15 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Tak Cuma Tahan Kantuk
search

Daftar Manfaat Sehat Minum Kopi Setiap Hari

Kopi mungkin sudah jadi minuman wajib bagi sebagian orang. Apa sebenarnya manfaat kopi bagi kesehatan? Simak manfaat minum kopi di sini.
Daftar Manfaat Sehat Minum Kopi Setiap Hari

Klikdokter.com, Jakarta Sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer. 

Lantas, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat yang bisa Anda dapat ketika minum kopi secara rutin.

1. Hidup Lebih Lama

Beberapa studi menemukan, orang yang minum kopi secara rutin berisiko lebih rendah untuk mengalami kematian akibat beberapa penyakit yang sering ditemukan pada wanita. 

Penyakit tersebut, seperti jantung koroner, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal. Ketika terhindar dari beberapa penyakit tersebut, secara tak langsung Anda juga bisa lebih panjang umur dan hidup lebih lama. 

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Kopi untuk Rambut Sehat

1 dari 5

2. Terhindar dari Diabetes

Terhindar dari Diabetes
loading

Menurut sebuah teori, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap diabetes mellitus tipe 2. 

Manfaat ini sangat penting bagi kesehatan, mengingat diabetes adalah suatu penyakit yang hanya bisa dikendalikan dan tidak dapat disembuhkan total. Untuk dapat terhindar dari risiko diabetes, batasi atau jangan gunakan gula ke dalam campuran kopi Anda.

3. Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Mengonsumsi satu sampai dua gelas kopi per hari dapat mencegah terjadinya gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi jantung melemah dan tidak mampu memompa cukup darah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Kafein di dalam kopi dapat menurunkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit Parkinson. Tak hanya itu, kafein di dalam kopi juga membantu orang dengan penyakit Parkinson mampu mengontrol gerak tubuhnya menjadi lebih baik. 

Artikel Lainnya: Efektivitas Kopi untuk Turunkan Risiko Parkinson

2 dari 5

5. Menyehatkan Organ Hati

Menyehatkan Organ Hati
loading

Kopi biasa maupun kopi decaf (yang sudah dibuang kandungan kafeinnya) memiliki efek protektif yang bisa melindungi organ hati. Orang yang minum kopi rutin ditemukan memiliki kadar enzim hati dalam batas normal dibandingkan dengan orang yang jarang minum kopi.

6. Memiliki DNA yang Lebih Kuat

Kopi dark roast terbukti dapat mengurangi patahnya rantai DNA. Rantai DNA yang rusak ini pada dasarnya terjadi secara alami. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, rantai DNA yang patah atau rusak ini mampu memicu pembentukan kanker atau tumor apabila tidak diperbaiki oleh sel tubuh Anda. 

7. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Satu dari dua puluh tiga wanita berisiko mengidap kanker usus besar. Namun menurut penelitian, minum kopi secara rutin, baik kopi biasa maupun decaf, dapat menurunkan risiko tersebut.

8. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Alzheimer

Manfaat kesehatan minum kopi lainnya adalah menurunkan risiko penyakit Alzheimer. 

Menurut sebuah studi, wanita berusia 65 tahun ke atas yang mengonsumsi 2-3 gelas kopi per hari memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap demensia. Kandungan kafein di dalam dua gelas kopi nyatanya juga mampu memberikan perlindungan dan mencegah Anda dari penyakit Alzheimer.

Artikel Lainnya: Ketahui, Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati Anda

3 dari 5

9. Menurunkan Risiko Stroke

Menurunkan Risiko Stroke
loading

Mengonsumsi satu gelas kopi per hari dapat mengurangi risiko seseorang untuk mengidap stroke. Stroke merupakan penyakit nomor empat yang menyebabkan kematian pada wanita. 

10. Mengurangi Peradangan di Dalam Tubuh

Biji kopi mengandung polifenol, yakni salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi makanan atau minuman mengandung antioksidan dapat mengurangi peradangan yang memicu beberapa penyakit, seperti sindrom metabolik, diabetes, dan obesitas.

Artikel Lainnya: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

11. Memicu Rasa Bahagia

Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi kopi berhubungan dengan hadirnya emosi positif, termasuk kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang, dan kebahagiaan. Ditemukan pula bahwa tidak ada emosi negatif yang berhubungan dengan konsumsi kopi. 

Bahkan, menurut studi dari Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan, mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko depresi, lho.

12. Meningkatkan Efektivitas dalam Berolahraga

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan performa Anda saat berolahraga. 

Sebab kafein punya manfaat baik untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, kebugaran, kekuatan, dan mengurangi rasa nyeri. Dengan manfaat tersebut, olahraga yang Anda lakukan juga menjadi lebih efektif. 

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Sehat dari Minum Kopi ala Italia

4 dari 5

13. Tidak Membuat Dehidrasi Bila Dikonsumsi Rutin

Tidak Membuat Dehidrasi Bila Dikonsumsi Rutin
loading

Kopi merupakan minuman yang memiliki sifat diuretik, yakni mempercepat laju pengeluaran urine dari dalam tubuh. Saat mengonsumsi kafein, termasuk kopi, umumnya Anda akan buang air kecil lebih sering. Karena efek tersebut, beberapa orang khawatir bila minum kopi bisa menyebabkan dehidrasi. 

Kendati begitu, menurut penelitian kopi tidak akan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara rutin dan konsisten. Tubuh juga akan beradaptasi dengan efek diuretik tersebut setelah Anda mengonsumsi kopi rutin selama 4 hari berturut-turut.

14. Kopi Decaf Masih Mengandung Antioksidan 

Kopi decaf yang kadar kafeinnya sudah dibuang masih mampu memberikan perlindungan tubuh dari penyakit kronis. Sebab, di dalam kopi decaf masih terkandung antioksidan. 

Jadi, apabila Anda tidak ingin terjaga namun tetap mendapatkan manfaat antioksidan untuk tubuh, kopi decaf menjadi alternatif yang menguntungkan.

15. Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Minum kopi punya manfaat untuk mencegah penurunan fungsi kognitif yang memengaruhi kemampuan dalam berpikir. Kopi berkafein juga bisa meningkatkan kewaspadaan Anda serta mampu memperbaiki ingatan dalam  waktu 24 jam setelah dikonsumsi. 

Itu dia manfaat kopi untuk kesehatan. Jangan lupa untuk membatasi asupan kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lantas, berapa banyak kopi dan kafein yang boleh dikonsumsi dalam sehari? Batas maksimal asupan kafein adalah 400 miligram atau 3-5 cangkir kopi per hari.

Baca Juga

Hindari pula menambahkan gula dan krim ke dalam kopi karena berisiko menimbulkan kondisi kesehatan lain.  

Cobalah alternatif campuran kopi, seperti ekstrak vanili, cardamom, kayu manis, atau bubuk kakao. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Afina Faza

Konsultasi Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Kopi Bisa Atasi Asam Urat, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
25 Mar

Kafein pada Kopi Bisa Cegah Kanker Kulit?

Info Sehat
09 Mar

Daftar Minuman Penghilang Rasa Ngantuk yang Efektif Selain Kopi

Info Sehat
26 Feb

Kopi Decaf, Benarkah Lebih Aman untuk Kesehatan?

Info Sehat
23 Feb

Minum Kopi Bisa Meningkatkan Libido, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
14 Feb

REAKSI ANDA

6 KOMENTAR

Avatar
Aku Saja
7 Bulan Lalu

Mhin pencerahan tentang sering minum kopi rutin memicu terjadinya asam lambung dan ambeien??? Trimaksih dok

Avatar
Nadya Puteri
2 Tahun Lalu

kalau minum kopi tiap hari sebelum mkn ..apakah menimbulkn penykit dok

Avatar
Henry Ernawan
3 Tahun Lalu

kayanye cuman kopi hitam tanpa gula......kalo pake gula malah diabetes

Avatar
Adin Harbin
4 Tahun Lalu

Saya juga mau bertanya nich, apakah semua jenis kopi yang beredar di pasaran mempnyai manfaat seperti di atas?

Avatar
Joyo Sumarto
4 Tahun Lalu

Srupuuut......glek...glek....glek.........

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat