9 Cara Mencegah Karang Gigi, Mudah dan Praktis!
search

Berbagai Cara Mencegah Karang Gigi yang Mudah Dilakukan

Selain mengganggu penampilan, munculnya karang gigi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Yuk, ikuti kiat mudah untuk mencegahnya.
Berbagai Cara Mencegah Karang Gigi yang Mudah Dilakukan

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya mengganggu ketika tertawa dan tersenyum, karang gigi juga dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai cara mencegah karang gigi.

Jika karang gigi sudah menumpuk di permukaan, mau tidak mau harus segera dibersihkan. Karena, selain bisa menyebabkan masalah pada gigi, kondisi ini juga membahayakan kesehatan organ tubuh lainnya.

Nah, ternyata terbentuknya karang gigi yang berasal dari plak ini bisa dicegah dengan mudah, lho! Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mencegah karang gigi:

1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Cara mencegah karang gigi yang paling mudah adalah dengan menyikat gigi. Cara ini perlu dilakukan secara rutin, yakni dua kali sehari selama minimal dua menit.

Selama menyikat, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang tepat hingga mencapai seluruh permukaan gigi. Tak hanya itu, pemilihan sikat gigi juga perlu diperhatikan. Pilihlah sikat gigi dengan ujung kepala yang mengecil dan bulu yang lembut.

Artikel Lainnya: Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

1 dari 4

2. Gunakan Obat Kumur

Gunakan Obat Kumur
loading

Penggunaan obat kumur ditujukan untuk membersihkan dan membunuh bakteri pada plak gigi. Cara untuk yang satu ini dapat mencegah karang gigi terbentuk sehingga Anda disarankan untuk melakukannya.

Berkumurlah sekali sehari dengan obat kumur antiseptik atau obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.

3. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Cara mencegah karang gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain fluoride, bahan yang membantu dalam mengontrol pembentukan karang gigi juga disarankan penggunaannya. Kandungan triclosan pada pasta gigi, misalnya, bisa mengontrol bakteri pada plak.

4. Flossing

Flossing dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang khusus atau dental floss. Nah, cara yang satu ini dapat merawat gigi agar terhindar dari karang gigi.

Artikel Lainnya: Bahaya Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Namun, Anda perlu memastikan flossing dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan demikian, kebersihan gigi bisa dicapai secara maksimal sehingga dapat mencegah kerusakan gigi akibat teknik flossing yang tidak tepat.

2 dari 4

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang
loading

Cara membersihkan gigi bukanlah satu-satunya yang diperhatikan. Pasalnya, cara mencegah karang gigi juga tidak terlepas dari makanan yang Anda konsumsi, lho. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta membatasi jumlah camilan di antara waktu makan.

Jika Anda membutuhkan camilan, yoghurt tawar, keju, buah, atau sayuran mentah, seperti seledri dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan membantu air liur menetralkan asam penyebab plak.

6. Perbanyak Air Putih

Tidak hanya makanan sehat dan bergizi, cara mencegah karang gigi juga salah satunya adalah memastikan kebutuhan cairan harian Anda terpenuhi.

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang cukup setelah makan. Tindakan tersebut bertujuan untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan menetralkannya.

Artikel Lainnya: Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

3 dari 4

7. Hindari Gula Berlebih

Hindari Gula Berlebih
loading

Sebagian besar orang mungkin sudah tahu bahwa makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih tidak baik untuk kesehatan gigi. Oleh sebab itu, karang gigi juga dapat dicegah dengan menghindari makanan atau minuman jenis ini.

Batasi jenis makanan dan minuman manis dan mengandung yang gula tinggi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis akan membantu bakteri berkembang biak.

8. Jauhi Kebiasaan Buruk

Cara mencegah karang gigi selanjutnya adalah menghindari kebiasaan buruk. Kebiasaan yang dimaksud, misalnya merokok. Pasalnya, merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya dikaitkan dengan terbentuknya karang gigi.

9. Memeriksakan Gigi Secara Rutin

Lakukan kunjungan ke dokter gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Cara ini efektif untuk mencegah terbentuknya karang gigi karena karang gigi yang sudah ada dapat diatasi sedini mungkin.

Baca Juga

Itulah beberapa cara mencegah karang gigi yang bisa Anda lakukan. Namun, perlu diingat, bila karang gigi sudah sudah terbentuk, segera lakukan pembersihan oleh dokter gigi untuk menghindari timbulnya masalah lebih lanjut.

Konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda kepada dokter gigi melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bahaya Karang Gigi yang Tidak Dibersihkan

Info Sehat
18 Jan

Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

Info Sehat
29 Mar

Yakin Kulit Kacang Bisa Bersihkan Karang Gigi? Ini Faktanya

Info Sehat
16 Jan

Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi di Malam Hari

Info Sehat
08 Nov

Tanda Penyakit Rongga Mulut yang Jarang Disadari

Info Sehat
08 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat