Sikat Gigi Elektrik vs. Sikat Gigi Manual: Mana yang Lebih Efektif?

Jenis sikat gigi yang tepat ternyata dapat berpengaruh pada hasil menyikat gigi. Jadi lebih baik mana, sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual?
Sikat Gigi Elektrik vs. Sikat Gigi Manual: Mana yang Lebih Efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Menyikat gigi adalah salah satu cara yang efektif, aman, dan mudah untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak gigi. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari, dibantu dengan flossing setidaknya satu kali sehari.

Perlu Anda tahu, memilih sikat gigi yang tepat dapat memberikan pengaruh pada hasil penyikatan dan tingkat kebersihan gigi serta mulut. Nah, terdapat dua jenis sikat gigi yang bisa digunakan, yakni sikat gigi manual dan sikat gigi elektrik.

Menurut American Dental Association, keduanya efektif untuk menghilangkan plak gigi, penyebab penyakit gusi dan gigi berlubang. Namun, sebelum menentukan akan menggunakan sikat gigi jenis apa, ketahui dahulu perbedaan sikat gigi elektrik dan manual.

1 dari 6

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Sikat Gigi Manual vs. Elektrik, Mana yang Lebih Baik?
loading

Berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan sikat gigi elektrik:

  • Mengeluarkan daya getar sehingga dapat menghasilkan gerakan tambahan saat Anda menggosok gigi.
  • Bulu sikat yang bisa berputar sehingga bisa membantu menghilangkan plak di gigi dan garis gusi.
  • Menurut Journal of Dentistry, penggunaan sikat gigi elektrik mampu menghilangkan plak dan radang gusi lebih efektif ketimbang sikat gigi manual dalam pemakaian 1-3 bulan. Namun, untuk pemakaian jangka panjang, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Memudahkan dalam menyikat gigi untuk penderita penyakit carpal tunnel syndrome, radang sendi, dan disabilitas.
  • Memiliki penanda waktu yang akan memberitahukan durasi waktu yang baik agar optimal dalam membersihkan plak, yaitu selama dua menit.
  • Membuat orang yang menyikat gigi lebih fokus dalam menyikat gigi sehingga hasilnya akan lebih maksimal.
  • Membantu menyikat gigi pada orang yang memakai kawat gigi.
  • Menyikat gigi dengan sikat gigi elektrik akan terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak.
  • Menurunkan risiko kerusakan gusi dan dapat meningkatkan kesehatan rongga mulut, apabila digunakan dengan benar.

Artikel Lainnya: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

2 dari 6

Kekurangan Sikat Gigi Elektrik

Seorang Wanita Menggunakan Sikat Gigi Elektrik
loading

Walaupun sikat gigi elektrik memiliki banyak keunggulan, tetapi tetap saja ada juga kekurangannya, salah satunya harganya yang cukup mahal, bisa lima kali lipat dari harga sikat gigi manual.

Selain itu, untuk mengganti kepala sikat gigi elektrik, kadang tidak semua tempat menjualnya. Pembelian pun tidak jarang hanya bisa dilakukan secara online. Ini cukup menyita waktu, bukan?

Penggunaan sikat gigi elektrik juga ternyata kurang efektif pada lansia dalam membersihkan plak gigi ketimbang sikat gigi manual.

Jika digunakan saat bepergian, Anda pun perlu membawa kepala sikat gigi cadangan sehingga tidak praktis. Walaupun limbah pembuangannya lebih sedikit karena hanya berupa kepala sikat saja, limbahnya mengandung baterai dan listrik sehingga kurang ramah lingkungan.

Selain itu, tidak semua orang nyaman dengan rasa getar yang ditimbulkan. Sikat gigi elektrik juga banyak melakukan pergerakan sehingga biasanya akan lebih berantakan.

Artikel Lainnya: Seberapa Sering Sikat Gigi Harus Diganti?

3 dari 6

Keunggulan Sikat Gigi Manual

Seorang Wanita Menggunakan Sikat Gigi Manual
loading

Sebagian besar orang mungkin masih menggunakan sikat gigi manual dibandingkan dengan sikat gigi elektrik. Beberapa keunggulannya, antara lain:

  • Sikat gigi manual mudah didapatkan hampir di semua supermarket, apotek, warung, pasar, dan berbagai tempat lainnya.
  • Lebih praktis. Jadi, ketika akan menggunakannya, tidak diperlukan pengisian baterai sehingga bisa digunakan kapanpun dan di manapun.
  • Jika bepergian tidak perlu membawa baterai karena berbeda dengan sikat gigi elektrik, sikat gigi manual tidak memerlukan baterai.
  • Harganya lebih ekonomis sehingga terjangkau oleh seluruh kalangan.
  • Karena disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, jadi jika harus membuang sikat gigi tidak terlalu memberatkan.
4 dari 6

Kekurangan Sikat Gigi Manual

Sikat Gigi Manual
loading

Sama halnya dengan sikat gigi elektrik, sikat gigi manual pun memiliki kekurangan. Pada pemakaian sikat jenis ini, biasanya orang cenderung menyikat gigi dengan tenaga yang terlalu keras sehingga berisiko merusak gigi dan gusi.

Selain itu, pada sikat gigi manual, tidak ada timer. Oleh karena itu, Anda akan sulit mengetahui apakah durasi sikat gigi sudah dua menit atau belum.

Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa memasang timer di gawai, tentunya suaranya dapat terjangkau hingga kamar mandi, ya. Selain itu, jam dinding juga bisa dijadikan sebagai penanda waktu yang mudah saat Anda menyikat gigi.

Artikel Lainnya: Bertukar Sikat Gigi, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

5 dari 6

Mana yang Lebih Baik?

loading

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara sikat gigi elektrik dan manual, apakah Anda sudah menentukan akan memilih sikat gigi jenis apa?

Terlepas dari jenis sikat gigi mana yang ingin digunakan, baik manual maupun elektrik, hal yang perlu diperhatikan adalah teknik menyikat gigi yang dilakukan, durasi yang sesuai, dan waktu yang tepat untuk menyikat gigi.

Saat menyikat gigi, Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Pastikan Anda menyikat gigi sebanyak dua kali sehari setiap harinya.
  • Teknik menyikat gigi harus dilakukan dengan baik dan benar.
  • Lakukan selama dua menit serta pastikan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung¬†fluoride.
  • Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut supaya tidak membuat gusi Anda lecet.
  • Pilih juga bulu sikat yang panjang bulunya multi-level atau bersudut. Sebab, sikat gigi ini bisa lebih baik untuk membersihkan gigi.
  • Jangan lupa arahkan bulu sikat gigi 45 derajat menghadap gusi, lalu gosok maju mundur dan juga permukaan kunyah.
  • Setelah selesai menyikat gigi, bilas dan simpan sikat gigi di udara terbuka.
  • Letakkan sikat gigi jauh dari toilet supaya tidak terkena paparan bakteri akibat flushing Hal ini penting dilakukan agar gigi dan rongga mulut senantiasa bersih dan terjaga kesehatannya.
Baca Juga

Demikian perbedaan sikat gigi elektrik dan sikat gigi manual beserta kekurangan dan kelebihannya. Memilih sikat gigi yang baik memang penting, tetapi Anda juga harus memperhatikan teknik menyikat gigi yang tepat agar gigi selalu bersih dan sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda kepada dokter gigi lewat layanan Live Chat 24 jam. Anda juga bisa memperoleh informasi menarik seputar kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa unduh aplikasinya!

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Mulai Sikat Gigi

Info Sehat
10 Sep

Jangan Salah, Ini Beda Dokter Gigi dan Dokter Bedah Mulut

Info Sehat
08 Sep

Lidah Stroberi, Gangguan Lidah yang Bisa Mengancam Nyawa

Info Sehat
31 Agt

Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi Anda

Info Sehat
26 Agt

Khasiat Ajaib Lidah Buaya untuk Kesehatan Rongga Mulut

Info Sehat
26 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk