Jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Seksual

Tahukah Anda, vitalitas seksual dan performa di ranjang dapat ditingkatkan melalui olahraga! Simak olahraga yang baik untuk vitalitas seksual di sini.
Jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Seksual

Klikdokter.com, Jakarta Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina saat berhubungan seksual, salah satunya dengan berolahraga. Ya, manfaat olahraga untuk seks telah dibuktikan oleh beberapa studi. Mekanisme hubungan ini dapat dijelaskan dalam beberapa jalur. Pertama, lewat produksi endorfin yang terjadi ketika berolahraga.

Saat berolahraga, tubuh (dalam hal ini otak) mengeluarkan hormon endorfin yang juga dapat merangsang keluarnya hormon seksual. Hormon-hormon ini dapat mengurangi denyut nadi, memperbaiki kerja pencernaan, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi kadar kortisol yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, menurut penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Florida Atlantic University, olahraga bisa meningkatkan sensitivitas tubuh wanita terhadap sentuhan, sedangkan manfaatnya untuk pria dapat memperbaiki fungsi organ seksual.

Tak hanya itu, ada manfaat tak langsung antara olahraga dan peningkatan vitalitas seksual. Pasalnya, seseorang yang berolahraga cenderung memiliki citra atau gambaran tubuh yang baik. Orang yang sering berolahraga pun merasa lebih atraktif. 

Nah, dengan olahraga rutin, maka seseorang dapat memiliki pandangan diri yang positif terhadap fisiknya. Alhasil, ia bisa lebih percaya diri saat merasakan dorongan seksual. Berikut adalah jenis-jenis olahraga yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda:

1 dari 4

1. Olahraga Kardio

Ilustrasi Pasangan sedang Melakukan Olahraga Kardio
loading

Olahraga untuk seks yang pertama adalah olahraga kardio. Sebagai contoh, olahraga kardio adalah bersepeda, berjalan kaki, dan berlari. Olahraga kardio menyebabkan darah di dalam tubuh mengalir lebih lancar. 

Kelancaran aliran darah tersebut otomatis juga terjadi di organ seksual Anda, misalnya menyebabkan proses ereksi yang lebih lancar.

Dalam sebuah studi yang dipublikasi di Pubmed, olahraga dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular wanita yang menyebabkan munculnya kenikmatan, dorongan seksual, dan orgasme.

Artikel Lainnya: Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Performa Seks Anda

2. Olahraga Kekuatan Otot

Salah satu terapi yang baik untuk mengatasi turunnya libido adalah dengan olahraga kekuatan otot. Olahraga jenis ini dapat meningkatkan produksi hormon testosteron yang juga berfungsi sebagai hormon perangsang. 

Latihan kekuatan otot seperti angkat beban juga dapat membuat tampilan tubuh jadi lebih menarik. Lakukan olahraga kekuatan secara rutin setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu, serta imbangi dengan tidur yang cukup.

2 dari 4

3. Yoga

Ilustrasi Pasangan sedang Melakukan Yoga
loading

Cara meningkatkan vitalitas berikutnya adalah dengan olahraga yoga. Yoga merupakan aktivitas yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik, serta postur. 

Memfokuskan pikiran saat melakukan yoga diyakini dapat membantu kehidupan seksual. Selain itu, gerakan yoga bisa membuat tubuh jadi  lebih fleksibel dan berguna saat mencoba melakukan beberapa posisi seks dengan pasangan. 

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Tubuh Bugar dan Vitalitas

4. Senam Kegel

Senam kegel diyakini menjadi pilihan olahraga yang baik untuk meningkatkan performa seksual di ranjang. Sebab, senam kegel pada dasarnya berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot dasar panggul. 

Beberapa studi menyebutkan bahwa senam kegel dapat meningkatkan libido pria maupun wanita. Untuk wanita, senam kegel juga memperkuat otot vagina dan kemungkinan bermanfaat untuk memperoleh orgasme yang lebih hebat.

Dengan melakukan senam kegel, keluhan kesehatan yang berhubungan dengan berkaitan dengan inkontinensia urin (ketidakmampuan menahan buang air kecil) pun dapat mereda.

3 dari 4

5. Renang

loading

Dalam sebuah penelitian dari Harvard, renang yang dilakukan rutin selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu bermanfaat untuk meningkatkan dorongan seksual. 

Bisa dikatakan bahwa renang termasuk sebagai olahraga dengan manfaat lengkap. Selain menjadi olahraga untuk seks, renang dapat meningkatkan ketahanan fisik, membentuk otot, dan melatih fungsi jantung serta pembuluh darah.

Baca Juga

Demikianlah beberapa jenis olahraga untuk untuk meningkatkan vitalitas seksual Anda. Apakah diantaranya terdapat jenis olahraga yang sudah rutin Anda lakukan? Bila belum, hal itu tidak menjadi masalah. Mulailah kebiasaan baik untuk rutin berolahraga. 

Tidak hanya kehidupan seksual Anda yang mendapatkan manfaatnya, melainkan juga kadar kesehatan tubuh Anda secara umum. Untuk tahu informasi atau tips sehat lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Mitos Seputar Malam Pertama yang Keliru dan Menyesatkan

Info Sehat
09 Nov

Alasan Nonton Film Horor Bisa Bikin Anda Terangsang

Info Sehat
07 Nov

Suka Nonton Film Porno Bisa Jadi Tanda Gangguan Narsistik

Info Sehat
06 Nov

Pilihan Senam untuk Sendi Agar Kuat dan Sehat

Info Sehat
05 Nov

Bahaya Ejakulasi di Anus Saat Anal Seks

Info Sehat
04 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk