9 Tips Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
searchtext customer service

Cara Jitu Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Anak sudah besar tapi masih takut tidur sendiri? Cobalah cara-cara ini untuk mengubah kebiasaan tidurnya.
Cara Jitu Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Memiliki anak yang mandiri adalah dambaan semua orang tua. Salah satu dari contoh sikap yang mandiri adalah berani untuk tidur sendiri tanpa ditemani oleh orang dewasa.

Namun sering kali anak-anak belum mau untuk tidur sendiri hingga usia tertentu. Apa sajakah tips agar anak berani tidur sendiri?

1. Membangun Rutinitas

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai tips agar anak berani tidur sendiri adalah membangun rutinitas dari sebelum tidur hingga mencapai waktu tidur. Rutinitas ini akan membantu anak merasa lebih nyaman dan aman untuk pergi tidur.

Artikel Lainnya: Manfaat Tidur Siang bagi Anak, Apa Saja?

1 dari 4

2. Mandi dengan Air Hangat

Ilustrasi Ibu Mandi dengan Air Hangat
loading

Dengan mandi menggunakan air hangat, menggunakan baju tidur, menyikat gigi, dan membaca cerita sebelum tidur adalah rutinitas yang membuat psikologis anak menjadi siap untuk tidur. Selain itu rutinitas ini menurunkan kekhawatiran mereka akan tidur karena mereka sudah tahu urutan atau langkah-langkah menuju waktu tidur.

3. Kurangi Kehadiran Anda Sebelum Anak Tidur

Cobalah untuk mengurangi kehadiran Anda sebagai orang tua sebelum tidur. Cara yang dapat dilakukan adalah meninggalkan ruang tidur anak sebelum anak tidur sehingga anak tidak tergantung dengan kehadiran orang tua sebelum tidur.

Apabila Anda berada di kamar anak, jangan berbaring di tempat tidur atau berinteraksi di tempat tidur. Namun, mulailah menjauhi tempat tidur anak setiap malam ketika anak mulai jatuh tertidur untuk mengurangi ketergantungan akan kehadiran orang tua.

Ketidakhadiran orang tua atau pikiran adanya monster di bawah tempat tidur dapat membuat anak kesulitan untuk tidur. Cobalah untuk menenangkan ketakutan anak dengan menggunakan objek yang menenangkan.

4. Gunakan Objek atau Benda yang Mereka Sukai

Anda bisa menggunakan objek-objek yang mereka sukai seperti boneka yang bisa dipeluk, selimut, atau mungkin ikan dalam akuarium. Biarkan kehadiran objek ini membantu menenangkan anak. Ini bisa menjadi cara agar anak mulai berani tidur sendiri.

2 dari 4

5. Hilangkan Gangguan dalam Kamar

Hilangkan Gangguan dalam Kamar
loading

Mulai menghilangkan gangguan yang ada di dalam kamar seperti televisi, komputer, atau peralatan elektronik lainnya yang membuat lingkungan kamar menjadi tidak kondusif untuk tidur.

Stimulasi yang berhubungan dengan menonton televisi atau bermain video games dan cahaya dari komputer atau dari layar televisi akan semakin membuat tidur menjadi sulit. Gunakanlah lampu tidur yang redup bila anak membutuhkannya.

Artikel Lainnya: Bunda, Ini Tips agar Anak Mau Tidur Siang 

6. Selalu Tepati Janji Sebelum Anak Tidur

Banyak orang tua yang menidurkan anaknya dan menjanjikan untuk kembali lagi sebentar untuk memeriksa apakah sang anak sudah tertidur. Tepati janji itu namun kembalilah dengan jeda waktu yang lebih panjang. Biasanya sang anak akan tertidur di salah satu jeda waktu ini.

7. Jangan Lupa untuk Memeriksa Kembali Kondisi Anak

Disarankan untuk memeriksa kembali anak setelah 5 hingga 10 menit interval. Apabila Anda kembali sebelum 5 menit, anak mungkin belum tertidur. Namun bila Anda kembali terlalu lama, sang anak dapat menjadi khawatir dan takut. Hal ini nantinya akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

3 dari 4

8. Selalu Temani Anak Kembali ke Kamar Apabila Dia Menghampiri Anda

Selalu Temani Anak Kembali ke Kamar Apabila Dia Menghampiri Anda
loading

Cobalah untuk menjadi konsisten setiap kali anak Anda pergi ke kamar Anda di tengah malam. Temani anak Anda kembali ke kamarnya tanpa banyak berinteraksi. Hanya katakan sang anak untuk tetap berada di tempat tidurnya. Biasanya anak pergi ke kamar Anda setelah anak takut tidur sendiri.

Penting untuk menjadi tegas untuk anak kembali ke tempat tidurnya setiap hal ini terjadi. Apabila Anda tidak melakukan hal ini setiap sang anak pergi ke kamar Anda, anak Anda akan lebih persisten untuk pindah tempat tidur ke kamar Anda.

Apabila anak menolak dan menangis, coba selalu untuk tegas dan memberi pengertian kepadanya.

Artikel Lainnya : Usia Berapa Sebaiknya Anak Belajar Tidur Sendiri?

9. Berikan Hadiah atas Pencapaian Mereka

Setelah sang anak berhasil untuk tidur sendiri, biarkan mereka untuk memilih makanan kesukaan mereka atau pakaian yang ingin mereka gunakan di pagi harinya.

Hal ini akan membantu anak berusaha untuk tidur sendiri karena sudah diberikan hadiah atas perilaku mereka.

Demikianlah beberapa cara atau tips agar anak berani tidur sendiri.

Anda dapat memulai dengan membangun rutinitas, mulai mengurangi kehadiran orang tua, bangunlah rasa aman, hilangkan gangguan yang ada di kamar tidur, mulai dengan perlahan untuk meninggalkan anak di kamarnya, tetap konsisten, dan berikan hadiah apabila sudah berhasil untuk tidur sendiri.

Baca Juga

Bila diperlukan, Anda dapat memodifikasi cara-cara ini agar sesuai dengan keadaan Anda dan anak-anak Anda di rumah karena setiap anak atau orang tua mempunyai karakter masing-masing. Semoga berhasil dengan tips agar anak berani tidur sendiri yang sudah diinformasikan.

Anda juga bisa membaca tips-tips lain terkait pengasuhan anak di aplikasi KlikDokter.

(FY)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Andrew Limantoro, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Belajar Bahasa Isyarat untuk Orangtua dengan Anak Tuli

Info Sehat
13 Des

Panduan Memberikan Camilan pada Anak

Info Sehat
13 Des

Anak Tumbuh Tanpa Sosok Ibu, Ini Dampak Psikologisnya

Info Sehat
10 Des

Kenali Gejala Umum ADHD pada Anak

Info Sehat
10 Des

Ini Persiapan Penting Sebelum Anak Menjalani Vaksinasi MR

Info Sehat
08 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat