Memutihkan Gigi Cuma dengan Sikat Gigi, Ini Caranya
searchtext customer service

Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Dalam beberapa kondisi, gigi kuning masih dapat diputihkan kembali. Apakah menyikat gigi bisa menjadi salah satu solusi untuk memutihkan gigi?
Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Perubahan warna pada gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Gigi yang awalnya berwarna putih dapat berubah kuning karena kebiasaan tertentu, seperti merokok atau makanan yang meninggalkan noda pada permukaan gigi. 

Selain itu, gigi yang mengalami trauma seperti jatuh atau terpukul juga bisa mengalami kematian saraf gigi. Kondisi ini bisa menyebabkan warna gigi lebih gelap.

Nah, bisakah gigi putih hanya dengan sikat gigi? Bagaimana cara memutihkan gigi dengan sikat gigi yang efektif? 

Artikel lainnya: Jangan Ditiru! Ini Cara Menyikat Gigi yang Salah

Apakah Sikat Gigi Bisa Memutihkan Gigi?

Apakah Sikat Gigi Bisa Memutihkan Gigi?

Anda tidak perlu khawatir, gigi masih bisa kembali putih dengan sikat gigi. Pada prinsipnya, menyikat gigi adalah cara utama yang cukup mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. 

Selain itu, menyikat gigi dapat pula membantu mengembalikan warna putih alami gigi dengan beberapa cara:

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi, atau yang biasa dikenal dengan pasta gigi whitening, noda yang membuat warna gigi menguning terangkat dengan daya abrasif yang berasal dari bahan campuran pasta gigi tersebut. 

Ini adalah cara membuat gigi putih yang paling umum dan mudah dilakukan. Namun, biasanya perubahan warna gigi tidak terlalu terlihat.

2. Rutin Menyikat Gigi

Menyikat gigi dapat membantu menjaga agar gigi tetap putih dengan menghilangkan kotoran yang menumpuk dari makanan dan minuman. 

Anda harus menyikat gigi secara efektif untuk memaksimalkan efek pembersihan. Dengan rutin menyikat gigi, permukaan gigi bebas dari plak gigi yang membuat gigi terlihat lebih kuning.

Sikatlah gigi teratur dua kali sehari setiap harinya, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lakukan selama dua menit, tentunya dengan cara menyikat gigi yang benar, ya.

3. Sikat Perlahan

Berhati-hatilah, menyikat gigi terlalu keras dapat berisiko mengikis lapisan email pada gigi Anda sendiri. Hal ini memperlihatkan lapisan dentin gigi dan menyebabkan perubahan warna. 

Sikatlah gigi dengan lembut. Selain itu, pilihlah sikat gigi berbulu halus. 

Artikel lainnya: Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi?

Apakah Semua Kondisi Gigi Dapat Diputihkan dengan Menyikat Gigi?

Apakah Semua Kondisi Gigi Dapat Diputihkan dengan Menyikat Gigi?

Tidak semua perubahan warna gigi dapat diatasi hanya dengan menyikat gigi. Ada beberapa kondisi yang memerlukan perawatan khusus, seperti:

  • Penggunaan Antibiotik

Penggunaan obat-obatan, seperti antibiotik tetrasiklin, dapat membuat gigi berubah warna kecokelatan, bahkan abu-abu. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. 

  • Gigi Mati

Gigi berlubang yang sudah mencapai ke saraf dan tidak dirawat menyebabkan gigi tersebut mati. 

Senyawa-senyawa yang dihasilkan dari bakteri pada gigi yang sudah mati dapat merembes ke pori-pori gigi di sekitar dentin, sehingga memengaruhi warna gigi itu sendiri. Warna gigi akan tampak lebih gelap atau keabuan.

  • Usia

Pada lansia, lapisan enamel pada gigi sudah semakin menipis sehingga warna kuning pada dentin akan semakin terlihat. Hal ini menyebabkan gigi akan terlihat berwarna cenderung kekuningan.

  • Faktor Genetik

Seseorang biasanya sudah memiliki warna gigi alami sejak giginya pertama kali tumbuh. Pada kondisi ini, Anda tidak dapat mengatasinya hanya dengan menyikat gigi dan menggunakan pasta gigi whitening

Perlu juga dilakukan perawatan-perawatan tertentu untuk menanganinya. Oleh karena itu, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi.

Lebih lanjut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah noda pada gigi yang membuat gigi menguning. 

Batasi minum kopi, soda, dan red wine. Segeralah menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman tersebut untuk meminimalkan efek sampingnya. Lalu, merokok juga harus dihindari agar gigi tidak kuning. 

Batasi juga asupan gula Anda. Pola makan yang tinggi gula bisa mendukung pertumbuhan bakteri penyebab plak. Jika Anda mengonsumsi gula, langsung sikat gigi setelahnya agar gigi tidak kuning dan rusak. 

Baca Juga

Bila ingin gigi putih cuma dengan sikat gigi, coba lakukan cara menyikat gigi di atas, ya. Jangan ragu chat dokter gigi di Live Chat untuk konsultasi lebih lanjut.

Tips memutihkan gigi dan perawatan lainnya bisa Anda dapatkan lebih lengkap di aplikasi KlikDokter, yuk, download sekarang!

(FR/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

Info Sehat
13 Mei

Kiat Menjaga Gigi Tetap Putih bagi Perokok

Info Sehat
12 Mei

Berapa Kali Karet Behel Harus Diganti dalam Setahun?

Info Sehat
11 Mei

Kekurangan Kalsium Berdampak Buruk bagi Gigi

Info Sehat
05 Mei

Jangan Salah, Ini Beda Dokter Gigi dan Dokter Bedah Mulut

Info Sehat
03 Mei

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
https://ardyans.com/tab.php
2 Tahun Lalu

https://ardyans.com/tab.php

Avatar
https://ardyans.com/tab.php
2 Tahun Lalu

Testt

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat