Si Kakak Cemburu pada Adik? Ini Cara Menghadapinya

Persaingan antara kakak adik sangat umum terjadi. Biasanya hal ini dipicu karena kecemburuan kakak terhadap adiknya. Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua?
Si Kakak Cemburu pada Adik? Ini Cara Menghadapinya

Klikdokter.com, Jakarta Rasa cemburu pada hubungan kakak-adik merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini disebut sebagai sibling rivalry atau persaingan kakak-adik. Sering kali rasa cemburu timbul pada si kakak yang memiliki adik baru lahir, karena seluruh perhatian orang tuanya teralihkan ke si adik.

Sibling rivalry kerap menimbulkan perselisihan antar anak. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk tahu cara mengatasi kakak yang cemburu pada adiknya. Berikut penjelasannya.

1. Hindari Membandingkan Anak

“Tuh, lihat adik kamu anteng. Kamu dari tadi lari-lari ke sana kemari.” Kalimat-kalimat seperti ini harus dihindari oleh orang tua. Mungkin Anda tidak bermaksud buruk, tetapi membandingkan perilaku dan sifat bisa menyebabkan anak merasa Anda pilih kasih.

1 dari 6

2. Bila Anak Bertengkar, Jangan Membela Salah Satu

Bila Anak Bertengkar, Jangan Membela Salah Satu
loading

Sekalipun Anda dapat mengidentifikasi siapa yang melakukan kesalahan dan siapa yang menjadi korban, usahakan untuk tidak membela salah satunya. Nasihatilah kedua belah pihak agar mereka dapat mengerti bahwa bertengkar bukan hal yang baik dilakukan, terlepas dari siapa pun yang memulai.

3. Jangan Memaksa untuk Minta Maaf

Sering kali orang tua memaksa sang kakak untuk mengalah dan meminta maaf untuk mengatasi suatu pertengkaran, meskipun tidak melakukan kesalahan. Sebaiknya hal ini dihindari karena malah mendorong anak untuk berbohong dan merasa orang tuanya pilih kasih.

Artikel Lainnya: Dulu Akur Sekarang Tidak, Ini Penyebab Saudara Bertengkar saat Dewasa

2 dari 6

4. Berikan Waktu Sendiri

Ilustrasi Berikan Waktu Sendiri
loading

Meskipun biasanya Anda mengajak kedua anak main bersamaan, namun Anda perlu memberikan waktu untuk masing-masing anak bermain dan menjelajah rasa keingintahuannya sendiri. Selain itu, berikan juga ruang bagi anak-anak yang masih tidur sekamar, misalnya meja belajar atau tempat bermain sendiri.

5. Hindari Memberikan Privasi Berlebihan

Memberikan waktu sendiri itu penting sebagai privasi, namun jika berlebihan tentunya akan memengaruhi mental anak. Sebagai contoh, memberikan televisi, komputer, atau gawai masing-masing di dalam kamar akan menyebabkan anak tidak bersosialisasi.

3 dari 6

6. Dorong Anak Memiliki Teman Sendiri

Anak Memiliki Teman Sendiri
loading

Salah satu cara untuk mengatasi cemburu kakak pada adik adalah mendorongnya untuk memiliki teman-teman sebelum adiknya lahir. Dengan begitu, perhatiannya akan teralihkan dengan bermain bersama teman-temannya.

7. Menghormati Barang Milik Masing-Masing Anak

Rasa kepemilikan suatu barang dan keengganan untuk berbagi mainan menjadi salah satu penyebab terjadinya perselisihan akibat rasa cemburu. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya berbagi, sekaligus pentingnya meminta izin jika ingin meminjam barang. 

Artikel Lainnya: Kiat Bantu Anak Lebih Tua Beradaptasi dengan Adiknya

4 dari 6

8. Melatih Rasa Empati

Ilustrasi Melatih Rasa Empati pada Anak
loading

Rasa empati sudah bisa dilatih sejak dini. Berikan pengertian bahwa adiknya merupakan keluarga yang juga butuh kasih sayang dari Anda sebagai orang tua.

Selain itu, latih anak Anda untuk mengenali perasaannya dan kemampuan untuk menyampaikan pendapat dengan melemparkan pertanyaan seperti, “Bagaimana perasaanmu ketika bermain dengan adik?” dan sebagainya.

9. Beri Pujian Ketika Rukun

Jangan selalu ngomel ketika anak Anda bertengkar karena hal itu wajar terjadi. Namun,  hal yang sering kali dilupakan adalah memberikan pujian ketika mereka sedang rukun dan bermain bersama.

5 dari 6

10. Meluangkan Waktu Bersama

Orang Tua Meluangkan Waktu Bersama Keluarga
loading

Kehadiran Anda sebagai orang tua lebih penting dari materi yang Anda berikan untuk anak. Luangkan waktu untuk bercerita dengan masing-masing anak tentang bagaimana harinya. Menyediakan waktu kumpul bersama keluarga juga bisa menjadi pilihan.

Sebenarnya, rasa cemburu yang muncul pada kondisi sibling rivalry ini adalah sesuatu yang alami, karena termasuk dalam tahap untuk mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Peran Anda sebagai orang tualah yang penting, agar kemudian rasa cemburu ini tidak berlanjut apalagi sampai melibatkan perilaku agresif.

Baca Juga

Pada dasarnya, mengatasi kakak yang cemburu pada adiknya adalah dengan bersikap adil dan bijaksana. Maka dari itu, cara menghilangkan cemburu tersebut harus melibatkan orang tua, di mana Anda berperan aktif dan konsisten dalam menangani kondisi tersebut.

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan menarik lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Agar Anak Tidak ‘Kuper’ Selama Sekolah di Rumah

Info Sehat
12 Sep

Anak Sehat Selama di Rumah, Ibu Harus Siapkan Perlengkapan Medis Ini!

Info Sehat
11 Sep

Jelang Musim Pancaroba, Awas Berbagai Penyakit Ini Mengintai Anak

Info Sehat
11 Sep

Kata Anjay, Benarkah Dapat Berdampak pada Psikis Anak?

Info Sehat
01 Sep

Bunda, Ketahui Bahaya Saat Balita Gigit Mainan Plastik!

Info Sehat
30 Agt

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk