3 Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah - Info Sehat Klikdokter.com
search

3 Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah

Gusi berdarah sering dianggap remeh. Padahal, 3 penyakit berbahaya ini bisa jadi biang keladinya.
3 Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda kerap mengalami gusi berdarah setiap kali menyikat gigi? Jangan disepelekan. Pasalnya, gusi berdarah bisa jadi pertanda adanya penyakit berbahaya, lho!Inilah 3 penyakit berbahaya di balik gusi berdarah:

  1. HemofiliaIni adalah penyakit kelainan pembekuan darah, yang merupakan penyakit keturunan. Meski jarang, hemophilia bisa terjadi akibat kerusakan kromosom X dalam tubuh.Pada penderita hemophilia, darah tidak dapat membeku dengan normal. Meski hanya terluka sedikit atau mengalami trauma, risiko perdarahan cukup tinggi.Selain itu, penderita hemofilia juga umumnya mengalami perdarahan dalam. Kondisi ini dapat merusak persendian, organ dan jaringan lunak.
  2. Penyakit von WillebrandIni adalah suatu kelainan yang diturunkan, dimana terjadi kekurangan faktor von Willebrand dalam darah. Faktor von Willebrand itu sendiri merupakan protein yang membantu bekuan darah.Penyakit ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Derajat keparahan penyakit ini tergolong lebih lebih ringan daripada hemofilia.Untuk mengurangi tingkat keparahan, hindari penggunaan obat-obatan yang dapat memperparah perdarahan. Misalnya: aspirin dan ibuprofen.
  3. LeukemiaIni merupakan penyakit ganas yang menyerang jaringan pembentukan sel darah. Akibatnya terjadi penggantian sumsum tulang oleh sel abnormal (selleukemik).Penderita leukemia umumnya mengalami perdarahan tiba-tiba pada beberapa area tubuh. Bagian yang sering mengalaminya antara lain kulit, mata, hidung, gusi dan saluran pencernaan.

Karena itu penting bagi Anda untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Lakuka setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga

Dengan demikian Anda dapat mendeteksi lebih awal lewat pemeriksaan rutin. Begitu juga saat Anda mengalami gusi berdarah. Bila terkontrol dengan baik, tentu Anda tetap dapat menjalani hidup normal dan aktif.

(NB/ RH)

 

ARTIKEL TERKAIT

9 Jenis Masalah Gigi dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
13 Jun

Cegah Karies Gigi pada Anak dengan Teh Hijau

Info Sehat
02 Jun

Apakah Ibu Hamil Boleh Cabut Gigi?

Info Sehat
29 Mei

Inilah Tanda-Tanda Gigi Bungsu Perlu Dicabut

Info Sehat
12 Apr

Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Info Sehat
29 Jan

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
Jamali Muhtar M
4 Tahun Lalu

penyebabnya bisa dari 3 maslah tersebut di atas, mungkin penulis terlalu berhati-hati tanpa melihat probability penyebab gusi berdarah selain maslah di atas. kejadian yang sering dan itu tdk berbahaya seperti 3 masalah adalah karena infeksi bakteri (gingivitis) dan itu mudah mengatasinya.

Avatar
Hijriah
5 Tahun Lalu

mksh infonya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat