12 Cara Menghilangkan Bad Mood yang Ampuh, Apa Saja?
searchtext customer service

Berbagai Cara Ampuh untuk Mengusir Bad Mood

Hidup tak selalu happy. Ada kalanya masalah datang dan bikin badmood. Jangan dibiarkan. Cepat atasi dengan berbagai cara mengembalikan mood ini.
Berbagai Cara Ampuh untuk Mengusir Bad Mood

Hidup tak selalu mulus-mulus saja. Ada kalanya Anda merasakan suatu kegagalan, kesulitan, atau masalah yang bikin mood jadi drop.

Suasana hati yang buruk ini sebaiknya tidak diremehkan karena dapat berdampak besar bagi kehidupan, apalagi jika sering terjadi.

Bad mood dapat mengaburkan pikiran jernih. Anda jadi tidak dapat mengambil keputusan tepat, mengurangi produktivitas, bahkan dapat merenggangkan hubungan sosial dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, dan pasangan.

Kalau sudah begini, bagaimana cara mengembalikan mood yang rusak? Berikut berbagai cara agar mood selalu happy.

Artikel Lainnya: Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda

1. Mengakui Apa yang Dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang sangat sulit. Cara yang mudah untuk membantu meredakan suasana hati Anda yang tidak baik adalah dengan mengakui apa yang sedang dirasakan.

Anda bisa mengungkapkan masalah atau sumber kegalauan kepada orang lain, seperti keluarga, pasangan, atau teman.

Jangan denial atau menyangkal perasaan karena hal itu tidak akan memperbaiki suasana hati Anda.

2. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati sejatinya berjalan beriringan. Jika waktu tidur kurang, performa kerja dan cara berpikir akan ikut terpengaruh pada hari berikutnya. Dampaknya, Anda berisiko tinggi mengalami bad mood.

Sebaliknya, tidur yang cukup akan membuat Anda segar dan memiliki good mood. Tidurlah selama 8 - 9 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang.

3. Berolahraga

Berolahraga dapat menjadi cara balikin mood. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat rasa bahagia sehingga ini dapat menangkal suasana hati yang buruk.

Pilih jenis olahraga yang menjadi kesukaan Anda. Lakukanlah secara rutin agar mood terjaga dengan baik.

4. Mendengarkan Musik

Hidup tanpa musik rasanya hampa. Nyalakan atau putar musik yang Anda suka dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk. 

Dengarkanlah lagu-lagu yang memberi Anda semangat untuk membangkitkan mood. Hindari mendengarkan lagu-lagu sedih yang justru dapat membuat Anda jadi lebih bete.

Artikel Lainnya: Manfaat Katarsis, Cara Pelampiasan Emosi untuk Kesehatan Mental

5. Curhat (Mencurahkan Isi Hati)

Cara mengembalikan mood berikutnya adalah dengan bercerita atau curhat kepada siapa pun yang Anda percayai, misalnya keluarga atau sahabat.

Jangan takut untuk menceritakan masalah Anda. Terkadang Anda hanya perlu didengarkan, walaupun orang yang mendengarkan tidak memberikan suatu solusi.

Selain keluarga dan teman, bantuan medis profesional seperti psikolog juga bisa menjadi pilihan untuk Anda mencurahkan isi hati jika bad mood terus berlanjut.

6. Beribadah

Cara menghilangkan bad mood yang sering kali dilupakan adalah beribadah. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan. Berdoa dan berkeluh kesah kepada Tuhan akan membuat Anda merasa lega dan terbebas dari perasaan yang buruk.

7. Ekspresikan Isi Hati

Mengekspresikan isi hati dengan menangis dapat membantu Anda menyalurkan emosi. Jadi, jangan malu untuk menangis jika mengalami masalah yang berat.

Menangis akan membantu Anda melepaskan kegelisahan dalam hati, selama masih dalam batas yang wajar.

Selain menangis, mengekspresikan isi hati ke dalam sebuah karya seperti lukisan, puisi, lagu, dan lainnya juga dapat membantu meredakan bad mood.

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Bangkitkan Mood Anda

8. Kurangi Mengonsumsi Kafein

Mulai mengurangi konsumsi kafein menjadi salah satu cara menghilangkan bad mood. Pasalnya, mengonsumsi kafein secara berlebihan, apalagi pada malam hari, dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Waktu tidur Anda pun berkurang.

Waktu tidur yang kurang cenderung membuat badan menjadi tidak segar di pagi hari.  Hal ini dapat mencetuskan kondisi bad mood karena mengantuk dan kelelahan.

9. Penuhi Nutrisi yang Baik untuk Mood, Seperti Vitamin C

You are what you eat! Makanan yang masuk ke mulut berdampak terhadap cara berpikir dan perasaan Anda. Jadi, pastikan untuk konsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi.

Selain itu, makanan atau yang mengandung vitamin C, seperti Oronamin C, juga baik sebagai mood booster.

Oronamin C adalah satu-satunya minuman vitamin dengan kandungan yang lengkap, yakni vitamin C, vitamin B2, B3, dan B6 harian, serta madu.

Vitamin C baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak cepat sakit, sekaligus antioksidan untuk melawan radikal bebas. Vitamin B bisa membantu proses pembentukan energi.

Sementara madu sebagai bahan alami yang baik untuk membantu imunitas tubuh. Minuman vitamin C yang bagus untuk kesehaan ini dikemas dalam botol berwarna cokelat sehingga kandungan vitamin di dalamnya terjaga dengan baik.

Oronamin C juga tanpa bahan pengawet, pewarna sintetis, dan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.

10. Mengurangi Alkohol

Banyak yang mengira bahwa minum alkohol merupakan cara cepat untuk melepaskan diri dari suasana hati yang buruk. Padahal, justru sebaliknya.

Alkohol justru dapat membuat banyak gejala bad mood Anda terasa jauh lebih buruk. Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga berpotensi menimbulkan perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat berdampak jangka panjang untuk kehidupan Anda.

Artikel Lainnya: Cara Jitu untuk Mengendalikan Emosi Berlebih

11. Tingkatkan Kehidupan Sosial

Ketika sedang bad mood, jangan menyimpan dan memendam perasaan tersebut sendiri. Hal itu justru dapat menjadi “racun” yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Cobalah untuk keluar, berkumpul, berkomunikasi, dan berinteraksi bersama teman. Berdiam diri justru dapat menyebabkan pikiran Anda terdistorsi terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi dan memperburuk suasana hati Anda.

12. Berpikir Optimistis

Berpikir optimistis merupakan salah satu cara untuk mengusir bad mood. Pikirkan sisi baik atau hikmah dari setiap kondisi yang terjadi dalam kehidupan Anda.

Dengan berpikir optimistis, Anda akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan Anda dan meredakan bad mood yang dialami.

Baca Juga

Nah, kini Anda telah mengetahui berbagai cara menghilangkan bad mood. Jangan ketinggalan, minum Oronamin C.

Selain menyehatkan, rasa Oronamin C yang enak dan segar juga bisa bantu kembalikan mood jadi happy, lagi! Selamat mencoba, semoga hari-hari Anda menjadi lebih cerah dan berwarna.

(HNS/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Tengku Sheila Noor Faraza, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Mentari Ilmi Fahmiati Avicenia, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 75.000
avatar

Fitri Dian Hapsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Perilaku Parasosial, Lebih dari Sekadar Kagum Idola

Info Sehat
20 Jan

Ciri Pola Asuh yang Membuat Anak Tertekan

Info Sehat
20 Jan

Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial

Info Sehat
19 Jan

Pengertian dan Cara Self-Healing yang Tepat Menurut Psikolog

Info Sehat
18 Jan

Tanda-Tanda Anda sedang Dimanfaatkan Orang Lain

Info Sehat
18 Jan

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
ENDANG SUPRIADI
10 Bulan Lalu

sy setuju, baik sekali , arahan ini.tanks 👍🤝

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat