search

Minum Kopi Bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

Kopi dipercaya sebagai minuman yang bisa meningkatkan gairah seksual. Apa benar? Mari simak manfaat kopi untuk meningkatkan libido di sini.
Minum Kopi Bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Minum kopi seringkali dihubungkan dengan peningkatan produktivitas, semangat, dan inspirasi. Tidak heran jika banyak orang rutin mengonsumsi minuman ini, terutama di pagi hari saat merasa butuh semangat tambahan.

Tak hanya itu, kopi juga dianggap dapat menaikkan gairah seksual. Lantas, apa hubungan antara konsumsi kopi dan aktivitas seksual?

 

1 dari 3

Manfaat Kopi untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Ilustrasi sedang Minum Kopi
loading

Sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan di Southwestern University, Amerika Serikat, oleh Fay Guarraci, mempelajari efek kafein terhadap perilaku seksual tikus wanita.

Pada penelitian tersebut, tikus wanita yang diberi kafein jadi lebih sering kembali ke pasangannya untuk berhubungan seksual.

Penelitian ini juga menyimpulkan kafein dapat meningkatkan motivasi tikus wanita untuk berhubungan seksual. Sayangnya, hasil penelitian ini tidak membuktikan bahwa kopi bisa meningkatkan libido.

Perlu diingat, tikus dalam penelitian di atas sebelumnya tidak terbiasa mengonsumsi kafein. Sementara, sudah banyak manusia yang rutin mengonsumsi kopi setiap harinya.

Bagaimanapun, hasil penelitian ini cukup menarik untuk dipelajari lebih lanjut, terlebih untuk mengetahui hubungan antara kopi dan gairah seksual.

Artikel lainnya: 8 Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Selanjutnya, para peneliti dari The University of Texas Health Science Centre, juga di Amerika Serikat mengatakan, konsumsi kopi berhubungan dengan menurunnya angka kejadian disfungsi ereksi pada pria.

Penelitian ini membandingkan konsumsi kopi pada 3.000 pria selama 20 tahun. Hasilnya, pria yang minum kopi sebanyak 1 sampai 3 cangkir per hari memiliki kemungkinan 42 persen lebih rendah untuk mengalami disfungsi ereksi.

Hasil penelitian ini berlaku ketika dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi kopi. Menurut penelitian tersebut, salah satu faktor yang dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi adalah kafein.

Kafein dalam kopi menyebabkan pembuluh darah penis jadi relaks dan kemudian meningkatkan aliran darah ke penis. Dengan demikian, penis akan lebih mudah untuk ereksi.

Artikel lainnya: Benarkah Jahe Merah Bisa Tingkatkan Libido?

Meskipun bermanfaat untuk meningkatkan ereksi, penelitian di atas tidak dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat antara konsumsi kopi dan tidak terjadinya disfungsi ereksi.

Lalu, apakah studi di atas menandakan kopi dapat meningkatkan libido? Belum tentu. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk dapat menyimpulkan hal tersebut.

Menurut The Family Planning Association of Hong Kong, disfungsi ereksi adalah kesulitan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup saat berhubungan seksual.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor fisik, faktor psikologis, atau gabungan dari keduanya. Disfungsi ereksi dialami oleh sekitar 50 persen pria berusia 40 hingga 70 tahun dan angka kejadiannya meningkat seiring bertambahnya usia.

Artikel Lainnya: Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Benarkah?

2 dari 3

Cara Minum Kopi untuk Meningkatkan Libido

Cara Minum Kopi untuk Meningkatkan Libido
loading

Walaupun belum ada bukti langsung yang mengatakan kopi bisa meningkatkan libido, tapi sah-sah saja jika Anda ingin mengkonsumsinya. Bagaimanapun, kopi sudah dikonsumsi sejak lama dan bisa membantu Anda di kala butuh tambahan semangat dan produktivitas.

Agar menyehatkan dan khasiat untuk meningkatkan libido mungkin bisa Anda rasakan, lakukan tips berikut ini.

1. Hindari Minum Kopi Terlalu Banyak

Konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan keluhan kesehatan, misalnya saja pusing, sakit perut, cemas, atau jantung berdebar. Umumnya, konsumsi kopi yang diperkirakan aman untuk kesehatan sebanyak 400 mg kafein per hari atau setara 4 cangkir kopi berukuran 100 ml.

2. Batasi gula

Jika Anda pencinta kopi, batasi penggunaan gula sebagai pemanis tambahan. Pasalnya, kelebihan gula dapat menimbulkan kenaikan berat badan, peningkatan risiko penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

Diabetes yang tidak terkendali dapat menimbulkan gangguan fungsi seksual. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula atau batasi takaran pemanis yang Anda gunakan.

3. Tambahkan Bahan-Bahan Afrodisiak

Afrodisiak adalah bahan-bahan yang dipercaya dapat meningkatkan libido. Beberapa bahan afrodisiak dapat Anda campurkan ke dalam kopi adalah cokelat, alpukat, ginseng, atau madu.

Baca Juga

Itu dia beberapa penelitian yang mengamati hubungan antara minum kopi dengan libido. Untuk tahu informasi unik lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Tidak Selalu Berbahaya, Ini Manfaat Kopi untuk Ibu Hamil

Info Sehat
04 Feb

Sering Minum Kopi? Waspadai Efeknya untuk Rongga Mulut

Info Sehat
24 Jan

Benarkah Kopi Bisa Dijadikan Alat Diagnosis Virus Corona?

Info Sehat
13 Jan

Ampas Kopi Ternyata Bermanfaat bagi Kulit Wajah hingga Kaki

Info Sehat
05 Jan

Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria

Info Sehat
21 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat