Anda Sedang Diet? Ini Daftar Makanan di Bawah 100 Kalori

Siapa bilang camilan enak pasti berlemak? Anda bisa mencoba makanan ini sebagai kudapan. Tak hanya lezat, tapi juga menyehatkan!
Anda Sedang Diet? Ini Daftar Makanan di Bawah 100 Kalori

Klikdokter.com, Jakarta Waktu menunjukkan pukul sebelas pagi. Bagi para pekerja kantoran, pelajar, maupun mahasiswa, ini adalah ‘jam rawan’. Tak hanya rawan kantuk, tetapi juga rawan dengan keinginan untuk ngemil.

Biasanya camilan gorengan sering dijadikan penyelamat. Tapi hati-hati! Jika berlebihan, gorengan kegemaran Anda dapat menjadi penyebab melonjaknya timbangan, bahkan bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Untuk menyiasatinya, berikut adalah beberapa makanan di bawah 100 kalori yang bisa Anda konsumsi:

1 dari 8

1. Setengah Cangkir Edamame

Edamame
loading

Edamame adalah salah satu camilan di bawah 100 kalori yang enak dan mengenyangkan. Kacang asal Jepang yang berwarna hijau ini biasanya disajikan dengan direbus. Rasanya yang gurih pasti akan membuat Anda ketagihan.

Setengah cangkir edamame terdiri atas 8 g protein, 4 g serat, 0.5 g lemak jenuh, 4.5 mg sodium, serta 0 mg kolesterol. Bonus lainnya adalah sepuluh persen kebutuhan harian besi Anda akan terpenuhi.

Artikel Lainnya: Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi saat di Kantor

2. Apel Potong dengan Selai Kacang

Anda mungkin sudah sering makan apel. Namun, pernahkah Anda mencoba makan apel dengan selai kacang? Paduan rasa manis dari apel dan rasa asin selai kacang ternyata dapat menghasilkan rasa yang lezat.

Supaya makanan ini di bawah 100 kalori, Anda tidak perlu menambahkan selai kacang banyak-banyak, maksimal dua sendok teh saja. Oleskan tipis-tipis selai kacang pada potongan apel Anda.

2 dari 8

3. Yoghurt Tanpa Lemak dengan Madu

Ilustrasi Yoghurt Tanpa Lemak dengan Madu
loading

Salah satu makanan sehat yang dapat menjadi alternatif Anda adalah yoghurt. Namun, tidak semua jenis yoghurt termasuk ke dalam jenis makanan di bawah 100 kalori. Karenanya, pilihlah yoghurt tanpa pemanis tambahan (plain yoghurt).

Agar tak terasa hambar, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu pada setengah cangkir plain yoghurt tersebut. Hasilnya, camilan Anda hanya bernilai 84 kalori dan bebas kolesterol.

4. Pisang

Buah yang satu ini bisa menjadi camilan di bawah 100 kalori, lho! Lakukan langkah-langkah berikut:

  • Cobalah ambil satu buah pisang dan belah menjadi dua.
  • Tusukkan pisang pada tangkai es krim.
  • Lapisi setengah buah pisang yang sudah ditusuk ke tangkai es krim dengan yoghurt rendah lemak tanpa rasa.
  • Masukkan kefreezer, diamkan hingga beku.

Perlu Anda ketahui, satu sajian (sebanyak satu tusuk) hanya terdiri atas 80 kalori, 0.35 lemak jenuh, 3 mg sodium, serta 7 mg kolesterol.

Artikel Lainnya: Turunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih, Efektifkah?

3 dari 8

5. Kacang-kacangan Kering

Kacang-kacangan Kering Seperti Kacang Almon
loading

Saat sedang lapar, tapi Anda takut ngemil karena berat badan Anda jadi taruhannya, pilihlah kacang-kacangan kering, seperti kacang almon. Makanan ini mengandung sebesar 100 kalori dalam setiap 5-7 butirnya.

6. Satu Cangkir Anggur

Makanan sehat untuk pelaku diet lainnya adalah buah anggur. Buah yang satu ini tinggi akan air dan rendah kalori. Satu cangkir anggur hanya terdiri atas 100 kalori, 0.1 g lemak, dan 2 mg sodium.

Kadar air yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama serta terhindar dari dehidrasi. Selain itu, anggur juga kaya akan vitamin K, mangan, dan serat. Baik dimakan langsung maupun dibekukan, sama enaknya!

4 dari 8

7. Semangka

Seorang Pria Makan Semangka
loading

Anda yang sedang berdiet tak perlu ragu memasukkan semangka dalam menu makanan. Karena selain termasuk makanan di bawah 100 kalori (satu cangkir semangka memiliki sekitar 50 kalori), semangka juga merupakan sumber likopen yang baik.

Artikel Lainnya: Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet

Likopen dalam tubuh berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Semangka juga memiliki kadar air yang tinggi sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi saat cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi.

8. Wortel Rebus

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Camilan sehat di bawah 100 kalori ini juga dapat Anda konsumsi saat sedang menjalani diet. Sebanyak 200 gram wortel mengandung 100 kalori.

5 dari 8

9. Telur Rebus

Telur Rebus
loading

Selain termasuk makanan di bawah 100 kalori, telur adalah sumber protein yang baik. Satu butir telur mengandung 100 kalori sehingga dapat dijadikan sebagai camilan yang baik untuk kesehatan tubuh.

10. Popcorn

Popcorn terbuat dari jagung yang memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk mengurangi gangguan susah buang air besar. Selain itu, popcorn juga termasuk camilan di bawah 100 kalori.

Namun demikian, pastikan Anda mengonsumsi popcorn yang tidak mengandung lemak sehingga kandungannya tidak lebih dari 100 kalori.

Artikel Lainnya: Hati-hati, 6 Bahan Tambahan Ini Bikin Salad Anda Tinggi Kalori

6 dari 8

11. Salad Buah

Salad Buah
loading

Pilihan makanan sehat lainnya bagi para pelaku diet adalah salad buah. Salad buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu mangkuk sajian salad buah dapat mengandung sebanyak 100 kalori.

12. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan sehat yang satu ini juga dapat menjadi camilan pilihan bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Pada 200 gram jeruk, terkandung sebanyak 100 kalori.

7 dari 8

13. Bit

Buah Bit
loading

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Buah yang satu ini juga termasuk ke dalam camilan sehat di bawah 100 kalori. Sebanyak 225 gram buah bit mengandung sekitar 100 kalori.

Baca Juga

Itulah beberapa makanan di bawah 100 kalori yang dapat dikonsumsi ketika Anda sedang lapar, tanpa khawatir kesehatan Anda terganggu. Camilan di atas juga tidak memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga baik untuk menjaga berat badan ideal.

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat dapat Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Arsenik Dalam Beras, Begini Cara Mengatasinya

Info Sehat
06 Okt

Benarkah Diet Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat?

Info Sehat
01 Okt

Siapa Saja yang Perlu Diet Bebas Gluten?

Info Sehat
01 Okt

Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

Info Sehat
30 Sep

Sering Mengonsumsi Makanan Kemasan, Ini Efeknya

Info Sehat
29 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk