Panduan untuk Anda yang Pakai Kawat Gigi

Berhasil tidaknya perawatan kawat gigi bergantung pada ketelatenan Anda dalam mengikuti aturannya. Yuk, ketahui hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari saat pakai behel!
Panduan untuk Anda yang Pakai Kawat Gigi

Klikdokter.com, Jakarta Kawat gigi merupakan perawatan yang memerlukan perhatian dan ketelatenan, baik dari dokter yang merawat maupun pasien. Lama perawatan akan bergantung pada kondisi gigi dan ketelatenan pasien dalam mengikuti aturan.

Bagi Anda yang pakai kawat gigi, perawatan di rumah juga sama pentingnya dengan rajin kontrol ke dokter gigi, lho.

Agar perawatan berhasil, yuk, kenali apa saja yang perlu diperhatikan selama pakai kawat gigi serta pantangan kawat gigi berikut ini.

1 dari 3

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Pemakai Kawat Gigi

Ilustrasi Wanita Pakai Kawat Gigi sedang Kontrol Rutin
loading

Selama Anda pakai kawat gigi, tips yang harus dilakukan agar perawatan ortodonti ini berhasil, antara lain:

1. Rajin Membersihkan Gigi

Pakai kawat gigi meningkatkan risiko plak gigi dan sisa makanan mudah menempel sehingga bisa memicu karies gigi. Jika sudah terjadi gigi berlubang, penambalan gigi mungkin saja diperlukan. Perawatan gigi pun akan semakin lama.

Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dan bersihkan sela-selanya setidaknya sehari sekali dengan interdental brush. Ini dilakukan agar terhindar dari risiko gigi berlubang dan radang gusi.

Artikel Lainnya: 6 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Mengenakan Kawat Gigi

2. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride sangat disarankan bagi pengguna kawat gigi. Tidak hanya menjadi tips pengguna behel gigi, penggunaan pasta gigi berfluoride juga disarankan untuk pemakaian sehari-hari.

Selain membuat gigi menjadi bersih, kandungan fluoride di dalam pasta gigi dapat melindungi dan memperkuat lapisan email gigi supaya tidak mudah terjadi gigi berlubang.

3. Kontrol Rutin

Kontrol sesuai jadwal yang telah ditentukan adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan orang yang pakai kawat gigi. Selain itu, segeralah periksa ke dokter apabila ada keluhan meski belum saatnya kontrol.

Pasalnya, bisa saja karet penahan kawat gigi mengalami kekurangan daya elastisitasnya sehingga tidak berfungsi lagi untuk menggerakkan gigi.

4. Ganti Sikat Gigi Secara Teratur

Selain ditujukan bagi Anda yang pakai kawat gigi, mengganti sikat gigi tiga bulan sekali juga perlu dilakukan oleh yang bukan pengguna behel.

Sikat gigi yang sudah lebih dari waktu tiga bulan biasanya memiliki bulu sikat yang  sudah mekar dan rusak sehingga tidak efektif dalam membersihkan seluruh gigi. Selain itu, sikat gigi yang sudah digunakan selama tiga bulan berisiko menyimpan bakteri yang banyak.

Artikel Lainnya: Mengenal Perbedaan Sikat Gigi Biasa dan Khusus Behel

5. Rajin Berkumur

Berkumur dengan larutan kumur berfluoride sebelum tidur malam adalah salah satu tips untuk pengguna behel gigi. Gunakan larutan kumur dengan kandungan ringan, tanpa mengandung alkohol yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

Biasakan untuk berkumur setelah makan. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa makanan jika tidak memungkinkan untuk menyikat gigi.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Pakai kawat gigi juga mengharuskan Anda untuk mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Kebutuhan konsumsi air putih bisa dihitung dengan rumus berat badan dikalikan 30 ml.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Anda yang pakai kawat gigi diharuskan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat. Selain kaya akan vitamin dan mineral, makanan berserat juga dapat menyehatkan gusi dan membersihkan gigi secara alami.

8. Gunakan Wax Gigi

Jika terjadi luka iritasi di dalam rongga mulut akibat kawat gigi, maka sebaiknya gunakan wax gigi untuk melapisi bagian yang tajam. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan gel yang mengandung asam hialuronat atau berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari.

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dihindari Saat Pakai Kawat Gigi

2 dari 3

Pantangan Saat Pakai Kawat Gigi

Ilustrasi Wanita Pakai Kawat Gigi Makan dengan Kadar Gula Tinggi
loading

Selain memahami hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat gigi yang dibehel, Anda juga harus menjauhi beberapa pantangan untuk pengguna kawat gigi berikut ini:

1. Makanan Keras

Makanan keras bisa saja dikunyah oleh rahang, tapi dampaknya bisa menekan kawat gigi sehingga bisa menyebabkan kawat gigi bengkok atau behel gigi lepas.  Karena itu, makanan jenis ini menjadi pantangan kawat gigi.

Memperbaiki keadaan tersebut bisa membuat perawatan kawat gigi menjadi lebih mahal. Selain itu, waktu perawatan lebih lama dari yang sudah diperkirakan di awal.

Makanan-makanan keras yang dimaksud, misalnya popcorn yang belum matang, es batu, dan kacang-kacangan. Roti atau piza dengan pinggiran yang keras juga sebaiknya dihindari.

2. Makanan Lengket

Makanan yang lengket di gigi akan sulit untuk dibersihkan dan sering tertinggal di sela-sela gigi. Hal ini bisa menyebabkan karies gigi.

Permen karet adalah salah satu jenis makanan lengket. Oleh karena itu, Anda yang pakai kawat gigi disarankan untuk tidak mengunyah permen karet, kecuali pada kemasan tertera keterangan bahwa tidak akan menempel di kawat gigi.

3. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Sisa makanan manis yang tertinggal di sela-sela gigi dapat menyebabkan berkumpulnya bakteri penyebab karies gigi.

Artikel Lainnya: Bahaya Makan Permen Karet bagi Pengguna Behel

4. Langsung Makan

Jangan langsung menggigit sayuran mentah, seperti wortel dengan potongan yang besar. Sebaiknya, dipotong dulu kecil-kecil. Hal yang sama berlaku pada buah-buahan garing, seperti apel atau buah berbiji kecil-kecil, misalnya anggur.

Selain itu, jika makan daging maka sebaiknya lepaskan daging dari tulangnya dengan sendok dan garpu tidak dengan gigi. Anda juga disarankan untuk tidak langsung menggigit jagung utuh. Jagung sebaiknya di pipil menjadi buliran.

5. Menggigit Benda-Benda Keras

Tips bagi pengguna behel berikutnya adalah jauhilah kebiasaan menggigit benda, seperti pensil, kuku, pulpen, bibir, dan lain-lain. Hal ini bisa membuat kawat gigi  mudah lepas dan juga bisa menyebabkan gangguan pada akar gigi. 

6. Menggunakan Sikat Gigi Rusak

Sikat gigi yang bulunya rusak dapat melukai gusi dan tidak efektif lagi dalam membersihkan sela-sela gigi. Hal ini bisa menyebabkan munculnya karies gigi di sela-sela gigi atau di sekitar kawat gigi.

7. Tidak Kontrol Rutin

Pantangan pengguna kawat gigi berikutnya adalah ketidakdisiplinan pasien melakukan kontrol ke dokter gigi. Tidak melakukan kontrol sesuai waktunya dapat mengakibatkan waktu perawatan akan semakin panjang. Biaya perawatan pun akan semakin mahal.

Baca Juga

Terlepas dari daftar di atas, hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh Anda yang pakai kawat gigi adalah menjaga kebersihan gigi serta mulut selama perawatan. 

Sebisa mungkin Anda juga tidak melewatkan jadwal kontrol sehingga progres perawatan kawat gigi tidak terhambat.

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Ini Manfaat Penting Ke Dokter Gigi

Info Sehat
09 Okt

Benarkah Gigi Putih Tak Selalu Sehat?

Info Sehat
09 Okt

Teething, Adakah Efeknya bagi Pertumbuhan Gigi Anak?

Info Sehat
07 Okt

Mengapa Makan Gelato Bikin Gigi Ngilu?

Info Sehat
06 Okt

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Info Sehat
30 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk