Cara Mengatasi Gejala Menopause - Info Sehat Klikdokter.com
search

Cara Mengatasi Gejala Menopause

Menopause dan berbagai gejalanya bisa membuat wanita tak nyaman. Bagaimana cara mengatasi gejala menopause? Simak tips menghadapinya di sini.
Cara Mengatasi Gejala Menopause

Kebanyakan wanita yang mengalami menopause akan mengeluhkan beberapa gejala. Menopause dapat menyebabkan rasa kepanasan yang muncul tiba-tiba, menyebar ke seluruh tubuh, kemerahan, dan keluarnya keringat.

Gejala menopause lainnya yang bisa muncul adalah gangguan tidur, kelelahan, mood swing, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya. Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Namun jangan khawatir, untuk meminimalkan hal tersebut, Anda bisa melakukan sembilan cara mengatasi gejala menopause berikut ini.

1. Tidur Cukup

Tidur cukup selama 7-9 jam sehari dapat membantu mengurangi gangguan tidur, sakit kepala, dan mood swing.

Sebagian wanita ada yang mengalami rasa panas di seluruh tubuh. Sensasi panas tersebut akan menyebabkan sulit tidur.

Wanita yang sedang mengalami gejala menopause juga bisa menghindari tidur siang agar tidak terjaga pada malam hari.

1 dari 5

2. Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol
loading

Mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol dapat mencegah ngantuk atau membuat Anda terjaga saat malam hari.

Tak hanya itu, minuman berkafein dan beralkohol juga dapat memicu rasa panas gejala menopause semakin hebat. Saat menopause, sebaiknya hindari kedua minuman tersebut agar Anda lebih  cepat terlelap saat malam hari.

Artikel Lainnya: Masalah Kesehatan Wanita Menopause yang Mesti Waspadai

3. Jangan Gunakan Pakaian Tebal

Ketika merasa gerah kepanasan, jangan gunakan pakaian berlapis atau berbahan poliester. Wanita yang menopause bisa menggunakan pakaian tipis, berbahan katun, dan nyaman.

Anda juga harus memerhatikan suhu atau udara di sekitar. Hindari keluar rumah pada siang hari dan usahakan berada di tempat yang terdapat kipas angin atau pendingin ruangan.

2 dari 5

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi Makanan Bergizi
loading

Perbanyaklah konsumsi makanan yang bernutrisi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Wanita menopause juga dapat mengonsumsi susu kedelai. Sebab susu kedelai mengandung estrogen alami yang dibutuhkan tubuh.

Anda perlu tahu bahwa jumlah estrogen di dalam tubuh wanita akan berkurang saat mengalami menopause. Oleh karena itu, wanita membutuhkan asupan estrogen tambahan dari luar.

Perubahan hormon saat menopause juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Karena itu, wanita dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Artikel Lainnya: Deretan Mitos Menopause yang Tak Perlu Anda Percaya

Asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul pada wanita pascamenopause.

Makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah yoghurt, susu, dan keju. Sinar matahari juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Kulit akan memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari.

Jika jarang terpapar sinar matahari, sebaiknya konsumsi suplemen untuk meningkatkan asupan vitamin D. Sumber makanan yang kaya akan vitamin D adalah ikan, telur, minyak ikan.

Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis, berminyak, dan mengandung lemak jenuh. Makanan yang pedas sebaiknya juga dihindari karena akan memicu timbulnya rasa panas di tubuh.

Artikel Lainnya: Tips Awet Muda pada Usia Menopause

5. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Cara menghadapi menopause berikutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Tak hanya itu, mengurangi berat badan dapat membantu mengatasi keluhan menopause seperti rasa panas akibat penumpukan lemak di  dalam tubuh.

3 dari 5

6. Gunakan Lubrikan Saat Berhubungan Seksual

Gunakan Lubrikan Saat Berhubungan Seksual
loading

Untuk mencegah nyeri vagina saat berhubungan seksual, gunakan lubrikan yang berbahan dasar air. Anda juga dapat menggunakan pelembap khusus vagina supaya organ kewanitaan lebih lembap.

7. Olahraga Rutin

Olahraga aerobik, yoga, jogging, dan berenang juga dipercaya sebagai cara mengatasi gejala menopause. Anda bisa melakukan olahraga tersebut 3-5 kali dalam sepekan.

8. Obat-Obatan

Untuk mengatasi gejala menopause, dokter dapat memberikan beberapa terapi dan obat-obatan. Dokter dapat memberikan terapi hormon, antidepresan, vaginal estrogen, dan gabapentin.

Artikel Lainnya: Kiat agar Hubungan Seksual saat Menopause Tetap Nikmat

4 dari 5

9. Minum cukup air putih

Minum cukup air putih
loading

Selama menopause, kulit akan menjadi lebih kering. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Minum 8-12 gelas air sehari dapat membantu meredakan gejala kulit kering.

Minum air putih juga dapat mengurangi gejala kembung yang terjadi akibat perubahan hormonal. Di samping itu, air membantu mencegah penambahan berat badan dan membantu penurunan berat dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Minum 500 ml air 30 menit sebelum makan dapat membuat Anda mengonsumsi 13 persen kalori lebih sedikit.

Baca Juga

Itu dia sembilan cara mengatasi gejala menopause. Untuk tahu informasi lain mengenai menopause atau masalah kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Bambang Eko Winarno, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Tommy Febrianto, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Felix, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengalami Keputihan saat Sudah Menopause, Normalkah?

Info Sehat
31 Agt

Perubahan Menstruasi yang Terjadi Selama Perimenopause

Info Sehat
25 Agt

Tips Awet Muda pada Usia Menopause

Info Sehat
24 Feb

Manfaat Terapi Sulih Hormon untuk Meminimalkan Gejala Menopause

Info Sehat
19 Feb

Ini Cara Membangkitkan Gairah Seksual Wanita Menopause

Info Sehat
21 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat