Penyebab Keputihan Warna Putih Susu dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah hal yang normal dialami wanita. Namun, waspadai jika keputihan Anda berubah warna menjadi putih susu. Simak penyebab keputihan warna putih susu dan cara mengatasinya.
Penyebab Keputihan Warna Putih Susu dan Cara Mengatasinya

Klikdokter.com, Jakarta Keputihan warna putih susu terkadang dialami oleh wanita. Tidak jarang, kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan kekhawatiran. Sebenarnya, wajarkah keputihan warna putih susu?

Perlu diketahui bahwa keputihan yang normal membantu untuk menjaga kesehatan dinding vagina, memberikan lubrikasi, serta mencegah vagina dari infeksi dan iritasi.

Keputihan normal ini bisa bersifat encer hingga lengket. Warnanya pun bisa bening hingga berwarna putih susu. Maka, keputihan warna putih susu sebenarnya bisa menandakan kondisi normal tanpa didasari masalah kesehatan.

Namun, ketika keputihan warna putih susu dibarengi dengan gejala lain seperti bau dan gatal, itu artinya berbeda. Nyatanya, keputihan warna putih susu juga dapat terjadi dalam kondisi tidak normal atau sedang mengalami penyakit. Oleh sebab itu, kenali berbagai penyebab keputihan warna putih susu dan cara mengatasinya.

1 dari 3

Apa Penyebab Keputihan Warna Putih Susu?

Ilustrasi Keputihan Warna Putih Susu
loading

Perubahan konsistensi keputihan dapat terjadi sepanjang siklus menstruasi. Namun, ketika keputihan dibarengi adanya aroma yang tidak sedap, perubahan konsistensi menjadi berbentuk keju, dan disertai keluhan seperti gatal atau nyeri, maka itu adalah tanda terjadinya gangguan kesehatan.

Untuk memahami berbagai penyebab keputihan warna putih susu, berikut daftar kondisi yang mendasarinya:

1. Ovulasi

Keputihan dapat berubah menjadi lebih mulus dan licin, serta berwarna putih susu mendekati ovulasi (sekitar dua minggu setelah hari pertama menstruasi). Perubahan ini bertujuan untuk memfasilitasi sperma agar mampu mencapai sel telur, hingga pembuahan dapat terjadi.

Artikel lainnya: 5 Penyebab Keputihan pada Wanita

2. Hubungan Seksual

Saat berhubungan seksual atau setelahnya, mungkin Anda dapat melihat munculnya keputihan warna putih susu. Tenang, ini termasuk kondisi normal. Keputihan warna putih susu ini bertujuan untuk lubrikasi atau menjadi pelumas ketika berhubungan seksual.

3. Penggunaan Kontrasepsi

Keputihan warna putih susu juga dapat muncul akibat penggunaan pil kontrasepsi. Pil kontrasepsi dapat merubah status hormonal dalam tubuh, dan berakibat pada perubahan gambaran keputihan.

4. Infeksi Jamur

Keputihan warna putih susu yang berkonsistensi seperti keju menandakan infeksi jamur Candida. Jamur Candida adalah flora normal yang memang dapat ditemukan di dinding vagina. Namun, ketika terjadi perubahan keseimbangan lingkungan vagina, jamur ini justru dapat menyebabkan infeksi.

Gejala lain yang muncul adalah gatal hebat pada vagina serta konsistensi keputihan menjadi seperti keju.

2 dari 3

Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi Pasien Wanita Bertanya Kepada Dokter Tentang Cara Mengatasi Keputihan Warna Putih Susu
loading

Untuk mengatasi keputihan warna putih susu yang menyebabkan ketidaknyamanan, serangkaian cara bisa Anda andalkan. Berikut adalah cara mengatasi keputihan warna putih susu:

  • Sering Berganti Pakaian Dalam

Keputihan warna putih yang susu yang berjumlah banyak dapat menyebabkan peningkatan kelembapan di area kelamin. Ini adalah kondisi yang kurang baik karena justru menambah risiko infeksi jamur. Maka, rutinlah berganti pakaian dalam ketika telah basah akibat keputihan.

Artikel lainnya: Bahaya di Balik Keputihan Menggumpal

  • Menjalankan Kebiasaan Sehat

Area kelamin yang kurang dijaga kesehatannya dapat menyebabkan mudahnya timbul keluhan kesehatan, termasuk keputihan tidak normal.

Maka, menjalankan praktik kebiasaan sehat sangatlah penting. Contohnya: membasuh area kelamin dari depan ke belakang, menghindari pemakaian celana yang terlalu ketat, serta menghindari penggunaan produk berpewangi pada area vagina.

  • Berkonsultasi pada Dokter

Keputihan akibat infeksi Candida maupun bakteri dapat ditangani dengan baik menggunakan obat. Obat keputihan warna putih susu akibat jamur perlu diminum beberapa hari bahkan satu minggu.

Namun, ketika keputihan warna putih susu dibarengi dengan infeksi yang memberat sampai area pinggang, kondisi ini disebut penyakit infeksi panggul (PIP). Pengobatannya bisa membutuhkan waktu lebih lama.

  • Berganti Pilihan Kontrasepsi

Bila keluarnya keputihan sangat mengganggu kenyamanan Anda, ada baiknya bila Anda mempertimbangkan pemilihan kontrasepsi yang berbeda.

Baca Juga

Ternyata, berbagai kondisi dapat mendasari timbulnya keputihan warna putih susu. Kondisi-kondisi tersebut bervariasi, mulai dari kondisi normal hingga tanda adanya penyakit.

Untuk membaca informasi kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Di sini, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam.

[NWS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Timun Bisa Sebabkan Keputihan?

Info Sehat
09 Jun

Awas Keputihan pada Anak! Ini Cara Mencegahnya

Info Sehat
05 Jun

Ibu Hamil Keputihan, Apakah Berbahaya bagi Janin?

Info Sehat
29 Mei

Bahaya di Balik Keputihan Menggumpal

Info Sehat
01 Mei

Keputihan Menggumpal Seperti Keju, Berbahayakah?

Info Sehat
01 Apr

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk