4 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik
searchtext customer service

Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

Memeriksa kesehatan sebelum mudik sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Apa saja tes yang perlu dilakukan? Ini lengkapnya.
Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

Mudik sudah menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap mendekati hari Lebaran. Para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama sanak saudara. 

Seiring dengan kegembiraan tersebut, mudik juga kerap memakan banyak korban. Sebagian besar pemudik menggunakan moda transportasi darat yang rentan mengalami kecelakaan.

Sebelum Anda berangkat mudik, ada baiknya melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan. Tes kesehatan sebelum mudik bermanfaat untuk memastikan pemudik dalam kondisi sehat dan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan atau komplikasi akibat penyakit yang dimiliki. 

Pemeriksaan kesehatan sebelum mudik membantu mengetahui kondisi secara keseluruhan sehingga dapat menilai kelayakan Anda untuk mengemudi kendaraan sehingga nantinya tidak membahayakan penumpang. Beberapa jenis tes kesehatan sebelum mudik yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Artikel Lainnya: Awas, Duduk Berjam-jam Saat Mudik Picu Ambeien

1 dari 5

1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan Tekanan Darah
loading

Pemeriksaan tekanan darah berguna mendeteksi ada atau tidaknya risiko hipertensi pada diri Anda.

Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan dasar yang umumnya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat. 

Dengan mengetahui tekanan darah, Anda bisa melakukan antisipasi agar terhindar dari penyakit hipertensi atau melakukan pengobatan rutin guna menghindari komplikasi.

Penyakit hipertensi seringkali tak menunjukkan gejala. Oleh sebab itu, banyak orang malas untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah. Padahal, dibutuhkan pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui apakah seseorang mengidap hipertensi. 

2 dari 5

2. Pemeriksaan Gula Darah

Pemeriksaan Gula Darah
loading

Tes kesehatan sebelum mudik yang lainnya adalah pemeriksaan kadar gula darah. Pemeriksaan gula darah membantu mengidentifikasi kadar gula darah di dalam tubuh, apakah tinggi atau rendah. 

Secara umum pemeriksaan gula darah ini digunakan untuk mendiagnosis penyakit diabetes.

Apabila Anda terdiagnosis diabetes atau memiliki faktor risiko diabetes seperti obesitas dan adanya riwayat diabetes pada keluarga, sebelum mudik Anda bisa melakukan pemeriksaan ini.

Kondisi gula darah terlalu tinggi atau rendah dapat mempengaruhi kesehatan Anda, sehingga bisa mengganggu kenyamanan mudik. 

Artikel Lainnya: Cegah Penyebaran COVID-19 saat Lebaran dengan Cara Ini

3 dari 5

3. Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan Kolesterol
loading

Pemeriksaan kolesterol juga bisa Anda lakukan sebagai salah satu tes kesehatan sebelum mudik. Pemeriksaan ini membantu mengetahui kadar kolesterol Anda. Kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Untuk itu, penting untuk dilakukan pemeriksaan kolesterol sebelum mudik. Dengan mengetahui risiko kesehatannya, Anda bisa melakukan pencegahan sedari dini.

4 dari 5

4. Pemeriksaan COVID-19

Pemeriksaan COVID-19
loading

Pemeriksaan COVID-19 seperti tes antigen atau polymerase chain reaction (PCR) juga perlu dilakukan sebelum mudik.

Selain sebagai syarat perjalanan mudik, pemeriksaan ini membantu memastikan Anda dalam kondisi sehat atau tidak sedang terinfeksi COVID-19. Dengan demikian, tes ini dapat mencegah terjadinya penularan  COVID-19 terhadap orang lain.

Selain pengguna kendaraan pribadi, pemeriksaan kesehatan sebelum mudik juga ditujukan untuk pengemudi kendaraan umum seperti bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi). 

Pemerintah juga menyediakan posko-posko kesehatan di lokasi-lokasi yang dilalui jalur angkutan mudik Lebaran. 

Posko tersebut akan melayani pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi yang memiliki waktu tempuh lebih dari empat jam atau melalui rute padat dan rawan kemacetan.

Apabila Anda membawa bayi dan lansia, individu yang memiliki riwayat penyakit kronis, dan orang yang baru saja menjalani operasi untuk mudik, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum berangkat mudik. 

Artikel Lainnya: Leluasa Berpuasa Bersama KlikDokter Sepanjang Ramadan 2022 

Selain itu, bagi wanita hamil, pastikan bahwa kondisi kehamilan Anda aman untuk perjalanan yang jauh dan melelahkan. 

Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum berangkat mudik. Bila perlu, mintalah surat keterangan yang menyatakan kondisi Anda layak untuk perjalanan mudik.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan pribadi dalam perjalanan mudik, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu misalnya asma, penyakit kronis lainnya seperti darah tinggi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung

Kendaraan bermotor saja diperiksa rutin “kesehatannya” sebelum perjalanan jauh, apalagi tubuh kita yang tidak pernah berhenti bekerja. 

Jadi, pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mudik agar perjalanan Anda menyenangkan dan selamat hingga tujuan.

Baca Juga

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter kami via LiveChat. 

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mudah Membaca Hasil Laboratorium Lengkap

Info Sehat
14 Mar

Pakai Earphone Saat EKG, Apakah Mengganggu Prosedur?

Info Sehat
22 Feb

Urgensi Tes Kesehatan Pranikah

Info Sehat
02 Feb

Jenis-jenis Tes atau Pemeriksaan Jantung

Info Sehat
29 Jan

Mengenal Prosedur Flebotomi untuk Pengambilan Darah

Info Sehat
25 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat