12 Jenis Perawatan Gigi yang Tak Boleh Anda Lewatkan
search

Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

Mau gigi sehat terus dan tak bermasalah sampai tua? Jangan lewatkan jenis perawatan gigi di bawah ini!
Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

Kebersihan mulut yang baik diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Tanpa perawatan gigi yang tepat, timbulnya masalah pada gigi maupun gusi dapat menyebabkan rasa sakit sehingga akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Mulut merupakan ‘gerbang kesehatan’. Jadi, dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, otomatis Anda dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sampai saat ini, masih banyak saja yang menganggap bahwa perawatan gigi hanya sebatas menyikat gigi. Padahal tak hanya itu. Ada macam-macam perawatan gigi yang tak boleh Anda lewatkan, seperti:

 

1 dari 5

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat Gigi Secara Teratur
loading

Menyikat gigi secara teratur merupakan cara merawat gigi yang paling sederhana. Kebiasaan ini dapat membantu Anda mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Ini berguna untuk menghilangkan plak dan bakteri yang menempel di permukaan gigi.

Namun, menyikat gigi hanya efektif jika dilakukan dengan teknik yang benar dan tepat. Lakukanlah kegiatan ini dua kali sehari selama dua menit pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Perawatan gigi boleh saja Anda jalani. Namun, ingatlah bahwa perawatan gigi yang baik juga termasuk memilih produk pasta gigi yang tepat.

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride di dalamnya. Kandungan ini berfungsi untuk memperkuat gigi serta membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi.

Artikel Lainnya: Perawatan Mulut yang Bisa Ditangani oleh Dokter Gigi Umum

3. Flossing atau Membersihkan Sela-Sela Gigi

Bila Anda sudah rajin sikat gigi, rasanya kurang lengkap kalau Anda tidak rajin flossing. Membersihkan sela gigi atau yang dikenal dengan flossing dapat menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Flossing juga dapat membantu mencegah bau mulut dengan menghilangkan kotoran dan makanan yang terperangkap di antara gigi.

2 dari 5

4. Menyikat Permukaan Lidah

Menyikat Permukaan Lidah
loading

Selain menyikat gigi, lidah juga perlu dibersihkan secara rutin. Sebab, permukaan lidah bagian belakang merupakan area yang sangat lembap sehingga bakteri banyak bersarang di bagian tersebut. Sisa makanan pun sering menumpuk pada lidah.

Maka dari itu, membersihkan permukaan lidah termasuk perawatan gigi dan mulut yang tidak boleh dilewatkan.

Bersihkan lidah setelah menyikat gigi dengan sikat khusus lidah. Lakukanlah secara perlahan dari bagian belakang ke arah depan.

Bila Anda gampang muntah, sebaiknya tahan napas kurang lebih 10-15 detik sambil menyikat permukaan lidah.

5. Menggunakan Obat Kumur

Berkumur dengan obat kumur memang tidak dapat menggantikan aktivitas menyikat gigi dan flossing. Namun, berkumur dengan obat kumur yang mengandung klorheksidin dapat membantu mengendalikan plak dan radang gusi.

Selain itu, obat kumur juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Jadi, perawatan gigi dan mulut yang satu ini tak boleh sampai Anda lewatkan.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Sesuai Usia Kehamilan

6. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan atau ketika bulu sikat gigi sudah rusak juga dianjurkan.

Bulu sikat yang sudah mekar dan rusak tidak efektif untuk membersihkan gigi serta dapat merusak lapisan pelindung gigi serta gusi.

Selain itu, jika baru sembuh dari sakit flu atau batuk, Anda disarankan untuk mengganti sikat gigi supaya tidak tertular penyakit dari sikat gigi Anda sendiri.

3 dari 5

7. Simpan Sikat Gigi di Tempat yang Benar

Simpan Sikat Gigi di Tempat yang Benar
loading

Selalu bilas sikat gigi Anda dengan air setelah menyikat gigi. Simpan sikat gigi dalam posisi tegak dan biarkan mengering hingga digunakan kembali.

Selain itu, usahakan untuk memisahkannya dari sikat gigi lain dalam wadah yang sama untuk mencegah kontaminasi silang.

Hindari menutup sikat gigi dengan waktu yang lama atau menyimpannya dalam wadah tertutup. Hal ini justru dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

8. Batasi Makanan dan Minuman Manis

Cara ini tak kalah penting untuk merawat gigi tetap sehat. Batasilah makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula. Sebab, konsumsi makanan dan minuman ini dapat menyebabkan gigi berlubang.

Gigi berlubang terjadi ketika bakteri penyebab pembusukan bersentuhan dengan gula dan pati dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bakteri tersebut menghasilkan asam yang menyerang lapisan permukaan gigi.

Tak hanya itu, kondisi tersebut dapat diperparah ketika pembersihan gigi tidak dilakukan secara tepat dan teratur.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

9. Perbanyak Air Putih dan Konsumsi Makanan Sehat

Minum air putih setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dapat membantu membersihkan sisa-sisa gula yang menempel. Selain itu, perbanyak pula konsumsi makanan bergizi dan seimbang serta buah yang mengandung banyak air.

Buah yang memiliki cukup banyak kandungan air bagus untuk kesehatan gigi. Dengan mengonsumsinya, produksi air liur akan semakin meningkat sehingga mampu menetralkan asam di rongga mulut. Hal ini juga dapat berguna untuk mencegah gigi berlubang.

4 dari 5

10. Kontrol ke Dokter Gigi Secara Rutin

Kontrol ke Dokter Gigi Secara Rutin
loading

Perawatan gigi yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah kontrol rutin ke dokter gigi. Kunjungan sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali. Ini merupakan langkah penting untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan radang gusi.

Dokter gigi akan memeriksa tanda-tanda visual dari gigi berlubang, penyakit gusi, kanker mulut, dan masalah kesehatan mulut lainnya. Rontgen gigi juga kerap kali dilakukan untuk memeriksa gigi berlubang.

11. Membersihkan Karang Gigi

Perawatan gigi yang satu ini bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi. Karang gigi sendiri berasal dari penumpukan plak yang dibiarkan tanpa perawatan sampai mengeras.

Pembersihan karang gigi ini menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler yang akan menghasilkan getaran.

Getaran tersebut mampu menghancurkan karang gigi di sela-sela hingga bagian terdalam gusi atau pada garis gusi yang sulit terjangkau dengan sikat gigi.

12. Lakukan Perawatan Pit dan Fissure Sealant 

Pit dan fissure sealant adalah jenis perawatan gigi dengan melapisi permukaan gigi bagian dalam yang masih dalam kondisi sehat.

Perawatan ini merupakan cara yang aman dan berguna untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan.

Baca Juga

Itulah daftar perawatan gigi yang tak boleh Anda lewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan merawat gigi secara teratur, sejumlah masalah gigi dapat terhindarkan sehingga membuat gigi bersih dan sehat.

Punya pertanyaan seputar cara merawat gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut? Gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi kepada dokter gigi.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Habis Scaling Gigi Jadi Renggang, Apa Penyebabnya?

Info Sehat
16 Nov

Serba-Serbi Pasang Diamond Gigi

Info Sehat
09 Nov

Dampak dan Cara Mengatasi Kondisi Rahang Bawah Maju (Cakil)

Info Sehat
16 Agt

Perlu Tahu, Ini Cara Mengatasi Gigi Bercelah

Info Sehat
19 Apr

Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Info Sehat
25 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat