan yang berperan melindungi kita dari penyakit serta infeksi.

Selain itu, tertawa bisa merangsang produksi sel T dan globulin, dua sel yang sangat penting dalam sistem pertahanan tubuh melawan kuman. Teori tersebut didukung sebuah riset oleh Loma Linda University yang menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan produksi immunoglobulin untuk sistem pertahanan tubuh sebesar 14%.

Ingin Diet? Tertawa Saja

Di samping manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh, tertawa ternyata juga dapat menurunkan berat badan. Seperti dijelaskan sebelumnya, tertawa mampu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, termasuk kortisol.

Kortisol adalah hormon stres yang menstimulasi seseorang untuk makan, menurunkan metabolisme setelah makan, dan menyimpan lemak. Dengan tertawa, pengaruh kortisol terhadap tubuh kita pun dapat diminimalkan.

Artikel Lainnya: Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

1 dari 2

Kalori yang Terbakar Saat Tertawa

Kalori yang Terbakar Saat Tertawa
loading

Sebelum kita berbicara tentang pembakaran kalori dengan tertawa, berikut adalah contoh kegiatan yang biasa Anda lakukan dan porsi kalori yang akan terbakar dengan melakukan kegiatan tersebut:

Jenis KegiatanJumlah Kalori yang Terbakar
Jogging   171
Sepeda statis170
Berkebun68
Berbelanja40
Menyetir34
Menulis25

Daftar tersebut sebagian besar menuntut kita untuk melakukan aktivitas fisik, namun tidak dengan tertawa.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

Tertawa dapat membantu membakar kalori dengan meningkatkan frekuensi jantung hingga 10-20%. Dengan meningkatnya frekuensi jantung, metabolisme kita juga meningkat yang artinya tubuh akan membakar kalori lebih banyak setelah kita tertawa. Lalu, berapa banyak kalori yang terbakar?

Dengan tertawa selama 15 menit sehari, kita dapat membakar sekitar 10-40 kalori. Jumlah kalori ini sebanding dengan mengonsumsi tiga buah keripik bebas garam tanpa rasa bersalah. Bila kebiasaan tertawa ini kita terapkan dalam satu tahun, kita dapat menurunkan berat badan sebanyak 1.8 kilogram hanya dengan tertawa.

Baca Juga

Mulai sekarang, cobalah lakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang membuat Anda bahagia, bahkan tertawa. Selain baik untuk kesehatan, bonusnya adalah berat badan Anda akan berkurang dan selaras dengan perubahan pola makan dan olahraga, Anda akan segera mencapai berat badan yang Anda idamkan.

ARTIKEL TERKAIT

Efektivitas Vitamin C dalam Menurunkan Berat Badan

Info Sehat
20 Okt

Hati-hati, Obat Pelangsing Bisa Sebabkan Hipertensi Paru

Info Sehat
16 Okt

Apa Itu Berat Badan Sehat?

Info Sehat
08 Okt

Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Metabolisme Tubuh Anda

Info Sehat
24 Sep

Body Mass Index, Kunci untuk Miliki Berat Badan Ideal

Info Sehat
24 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat