8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis, Bikin Tulang Keropos! - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis, Bikin Tulang Keropos!

Osteoporosis bisa dipicu oleh kebiasaan buruk Anda. Apa saja kebiasaan penyebab osteoporosis yang bikin tulang keropos? Simak lengkapnya di sini.
8 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis, Bikin Tulang Keropos!

Banyak yang beranggapan tulang keropos atau osteoporosis adalah proses alami tubuh yang pasti terjadi ketika sudah memasuki lanjut usia. Padahal, banyak penyebab tulang keropos yang tidak disadari.

Selama hidup, tulang Anda mengalami proses remodelling, yaitu pembentukan dan penghancuran secara seimbang. Penyebab osteoporosis adalah ketika proses remodelling menjadi tidak seimbang, yaitu lebih banyak penghancuran dibanding pembentukan tulang.

Proses tersebut dipengaruhi banyak faktor, seperti usia yang semakin tua, berjenis kelamin wanita, menopause, riwayat keluarga yang memiliki osteoporosis, dan ras Asia atau Kaukasia.

Namun, ada juga beberapa kebiasaan lain penyebab tulang keropos, berikut daftarnya.

1 dari 9

1. Kurang Asupan Kalsium

Kurang Asupan Kalsium
loading

Komponen utama tulang adalah kalsium. Tanpa asupan kalsium yang mencukupi, tubuh tidak akan bisa membangun kembali tulang baru selama proses remodelling. Hal ini akan menyebabkan tulang menjadi keropos.

Organ lain, seperti jantung, saraf, dan otot juga membutuhkan kalsium. Apabila kadar kalsium dalam tubuh Anda kurang, maka tubuh akan mengambil “tabungan” kalsium dari tulang.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan menjadi penyebab gangguan osteoporosis.

Anda bisa mencukupi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu, keju, yoghurt, bayam, sarden, dan kacang-kacangan.

Artikel Lainnya: Faktor Risiko Osteoporosis yang Jarang Disadari

2 dari 9

2. Kurang Asupan Vitamin D

Kurang Asupan Vitamin D
loading

Vitamin D memang sedang populer akhir-akhir ini karena bermanfaat menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin D3 atau yang disebut kalsitriol berperan dalam penyerapan kalsium dalam usus dan akan disimpan di dalam tulang.

Kurangnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan kurang asupan vitamin D. Pasalnya, sumber terbanyak vitamin D bisa didapat dari paparan sinar matahari.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari konsumsi susu beserta olahannya, seperti sereal, oatmeal, telur, dan berbagai jenis ikan.

3 dari 9

3. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Seorang Wanita Konsumsi Makanan Cepat Saji
loading

Makanan cepat saji adalah makanan tinggi kalori dan garam. Konsumsi garam (natrium) dalam jumlah berlebih akan mengurangi kepadatan tulang. Sebab, tubuh akan membuang kalsium lebih banyak dalam urine.

Di samping itu, penyakit diabetes juga dapat disebabkan oleh kebiasaan makan makanan cepat saji dan berhubungan dengan osteoporosis.

4 dari 9

4. Diet Ekstrim

Ilustrasi Diet Ekstrim
loading

Diet ekstrim berisiko menyebabkan Anda kekurangan gizi, seperti kalsium, vitamin D, dan protein yang berperan dalam kepadatan tulang.

Orang yang menerapkan diet ekstrim umumnya memiliki tubuh yang terlalu kurus dan memiliki indeks massa tubuh terlalu rendah. Hal ini diketahui menjadi penyebab tulang keropos di kemudian hari.

5 dari 9

5. Jarang Olahraga

Seorang Pria Jarang Olahraga
loading

Olahraga dan aktivitas fisik bermanfaat untuk memadatkan tulang. Bagi Anda yang senang bermalas-malasan dan hanya berbaring seharian di kasur, kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab osteoporosis.

Angkat beban merupakan latihan yang disarankan untuk memadatkan tulang. Namun, aktivitas sesederhana, seperti jalan santai, jogging, atau berenang juga baik untuk mencegah tulang keropos di kemudian hari.

6 dari 9

6. Konsumsi Obat Steroid

Ilustrasi Obat Steroid
loading

Obat kortikosteroid oral atau suntik, seperti prednisone, glukokortikoid, hidrokortison atau steroid anabolik, dapat digunakan untuk membesarkan otot.

Akan tetapi, penggunaan obat kortikosteroid jangka panjang dapat mengganggu proses pembangunan tulang kembali dan meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

Artikel Lainnya: Apakah Benar Osteoporosis Penyakit Keturunan?

7 dari 9

7. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi Alkohol Berlebihan
loading

Alkohol dapat menahan remodeling tulang dan memperbesar risiko tubuh untuk kehilangan kalsium. Risiko kehilangan kalsium ini terjadi karena tubuh meningkatkan pembuangan urine.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak hingga mabuk, risiko jatuh akan meningkat sehingga memudahkan terjadinya patah tulang

8 dari 9

8. Merokok

Merokok
loading

Zat yang ada di dalam  rokok dapat mengganggu kestabilan tubuh. Zat tersebut, salah satunya nikotin, memiliki efek toksik terhadap sel-sel tulang dengan menghalangi kemampuan tubuh untuk menggunakan estrogen, kalsium, dan vitamin.

Baca Juga

Itu dia delapan kebiasan penyebab tulang keropos. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi

Healthline. Diakses 2021. Osteoporosis

NCBI. Diakses 2021. Osteoporosis

NCBI. Diakses 2021. A comprehensive overview on osteoporosis and its risk factors

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Anita Kurniawati, Sp.OT

Spesialis Bedah Ortopedi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Obat Osteoporosis Bisa Mencegah Kanker, Benarkah?

Info Sehat
28 Jan

Penyebab Spinal Stenosis yang Mesti Anda Waspadai

Info Sehat
05 Jan

Apakah Berenang Bisa Mencegah Osteoporosis?

Info Sehat
27 Des

Rekomendasi Olahraga untuk Melatih Kelincahan

Info Sehat
27 Des

Benarkah Bioglass Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Anda?

Info Sehat
23 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat