5 Makanan yang Dapat Mencegah Kebutaan
search

Daftar Makanan Ini Bisa Cegah Kebutaan

Nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan mata Anda. Untuk mencegah gangguan pada mata, salah satunya kebutaan, konsumsilah makanan berikut ini secara rutin.
Daftar Makanan Ini Bisa Cegah Kebutaan

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin saat ini Anda tidak memiliki masalah pada mata. Akan tetapi, sebaiknya Anda menyadari, gaya hidup dan bertambahnya usia dapat menyebabkan penurunan fungsi penglihatan—bahkan tidak jarang hingga mengakibatkan kebutaan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada 36 juta penduduk Indonesia yang mengalami gangguan penglihatan, dan 21,7 juta di antaranya mengalami low vision. Apabila tidak segera ditangani, gangguan penglihatan mungkin saja terjadi.

Tahukah Anda, ternyata nutrisi sangat membantu Anda dalam memperlambat dan mencegah penurunan fungsi organ mata? Karenanya, penting bagi Anda untuk memahami berbagai sumber makanan pencegah kebutaan di bawah ini:

1 dari 4

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
loading

Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan sebagainya, mengandung tinggi lutein dan zeaksantin. Jenis makanan ini adalah makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kebutaan. 

Lutein merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan pada makula mata, dan berfungsi menutrisi makula dan retina.

Sementara itu, zeaksantin merupakan senyawa karotenoid yang juga terdapat pada makula mata. Fungsi utama dari zeaksantin adalah menjaga kesehatan sistem penglihatan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jumlah yang cukup dari lutein dan zeaksantin dapat mengurangi risiko penyakit mata, khususnya AMD. Kedua senyawa ini juga tergolong sebagai antioksidan sehingga dapat berfungsi menjaga sel-sel organ mata dari kerusakan dan mencegah katarak.

Artikel Lainnya: 11 Cara Menghindari Kebutaan

2 dari 4

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
loading

Selain sayuran hijau, sumber makanan lain yang memiliki kandungan tinggi lutein dan zeaksantin adalah kacang polong dan kacang pistachio. Oleh karena itu, kacang-kacangan termasuk makanan pencegah kebutaan yang bisa Anda konsumsi.

Tak hanya mengandung lutein dan zeaksantin, beberapa jenis kacang—misalnya kacang tanah, mete, dan almond—juga menyimpan omega-3. Walaupun kandungan omega-3 pada kacang-kacangan tersebut tidak begitu banyak, kesehatan mata tetap dapat terjaga.

Artikel Lainnya: 5 Penyakit Mata Penyebab Kebutaan

3. Telur

Makanan lain yang dapat mencegah kebutaan adalah telur. Makanan yang satu ini dikatakan dapat melindungi mata karena mengandung nutrisi yang sama dengan sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Kandungan yang ada pada telur, termasuk lutein dan zeaksantin. Kedua kandungan tersebut akan membantu mata dalam menyaring cahaya dengan panjang gelombang pendek, yang dapat merusak retina di bagian belakang mata.

Selain itu, telur juga mengandung protein yang merupakan nutrisi baik bagi kesehatan lensa mata. Sakit mata di usia senja juga bisa dicegah dengan konsumsi kuning telur.

Artikel Lainnya: Hobi Makan Junk Food Bisa Memicu Kebutaan?

3 dari 4

4. Buah-buahan Berwarna Cerah

Buah-buahan Berwarna Cerah
loading

Buah-buahan berwarna cerah dan kaya vitamin A juga termasuk makanan pencegah kebutaan. Contohnya adalah wortel, apel, jeruk, mangga, naga, anggur, paprika, dan sebagainya.

Vitamin A diperlukan untuk regenerasi pigmen retina mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buta senja (niktalopia), bahkan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Westmead Institute for Medical Research, Australia, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi jeruk secara rutin cenderung tidak mempunyai penyebab utama kebutaan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa konsumsi kurang lebih satu jeruk setiap hari dikaitkan dengan penurunan sekitar 60 persen keseluruhan risiko pengembangan degenerasi makula 15 tahun kemudian.

5. Ikan 

Konsumsi ikan salmon juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata. Salmon mengandung omega-3 yang berperan penting dalam fungsi sistem penglihatan Anda. 

Selain salmon, Anda dapat mengonsumsi jenis ikan lain yang tinggi akan omega-3. Beberapa ikan yang dapat Anda jadikan pilihan, yaitu tuna, makerel, tiram, dan kepiting.

Baca Juga

Kini Anda sudah tahu beberapa makanan yang dapat membantu mencegah kebutaan. Sedini mungkin, jagalah kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan berwarna cerah, dan lainnya. Dengan begitu, fungsi dan kinerja mata Anda akan tetap baik hingga tua nanti. 

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Risky Amalia Martis Sugiartono

Konsultasi Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Kharlya Ulfiyani

Konsultasi Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Bahaya Tato Mata untuk Kesehatan Indra Penglihatan Anda

Info Sehat
05 Mar

Punya Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi Makanan Ini

Info Sehat
01 Mar

French Fries dan Onion Ring, Mana yang Lebih Sehat?

Info Sehat
24 Feb

Waspada, Sayur Asem Bisa Perburuk Gejala Mag

Info Sehat
19 Feb

Pusing Setelah Makan Asin? Mungkin Ini Penyebabnya

Info Sehat
19 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat