Manfaat Teh, Benarkah Bisa Membantu Mengatasi Asma?

Oleh dr. Atika pada 30 Jun 2020, 09:25 WIB
Selain memiliki rasa yang nikmat, teh juga dituding sebagai minuman yang dapat membantu mengendalikan gejala asma. Namun. apakah medis setuju dengan manfaat teh tersebut?
Manfaat Teh, Benarkah Bisa Membantu Mengatasi Asma?

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga penyakit asma agar tidak mudah kambuh adalah kunci mencapai hari-hari bebas sesak napas. Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, salah satu hal yang bisa dicoba adalah dengan minum teh.

Menurut pendapat sebagian orang, teh memiliki suatu senyawa yang mampu meringankan penyakit asma. Oleh karena itu, jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, gejala penyakit asma tidak akan mudah kambuh.

Namun, apakah pendapat mengenai manfaat teh untuk asma tersebut sesuai dengan fakta medis yang sebenarnya?

Artikel Lainnya: Penanganan Asma pada Orang Dewasa

1 of 3

Mengenal Penyakit Asma

Ilustrasi Seorang Wanita Sakit Asma
Ilustrasi Seorang Wanita Sakit Asma

Asma adalah penyakit yang terjadi akibat adanya proses peradangan kronis pada saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan gejala penyempitan hingga penyumbatan saluran pernapasan.Beberapa gejala asma, misalnya napas sesak dan terasa berat, serta terdengar mengi (bunyi “ngik”)  pada akhir napas.

Selain itu, ada pula gejala-gejala lain yang menyertai, seperti batuk, pilek, hidung beringus, dan lain-lain.Memang benar bahwa asma merupakan penyakit yang mudah kambuh jika penderitanya berkontak dengan faktor pencetus. Beberapa hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah bahan-bahan yang menyebabkan alergi, seperti serbuk bunga, cuaca dingin, debu, dan lain-lain.

Oleh karena itu, cara mencegah asma yang paling tepat adalah dengan menghindari faktor pencetus.  Jika asma terlanjur kambuh, penderita harus segera berobat ke dokter sebelum gejala yang dirasakan semakin bertambah berat.

Nantinya, dokter akan memberikan obat-obatan yang mesti dikonsumsi di saat-saat tertentu. Obat ini bertujuan untuk membantu mengendalikan penyakit dan menurunkan intensitas keparahan gejala saat asma kambuh.

Lantas, bagaimana dengan teh? Apakah dokter juga akan menyarankan pasien asma untuk minum teh secara rutin dan teratur agar penyakitnya tidak melulu kambuh?

Artikel Lainnya: Benarkah Asma Bisa Picu Serangan Jantung?

2 of 3

Manfaat Teh untuk Penyakit Asma

Ilustasii Penderita Asma Minum Teh
Ilustasii Penderita Asma Minum Teh

Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Minuman yang biasanya disajikan saat sore hari ini memiliki rasa yang khas dan nikmat, serta diyakini memiliki efek positif terhadap psikologis.

Selain fungsi tersebut, ternyata teh juga berpotensi memiliki manfaat terhadap kondisi penyakit di tubuh. Potensi manfaat teh yang belum banyak diketahui, yaitu berkaitan dengan penanganan asma. Tak heran, teh dianggap sebagai minuman untuk asma oleh sebagian orang.

Teh diketahui mengandung senyawa yang disebut teofilin. Senyawa ini terdapat secara alami pada daun teh. Teofilin itu sendiri merupakan zat yang sudah lama digunakan sebagai obat untuk penderita asma.

Teofilin memiliki efek melonggarkan otot-otot polos, terutama otot bronkus (saluran pernapasan) pada paru. Karena itu, senyawa tersebut mampu meredakan gejala sesak napas pada penderita asma.

Teofilin pun sudah tersedia dalam kemasan tablet, serta telah lama menjadi andalan dalam penanganan asma. Oleh karena itu, jelaslah mengapa teh bisa bermanfaat untuk asma.

Artikel Lainnya: Kenali 6 Penyebab Asma yang Bisa Menyerang Anda

Jadi, di samping konsumsi obat-obatan asma yang diperoleh dari dokter, penderita asma juga bisa minum teh secara rutin dan teratur untuk membantu mengendalikan penyakitnya agar tidak mudah kambuh.

Kendati begitu, teh tetap tidak dapat dijadikan sebagai pengganti obat-obatan asma yang diberikan oleh dokter. Dengan kata lain, sekalipun sudah minum teh secara rutin dan teratur, Anda tetap perlu mengonsumsi obat dari dokter sesuai anjuran.

Manfaat teh untuk asma bukan hanya isapan jempol belaka. Karenanya, tak ada salahnya jika penderita asma ingin menjadikan teh sebagai konsumsi rutin sehari-hari. Tetap ingat untuk minum obat dari dokter sesuai anjuran, dan membatasi porsi teh agar tidak berlebihan, ya!

Jika Anda masih punya pertanyaan cara mengatasi asma atau manfaat teh untuk kesehatan, tak perlu sungkan untuk chatting secara langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓