Berapa Lama Durasi Normal Ejakulasi pada Pria?
searchtext customer service

Berapa Lama Durasi Normal Ejakulasi pada Pria?

Durasi dalam melakukan hubungan seksual sering menjadi momok yang menakutkan banyak orang. Jadi, berapa lama durasi normal ejakulasi pada pria?
Berapa Lama Durasi Normal Ejakulasi pada Pria?

Klikdokter.com, Jakarta Hubungan seksual dalam rumah tangga adalah perwujudan hubungan kasih dan emosional antar pasangan. Namun durasi dalam melakukan hubungan seksual disebut-sebut sebagai salah satu masalah yang sering menghantui.

Hal ini penting untuk dibicarakan setiap pasangan agar dapat bersama-sama mendapatkan kepuasan maksimal. Pertanyaannya, berapa lama waktu yang dianggap normal untuk ejakulasi?

Penelitian klinis yang bertujuan untuk mengukur durasi ejakulasi umumnya menggunakan istilah intravaginal ejaculation latency time (IELT). Ini adalah periode waktu yang dimulai dari terjadinya penetrasi oleh penis ke vagina hingga terjadinya ejakulasi.

Untuk menghitung waktu tersebut, para peneliti meminta pasangan untuk menggunakan stopwatch. Cara ini dianggap lebih akurat dibanding melakukan wawancara retrospektif atau meminta mereka untuk mengisi kuesioner.

Artikel Lainnya: Seperti Apa Orgasme dan Ejakulasi pada Wanita

1 dari 2

Durasi Ejakulasi pada Pria

Ilustrasi Ejakulasi pada Pria
loading

Salah satu uji klinis yang dilakukan untuk menentukan durasi ejakulasi rata-rata pada pria adalah oleh Waldinger et al, yang meneliti 500 pasangan heteroseksual dari 5 negara, yaitu Belanda, Inggris, Spanyol, Turki, dan Amerika Serikat.

Dari studi ini ditemukan bahwa angka IELT rata-rata dari 500 pasangan tersebut adalah 5.4 menit, dengan durasi yang berkisar antara 0.55 menit dan 44.1 menit.

Menariknya, para peneliti juga menemukan bahwa durasi berhubungan seksual ternyata berkurang dengan meningkatnya usia, dengan durasi rata-rata 6.5 menit pada pria muda (kelompok usia 18-30 tahun), dan 4.3 menit pada pria dewasa (kelompok usia di atas 51 tahun).

Pria sering kali merasa bahwa penggunaan kondom dapat menghilangkan ereksi karena berkurangnya sensitivitas penis. Namun penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada durasi rata-rata ejakulasi dengan atau tanpa penggunaan kondom. Sebagai tambahan, penelitian ini juga membuktikan bahwa status sirkumsisi pria tidak berpengaruh pada durasi rata-rata ejakulasi.

Baca Juga

Lalu, bagaimanakah mengatasi ejakulasi dini agar kedua pasangan mendapatkan kepuasan maksimal? Beberapa pakar menyarankan para pria untuk melakukan olahraga otot dasar panggul, yang telah terbukti dapat memperpanjang durasi rata-rata ejakulasi.

(NB/RH)

ARTIKEL TERKAIT

Nyeri Saat Ejakulasi, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
02 Okt

Benarkah Pria Harus Sering Mengeluarkan Sperma?

Info Sehat
10 Jan

Jangan Malu, Wanita Mimpi Basah Itu Normal, Kok!

Info Sehat
30 Jul

Plus Minus Alat Kontrasepsi Pria

Info Sehat
30 Jul

Ingin Memuaskan Pasangan? Kenali Perbedaan G-Spot dan Klitoris

Info Sehat
25 Mei

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
Henry Ernawan
4 Tahun Lalu

saya sih tergantung bini saya..................die udah orgasme belon ? kalo belon yah...........saya tahan deh.....dengan mengatur nafas ;)

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat