Tak Sekadar Enak, Makanan Kekinian Ini Juga Aman bagi Kesehatan

Dengan meningkatnya kesadaran gaya hidup sehat, tren makanan sehat kekinian pun mulai digemari. Apa saja? Berikut macam-macam jajanan hits sehat nan lezat.
Tak Sekadar Enak, Makanan Kekinian Ini Juga Aman bagi Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Dunia kuliner selalu berkembang dari masa ke masa. Ada saja restoran dan bisnis makanan baru yang menyajikan sajian unik. Terlebih di era digital kini, Anda bisa dengan mudah memesan makanan kekinian secara online. Sayangnya, agak sulit mencari makanan kekinian yang sehat.

Tak jarang, terdapat kandungan gula dan kadar garam yang tinggi di dalamnya. Belum lagi kalau makanan digoreng dengan minyak ala kadarnya.

Nah, demi kebaikan diri Anda, pilihlah makanan sehat kekinian. Beberapa makanan hits yang sehat itu adalah:

1 dari 8

1. Overnight Oats

Overnight Oats
loading

Oatmeal tidak harus kelihatan polos dan membosankan. Ada cara nikmat lain untuk mengonsumsinya, yakni dengan overnight oats.

Overnight oats adalah istilah untuk oatmeal yang dibuat pada malam hari dan didiamkan semalaman di kulkas. Proses ini membuatnya lebih lembut saat disantap keesokan pagi atau siang.

Bahan-bahan utama overnight oats terdiri atas oats dan susu atau yogurt. Bisa juga ditambahkan biji chia, buah-buahan, sirup, cokelat, dan sebagainya. Jika ingin lebih sehat, pilihlah sirup bebas gula dan dark chocolate.

Makanan kekinian yang sehat ini banyak dijajakan di Instagram sebagai menu sarapan yang praktis, sehat, dan mengenyangkan. Biasanya disajikan dalam toples kaca berukuran kecil agar dapat dibawa ke mana-mana.

2 dari 8

2. Chia Seed

Chia Seed
loading

Chia seed atau biji Chia adalah jenis makanan super (superfood) yang baru-baru ini meraih kepopuleran. Bagaimana tidak, kandungan gizi yang berada di dalamnya cukup lengkap.

Di dalam chia seed terkandung antioksidan, serat, protein, asam lemak omega-3, kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat berperan untuk memerangi radikal bebas yang setiap hari dihadapi oleh tubuh. Maka, chia seed bisa membantu melawan penuaan dini.

Makanan sehat kekinian yang satu ini cukup ditaburkan di atas makanan Anda. Chia seed menjadi pelengkap sumber gizi yang sangat baik.

3 dari 8

3. Nutritional Yeast

Nutritional Yeast
loading

Nutritional yeast, atau ragi nutrisi, juga merupakan pelengkap menu di sajian sehat yang hits saat ini. Ragi ini tidak digunakan layaknya ragi pengembang roti, melainkan cukup ditaburkan di atas makanan sehat Anda.

Setengah ons ragi nutrisi mengandung 60 kalori, sangat sedikit lemak, dan mengandung 7-9 gram protein serta 4-11 gram karbohidrat. Kabar baiknya, nutritional yeast tidak mengandung kolesterol.

Namun, 2 sendok makan nutritional yeast menyuplai mineral kalium sebanyak pisang berukuran kecil. Kemudian kandungan besi dan zink di dalamnya juga tinggi. Nah, kandungan istimewa ragi nutrisi ada pada tingginya kadar vitamin B.

Nutritional yeast bisa digunakan untuk melengkapi berbagai macam makanan, seperti sup, saus celupan, kaldu, dan lain-lain.

Banyak orang yang menyukai sensasi rasa mirip keju yang ada pada nutritional yeast. Tentunya, dengan kandungan lemak yang jauh lebih sedikit.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

4 dari 8

4. Salad Bowl

Salad Bowl
loading

Makanan unik dan sehat berikutnya adalah salad bowl atau mangkuk berisi kombinasi sayuran dan buah-buahan. Mungkin banyak yang berpikir bahwa sayur dan buah saja kurang sedap.

Jangan salah! Makanan sehat kekinian ini juga dilengkapi dengan saus lezat yang akan menambah selera. Contohnya adalah saus wijen, yang juga memberikan efek positif terhadap kesehatan.

Sedikit taburan potongan daging sapi atau ayam panggang juga akan melengkapi kebutuhan protein dan lemak tubuh Anda.

5 dari 8

5. Salad Roll

Salad Roll (Foto: Liputan6)
loading

Ini adalah makanan kekinian sehat yang bersifat grab, and go! Tanpa perlu menghidangkannya dalam mangkuk, bentuk salad ini mudah dipegang dan kemudian bisa langsung dibawa.

Kombinasi berbagai sayuran akan “dibungkus” dalam sebuah kulit tortilla ala meksiko. Kulit tortilla dapat menjadi tambahan sumber karbohidrat sebagai pemberi energi.

Sumber lemak dan protein bisa diperoleh dari saus tambahan serta potongan daging di dalamnya.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

6 dari 8

6. Granola Bowl

Granola Bowl
loading

Menu makanan kekinian berikutnya adalah semangkuk granola! Granola kini cukup populer dijadikan menu sarapan.

Satu mangkuk granola berisi oat yang dipipihkan (rolled oat), kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan sedikit madu.

Tidak jarang, minyak sayur juga menjadi salah satu kombinasinya. Kemudian, campuran tersebut dipanggang selama 10-15 menit.

Granola adalah sumber protein dan serat yang sangat baik. Salah satunya adalah beta-glucan, yakni suatu serat penurun kolesterol yang berasal dari oat.

Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat banyak, terutama kadar zat besi. Rasanya sangat lezat dan unik.

Namun, granola yang dijual di pusat perbelanjaan sering kali tinggi kalori karena tambahan gula, yang berasal dari sirup maple, sirup jagung, dan lain-lain. Oleh sebab itu, membuat mangkuk granola sendiri di rumah jauh lebih sehat.

7 dari 8

7. Olahan Keju

Aneka Jenis Keju
loading

Kini semua orang sedang demam keju! Bagaimana tidak, hampir setiap makanan yang tersaji di restoran-restoran pasti dilapisi keju. Mulai dari mi, piza, hingga martabak. Keju dapat melengkapi kecukupan gizi makanan tersebut.

Bagi pecinta keju, ada fakta menarik tentang pelengkap makanan unik dan sehat yang satu ini. Studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, pemakan keju memiliki total kolesterol yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi mentega.

Ini diduga karena keju mengandung kalsium yang cukup tinggi. Meski begitu, konsumsinya tetap harus seimbang dan jangan berlebihan. Jika terlalu banyak malah bisa membuat timbangan naik dan kolesterol melonjak.

Baca Juga

Makanan-makanan kekinian tersebut tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Anda pun tak perlu khawatir diet gagal atau kadar kolesterol naik. Jadi, Anda ingin makan apa hari ini?

Dapatkan informasi terbaru seputar kesehatan dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

Info Sehat
26 Mei

Yuk, Pahami Istilah pada Label Makanan Sehat

Info Sehat
20 Mei

Makanan Penangkal Radikal Bebas yang Kaya Antioksidan

Info Sehat
15 Mei

Camilan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Info Sehat
29 Apr

Lebih Sehat, Ini Cara Mudah Membuat Daging Vegetarian!

Info Sehat
28 Feb

1 KOMENTAR

Avatar
L Syam
20 Hari Lalu

salam 10 jari ku ucapkan berjuta terimakasih pd dr DIAH yg cantik&baik hati salam

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk