Kenali Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Oleh dr. Citra Roseno pada 27 May 2016, 08:31 WIB
Mungkin Anda memiliki keluarga atau kerabat yang mengidap Alzheimer. Tapi, sejauh mana Anda mengenal penyakit ini?
Kenali Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Alzheimer memiliki manifestasi yang berbeda pada setiap orang. Pada beberapa individu, gejala dapat muncul dan memburuk dalam waktu singkat, namun pada individu lainnya, gejala dapat timbul bertahap hingga puluhan tahun. Pada umumnya penderita Alzheimer mengalami gangguan pada beberapa area berikut:

Kemampuan mengingat

Pada tahap awal Alzheimer, kemampuan mengingat memori jangka pendek terganggu, namun tidak demikian dengan memori jangka panjang. Penderita Alzheimer dapat lupa apa yang baru saja dibicarakan dan mengulang kembali pertanyaan. Namun ia masih mampu mengingat memori masa kecilnya. Terkadang mereka juga kesulitan mengingat nama orang bahkan orang terdekatnya.

Kemampuan berbicara

Pasien Alzheimer dapat mengalami gangguan mengingat kata-kata yang sebelumnya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mereka juga mengalami kesulitan memulai atau memahami percakapan.

Perilaku

Pasien Alzheimer dapat tersesat ketika berada di tempat yang sebelumnya familier, tampak kebingungan, mengalami perubahan kebiasaan, dan memiliki kebersihan yang buruk.

Konsentrasi

Pasien Alzheimer mengalami gangguan berkonsentrasi bahkan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya memasak, hingga kesulitan mengenali orang, benda, atau tempat di sekitarnya.  Gejala lain yang juga timbul antara lain ketidakmampuan mengontrol air seni, gangguan koordinasi, dan gangguan keseimbangan.

Suasana Hati/Mood

Mood dan kepribadian pasien Alzheimer dapat berubah. Mereka dapat menjadi mudah takut, depresi, mudah curiga, dan kebingungan.

Beberapa pasien Alzheimer juga mengalami perburukan mood ketika matahari terbenam, dan hal ini biasanya terjadi sepanjang malam. Penyebabnya hingga saat ini belum diketahui. Untuk mencegahnya, alihkan perhatian pasien dengan menutup tirai sebelum matahari terbenam, putarkan acara TV favoritnya, atau ajak mereka melakukan kegiatan yang disukai.

Pada tahap lanjut, penderita Alzheimer dapat kehilangan kemampuan untuk berjalan, berbicara, atau merespons kejadian di sekitarnya. Jika berlanjut, fungsi vital juga dapat terganggu misalnya kemampuan menelan.

Apabila orang terdekat Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera temui dokter untuk evaluasi dini.