Daftar Hobi yang Bermanfaat Bikin Jantung Anda Sehat

Ternyata, menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan lewat hobi, lho! Yuk, simak berbagai hobi yang ternyata menyehatkan jantung berikut.
Daftar Hobi yang Bermanfaat Bikin Jantung Anda Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, baik pada pria maupun wanita. Data menunjukkan, 1 dari 4 kematian Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung. Di AS juga, satu orang meninggal akibat penyakit jantung setiap 42 detik.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini sangat pas diaplikasikan melihat banyaknya orang yang terkena penyakit jantung, dan dampaknya yang fatal.

Selain olahraga dan menjaga pola makan, ada beberapa hobi yang sehat untuk kesehatan jantung. Berikut daftarnya untuk Anda.

1 dari 5

1. Memasak

Memasak
loading

Dengan “berkeliaran” di sekitar dapur, Anda tidak akan tergoda untuk menempelkan bokong di kursi, sofa, ataupun kasur. Gaya hidup sedenter seperti ini merupakan salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Selama memasak, Anda akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dan tangan Anda juga akan terlatih ketika mengocok telur atau menguleni adonan kue.

Dengan meningkatkan keterampilan memasak, Anda juga dapat menyajikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.

Artikel lainnya: Tak Sekadar Hobi, Ini 8 Manfaat Merajut bagi Kesehatan

2. Bertamasya

Anda doyan traveling? Kalau iya, pas sekali! Bertamasya rupanya termasuk kegiatan yang menyehatkan jantung. Tidak perlu mahal-mahal, Anda pun dapat melakukan perjalanan hemat dengan backpacking atau bepergian ke situs-situs wisata dalam negeri.

Ketika bertamasya, Anda akan banyak bergerak, berjalan kaki, dan melakukan aktivitas lainnya. Aktivitas ini jauh lebih baik ketimbang duduk di depan komputer, ngemil, atau melakukan sederet kegiatan yang menimbun kalori.

Bertamasya juga dapat melepaskan stres dan kepenatan, yang turut menjadi faktor risiko penyakit jantung.

2 dari 5

3. Berkebun

Berkebun
loading

Jangan anggap remeh hobi yang sehat satu ini. Meski cukup melelahkan dan membutuhkan komitmen, berkebun akan terasa sangat memuaskan jika Anda berhasil melakukannya.

Banyak gerakan aktif yang dapat dilakukan ketika berkebun. Mulai dari menggemburkan atau menyiapkan tanah, menanam bibit, menyiram tanaman, menggunting daun yang layu, serta memberi pupuk atau vitamin pada tanaman.

Akan sangat memuaskan batin ketika Anda berhadapan dengan kebun yang indah dan tertata rapi. Melakukan serangkaian aktivitas berkebun dan mengalami perasaan bahagia akan mengusir faktor risiko penyakit jantung jauh-jauh.

Artikel lainnya: Hobi Ini Bikin Anda Tambah Sehat

4. Menari

Anda tidak perlu mengikuti kelas dansa untuk dapat menari. Cukup pasang lagu favorit Anda di rumah, lalu goyangkan tubuh. Anda bisa melakukannya sendirian, bersama teman, pasangan, ataupun anak.

Tidak hanya menghilangkan stres, menari juga dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Satu jam menari diperkirakan mampu membakar hingga 320 kalori.

Agar lebih menarik dan menambah motivasi, Anda dapat mengikuti kelas menari dan mempelajari berbagai jenis tarian.

3 dari 5

5. Tertawa

Tertawa
loading

Tidak hanya tertawa saat menonton video lucu atau acara televisi, pergilah dengan keluarga atau teman. Selanjutnya, tertawalah sekencang-kencangnya.

Penelitian membuktikan bahwa tertawa dapat menurunkan hormon stres di tubuh. Peradangan pada pembuluh darah arteri pun menurun. Tertawa juga bisa meningkatkan LDL atau kolesterol baik di dalam darah. 

Artikel lainnya: Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat Sehat yang Tidak Anda Sangka

6. Memelihara Hewan

Selain menggemaskan, hewan adalah pendamping yang setia serta pemberi cinta tanpa syarat. Manfaat kesehatan yang didapat dengan memelihara atau menyayangi hewan ternyata banyak sekali, lho. Salah satunya untuk kesehatan jantung. 

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menyebutkan, memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Plusnya lagi, memelihara hewan terbukti menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. 

4 dari 5

7. Bercinta

Bercinta
loading

Wah, hobi yang sehat ini memang menarik! Bercinta sering kali dianggap sebagai obat dari segala penyakit, termasuk jantung.

Aktivitas seksual tidak hanya sekadar memenuhi kesenangan dan kepuasan, tapi juga menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. 

Penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Cardiology menunjukkan, frekuensi aktivitas seksual yang lebih rendah dikaitkan dengan tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

Baca Juga

Apakah salah satu hobi yang sehat di atas termasuk favorit Anda? Kalau iya, beruntunglah! Tetap jalani dalam porsi yang pas agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Dapatkan informasi terbaru lainnya seputar kesehatan jantung hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Usir Hipertensi dengan Belimbing, Apakah Manjur?

Info Sehat
21 Nov

Tips Jantung Sehat untuk Ibu Hamil

Info Sehat
16 Nov

Ingin Jaga Kesehatan Jantung? Konsumsi Serat Secara Teratur!

Info Sehat
09 Nov

Tidur Siang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Info Sehat
07 Nov

Penderita Hipertensi Perlu Lakukan 6 Cara Ini agar Tetap Sehat

Info Sehat
07 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk