Hindari! Ini 4 Bahaya Memakai Make Up saat Olahraga
search

Bahaya Memakai Make Up saat Olahraga

Tak sedikit orang memakai make up atau kosmetik saat berolahraga. Namun awas, ternyata memakai make up saat olahraga berbahaya? Ini penjelasannya.
Bahaya Memakai Make Up saat Olahraga

Klikdokter.com, Jakarta Kesibukan pekerjaan terkadang memaksa Anda untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga. Tak jarang, Anda baru dapat pergi ke gym atau fasilitas olahraga lain usai jam kantor usai. Akhirnya, mau tak mau, Anda masih memakai make up saat olahraga.

Tidak hanya saat bekerja, pulasan kosmetik juga kerap sengaja digunakan saat olahraga agar tetap tampil cantik. Kosmetik juga mungkin digunakan untuk menutupi jerawat yang muncul dan membuat kulit tampak mulus. 

Jika menelusuri sosial media, banyak influencer yang mengunggah foto diri memakai make up saat olahraga. Padahal, hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Belum lagi jika Anda menggunakan beberapa lapis riasan, mulai dari foundation, concealer, sampai bedak.

Penggunaan yang terus-menerus saat berolaharaga dapat merusak kulit dan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. 

Artikel lainnya: Olahraga dengan Wajah Penuh Makeup, Ini Efeknya pada Kulit

Beberapa hal di bawah ini adalah bahaya memakai make up saat olahraga:

1 dari 3

1. Menimbulkan Jerawat dan Komedo

Menimbulkan Jerawat dan Komedo
loading

Kosmetik—terutama bedak dan foundation—bila digunakan maka lapisan yang tercipta dapat bercampur dengan keringat saat olahraga.

Akibatnya, timbul sumbatan yang membuat kulit tidak bisa ‘bernapas’. Sumbatan tersebut sangat berpotensi memicu timbulnya jerawat atau komedo.

2. Mudah Memerah dan Iritasi

Bahaya memakai make up saat olahraga berikutnya adalah menyebabkan kulit rentan merah dan iritasi. Saat berolahraga suhu tubuh akan meningkat. Tubuh akan berusaha mengeluarkan panas tersebut melalui keringat yang keluar lewat pori-pori kulit.

Jika pori-pori tersebut tersumbat, tubuh tidak dapat melepaskan panas dengan baik. Kulit pun menjadi kemerahan bahkan iritasi. 

3. Menimbulkan Milia

Lapisan make up juga dapat membuat terperangkapnya keratin di bawah permukaan kulit. Apabila hal ini terjadi pada daerah dekat kelopak mata, hidung, pipi dapat menyebabkan timbulnya milia. Milia adalah benjolan putih kecil yang cukup mengganggu penampilan.

Artikel lainnya: Ini Tips Make Up untuk Kulit Mudah Berkeringat

2 dari 3

4. Memicu Reaksi Alergi

Memicu Reaksi Alergi Wajah
loading

Produk make up biasanya mengandung pewangi atau pewarna. Ketika berolahraga, produk tersebut akan bercampur dengan bakteri dan keringat sehingga lebih rentan memicu reaksi alergi. 

Memakai make up saat olahraga sangat tidak disarankan. Banyak risikonya untuk kulit Anda. Untuk itu, sebaiknya bersihkan dulu wajah dan anggota tubuh lainnya sebelum berolahraga. 

Hindari juga menggunakan make up jenis bedak atau foundation sebelum atau saat berolahraga. Jika Anda akan berolahraga di luar ruangan, pakailah tabir surya khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk make up jenis lain, seperti maskara, Anda masih bisa menggunakannya. Karena riasan mata ini tidak bersifat menyumbat kulit. Hanya saja, maskara cenderung akan menjadi tidak beraturan akibat terkena keringat saat berolahraga.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan sabun muka setelah berolahraga agar tidak menyumbat pori-pori. Lap wajah Anda dengan handuk yang lembut agar tidak mudah iritasi. Minumlah cukup air untuk menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga

Sayangilah kulit dan tubuh Anda. Gunakan make up ketika Anda tidak sedang beraktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Berolahragalah dengan kulit yang bersih sehingga keringat mudah keluar. Dengan begitu, bukan hanya tubuh yang fit, kulit Anda juga sehat.

Anda masih punya pertanyaan seputar bahaya memakai make up saat olahraga atau kesehatan kulit lainnya? Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Aktivitas Malam Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

Info Sehat
20 Nov

Cara Alami Atasi Kram Otot saat Olahraga

Info Sehat
20 Nov

Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

Info Sehat
19 Nov

Inilah Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kulit Anda

Info Sehat
19 Nov

Saat New Normal, Ini Jenis Olahraga yang Aman Anda Lakukan

Info Sehat
18 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat