5 Penyakit Ini Bikin Urine Berbau Menyengat - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

5 Penyakit Ini Bikin Urine Berbau Menyengat

Bau menyengat pada urine bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang serius. Apa sajakah itu?
5 Penyakit Ini Bikin Urine Berbau Menyengat

Klikdokter.com, Jakarta Saat ada yang tidak beres, tubuh akan memberikan sinyal pada Anda. Ada banyak sinyal yang bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan. Salah satunya dari bau menyengat pada urine Anda.

Air merupakan komponen utama pada urine. Jumlah dan konsentrasi produk/ zat buangan dari ginjal dapat menyebabkan bau khas pada urine.

Urine yang mengandung banyak air dan produk atau zat buangan sedikit, tidak berbau. Namun jika urine pekat (kadar produk/ zat buangan tinggi dengan sedikit air), urine dapat menimbulkan bau amonia yang kuat.

Artikel Lainnya : Urine, Beda Warna Beda Pula Artinya

Sebenarnya, beberapa makanan dan obat-obatan seperti asparagus, antibiotik, vitamin juga dapat menyebabkan urine berbau, bahkan dalam konsentrasi yang rendah. Terkadang, bau urine yang khas dan menyengat dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu.

Penyakit yang ditandai dengan bau urine menyengat di antaranya:

1. Batu saluran kemih

Adanya batu di saluran kemih dapat menyebabkan timbulnya bau amonia yang menyengat pada urine. Biasanya, disertai juga dengan gejala lain seperti nyeri saat berkemih atau adanya darah di urine.

2. Infeksi saluran kemih

Sama seperti batu di saluran kemih, infeksi di saluran kemih juga bisa menyebabkan adanya bau menyengat dan bau busuk pada urine. Gejala lain yang menyertai antara lain urine menjadi keruh, adanya darah di urine, nyeri saat buang air kecil, atau perasaan tidak tuntas saat buang air kecil.

3. Ketoasidosis diabetes (KAD)

KAD merupakan salah satu komplikasi yang berbahaya pada penderita diabetes. Pada KAD, tubuh tidak mampu menggunakan gula darah sebagai sumber energi karena tidak ada insulin yang cukup. Tubuh kemudian akan memecah lemak dan membentuk produk yang disebut keton. Oleh karena itu urine penderita KAD akan berbau keton (seperti bau aseton pembersih kuku atau bau buah – buahan).

4. Fistula di kandung kemih

Fistula merupakan adanya lubang yang menghubungkan antara kandung kemih dengan saluran pencernaan (normalnya tidak ada). Akibatnya isi dari usus bisa masuk ke dalam kandung kemih. Hal ini menyebabkan urine menjadi berbau busuk.

5. Maple syrup urine disease

Kondisi ini disebabkan oleh faktor genetis dimana tubuh tidak dapat memecah asam amino tertentu. Urine penderita akan tercium beraoma berbau manis. 

Baca Juga

Jadi jika terjadi perubahan warna, bau, frekuensi dan nyeri pada buang air kecil ada urine Anda segeralah berkonsultasi lebih lanjut ke dokter. Dengan demikian penyebabnya dapat diketahu dan Anda akan mendapat penanganan yang tepat.

(DA/ RH)

ARTIKEL TERKAIT

Penderita Diabetes Sering Beser, Apa yang Salah?

Info Sehat
29 Mar

Bagaimana Cara Mengatasi Kencing Berbusa?

Info Sehat
02 Jan

Perubahan Warna Urine Cerminkan Suatu Penyakit

Info Sehat
16 Des

Keluar Urine Saat Batuk? Ini Penyebabnya

Info Sehat
14 Des

Urine, Beda Warna Beda Pula Artinya

Info Sehat
28 Okt

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
Nonny Tryana
5 Tahun Lalu

dok anak saya umur 3thn.. kadang-kadang kencingnya bau gak seperti biasanya dok. knpa ya dok. apa karna bawaan masih kecil. makasih

Avatar
Ombule Rahmanniawan
5 Tahun Lalu

Informasi ini sangat berguna bagi saya. Terimakasih.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat