8 Gejala Serangan Jantung yang Harus Anda Waspadai
search

Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Mesti Diwaspadai

Serangan jantung dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditindak dengan cepat dan tepat. Kenali gejala serangan jantung sebelum terlambat!
Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Mesti Diwaspadai

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Keadaan ini perlu diwaspadai, karena penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Seseorang dapat memiliki risiko serangan jantung yang tinggi apabila telah mengalami penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi, kegemukan atau obesitas, dan kolesterol tinggi.

Mereka yang punya kondisi genetik bawaan, pola diet dan pola makan yang buruk, konsumsi alkohol berlebih, kebiasaan merokok, dan kurangnya aktivitas fisik juga bisa memiliki risiko serangan jantung yang tinggi.

Artikel Lainnya: Inilah Tanda Sebulan Sebelum Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan suplai darah yang memadai. Kondisi ini akan membuat otot jantung terganggu hingga mengalami kematian jaringan yang disebut infark miokard.

Sebelum menyebabkan kematian, berikut ini beberapa gejala serangan jantung yang bisa terjadi:

1 dari 4

1. Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman pada Dada
loading

Kebanyakan orang dengan serangan jantung mengalami semacam nyeri atau rasa tidak nyaman pada area dada. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak setiap kasus nyeri dada disebabkan oleh serangan jantung.

Seseorang yang mengalami serangan jantung akan mengeluhkan nyeri dada kiri yang menjalar hingga ke lengan kiri, leher, atau menembus ke punggung. Rasa nyeri terkadang terasa seperti tertindih benda berat, dan dirasakan lebih dari beberapa menit.

Nyeri dada biasanya akan menghilang dengan obat nitrat yang diberikan di bawah lidah. Obat tersebut merupakan pertolongan pertama sebelum mendapatkan perawatan gawat darurat di fasilitas kesehatan terdekat.

2. Nyeri Perut

Walaupun tidak khas, beberapa orang akan mengeluhkan nyeri pada area ulu hati. Keluhan ini kadang disalahartikan sebagai sakit maag, padahal merupakan gejala serangan jantung. 

Untuk membedakannya diperlukan pemeriksaan yang teliti, misalnya dengan aliran listrik jantung atau elektrokardiografi (EKG).

3. Berkeringat Banyak

Berkeringat lebih banyak dari biasanya, terutama jika Anda sedang tidak berolahraga atau aktif bergerak, bisa menjadi tanda peringatan awal masalah jantung. 

Pasalnya, jantung butuh usaha lebih banyak untuk memompa darah melalui arteri yang tersumbat. Hal tersebut membuat tubuh berkeringat untuk mencoba menjaga suhu tetap rendah selama jantung beraktivitas ekstra. 

Jika terbangun dan mendapati tempat tidur yang basah kuyup, atau Anda tidak bisa tidur dengan keringat berlebih, hal ini juga bisa menjadi ciri-ciri serangan jantung terutama pada wanita.

Artikel Lainnya: 5 Tanda Anda Berisiko Terkena Serangan Jantung, Gejalanya?

2 dari 4

4. Kelelahan

Kelelahan
loading

Tubuh mudah lelah juga bisa menjadi tanda serangan jantung yang pada wanita. Menurut American Heart Association, beberapa wanita mungkin mengira gejala tersebut mirip dengan flu.

Serangan jantung dapat menyebabkan kelelahan, karena organ tersebut perlu bekerja ekstra untuk memompa darah melalui pembuluh yang tersumbat. 

5. Sesak Napas

Sesak dan kesulitan bernapas juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Kondisi ini bisa disebabkan karena kegagalan pompa jantung, sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan malah tertumpuk di paru.

6. Pusing Berputar

Kepala terasa ringan atau sensasi pusing berputar dapat menjadi gejala serangan jantung, yang umumnya dirasakan oleh wanita. Kondisi ini digambarkan seperti akan pingsan saat mencoba berdiri dari posisi duduk. 

7. Jantung Berdebar

Salah satu gejala serangan jantung adalah palpitasi atau jantung berdetak cepat. Penyakit mematikan tersebut juga dapat menyebabkan gejala perubahan irama jantung, sehingga organ ini berdenyut tidak seperti biasanya. 

Jantung dan tubuh Anda mengandalkan detak yang konsisten untuk mengalirkan darah dan oksigen. Jika detaknya keluar dari ritme, disertai pusing, nyeri dada, atau pingsan, hal ini bisa menjadi tanda mengalami gangguan atau serangan jantung.

Jantung berdebar akibat serangan jantung bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau cemas, terutama pada wanita. Beberapa orang menggambarkan kondisi ini sebagai sensasi jantung berdetak kencang di leher, bukan hanya di dada.

3 dari 4

8. Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan
loading

Beberapa orang dapat mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah gastrointestinal lainnya sebelum serangan jantung. 

Jika Anda mengalami perut keras ataupun kram secara tiba-tiba, gangguan pencernaan atau tidak nyaman di sekitar ulu hati, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter.

Keluhan mual dan muntah juga dapat dirasakan pada pasien dengan gangguan jantung. Hal ini membuat pasien kesulitan untuk makan.

Baca Juga

Demikian berbagai gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Jika Anda merasakan atau menemukan ada kerabat yang mengalami gejala tersebut, segera berobat ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk cari tahu lebih lanjut mengenai ciri-ciri serangan jantung, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Aditha Satria Maulana, Sp. JP

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
wallet
Rp. 35.000

ARTIKEL TERKAIT

Pertolongan Pertama Serangan Jantung, Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari

Info Sehat
24 Nov

Awas, Kesalahan Saat Bersepeda Ini Picu Serangan Jantung!

Info Sehat
17 Nov

Waspada, 8 Masalah Kesehatan Ini Berawal dari Hipertensi

Info Sehat
13 Nov

Tidur Siang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Info Sehat
07 Nov

Inilah Tanda Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya

Info Sehat
20 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat