Waspada, Stres Bikin Cepat Tua! - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Waspada, Stres Bikin Cepat Tua!

Apakah Anda sering stres? Jika ya, waspadalah. Karena stres bisa bikin Anda cepat tua!
Waspada, Stres Bikin Cepat Tua!

“Jangan marah nanti cepat tua.” Pernahkah Anda mendengar ungkapan tersebut? Ternyata, ungkapan tersebut bukanlah omong kosong belaka. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyimpulkan bahwa individu yang mudah marah/stres dapat mengalami penuaan dini melalui berbagai cara.

Bagaimana Stres Bikin Cepat Tua

Stres menyebabkan peningkatan berbagai zat peradangan dan berpengaruh terhadap tubuh Anda. Berbagai zat kimia dapat menyebabkan perubahan metabolik yang menyebabkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala, masalah pencernaan, sampai dengan permasalahan kulit. Dalam jangka panjang, stres dapat mengganggu sistem imun, menyebabkan kerentanan terhadap infeksi dan kerusakan pada sel tubuh.

Selain berhubungan dengan penuaan, stres itu sendiri sudah diakui dapat menyebabkan peningkatan risiko berbagai penyakit. Salah satuya adalah penyakit jantung. Seseorang dengan tingkat stres yang tinggi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung, yang pada akhirnya menyebabkan kematian.

Artikel Lainnya : Cara Wanita Menangkal Stres di Kantor

Kurangi Stres

Tentu Anda tidak ingin menjadi lebih cepat tua, bukan? Jadi, kurangi tingkat stres Anda dan mulailah menerapkan pola hidup sehat. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Jangan simpan sendiri

Jika sedang memiliki masalah, ceritakan kepada orang terdekat Anda. Berbagi adalah salah satu cara mengurangi stres yang paling mudah.

2. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial

Membantu orang lain ternyata dapat mengurangi rasa stres. Jangan takut untuk terlibat dalam berbagai kegiatan sosial di sekitar. Dengan demikian, Anda dapat membantu diri sendiri dalam menangani stres, serta membantu orang lain.

3. Meditasi dan yoga

Berbagai teknik pernapasan, diiringi suasana yang nyaman dan mendukung, dapat membantu Anda menjadi rileks dan mengurangi tingkat stres di dalam diri Anda.

4. Konsumsi suplemen yang dapat membantu meredakan stres

Konsumsi suplemen yang dapat membantu meredakan stres, seperti yang mengandung passion flower. Passion flower merupakan tanaman herbal yang telah dipercaya sebagai pengobatan alami untuk mengurangi ketegangan akibat stress dan jugamerdakan ketegangan dan penyakit susah tidur.

Baca Juga

Jika berbagai hal di atas tidak memberikan hasil yang optimal, kunjungi tenaga kesehatan terdekat. Anda dapat berkonsultasi dengan psikiater untuk membantu menangani stres yang dirasakan.

Ingat, meski umur biologis terus bertambah, Anda selalu langkah untuk mencegah penuaan dini. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang, olahraga secara teratur dan hindari stres. Dengan demikian, niscaya Anda akan memiliki hidup yang lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

(NB)

ARTIKEL TERKAIT

Stres? Hati-Hati Terserang Diare

Info Sehat
05 Des

Bagaimana Agar Terhindar dari Gangguan Jiwa?

Info Sehat
04 Des

Sulit Tidur? Mungkin Ini Sebabnya

Info Sehat
27 Nov

Jangan Stres Kalau Ingin Hamil

Info Sehat
13 Okt

Belajar dari Mike Mohede: Hindari Stres Cegah Serangan Jantung

Info Sehat
13 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat