Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

Setiap wanita, bisa mengalami haid tidak teratur, terkadang disatu sisi terlihat normal, namun disisi lainnya terdapat beberapa penyebab haid tidak teratur yang perlu diwaspadai. Berikut penjelasan medisnya:
Penyebab Haid Tidak Teratur

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita memiliki siklus haid yang bervariasi. Sebagian bisa saja selalu haid tepat waktu, sedangkan beberapa yang lain mengalami haid tidak teratur atau sulit diprediksi.

Haid tidak teratur ada banyak ragamnya. Baik itu haid datang terlambat atau terlalu cepat, berlangsung terlalu lama atau terlalu singkat, hingga pendarahan saat haid lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya.

Normalnya, siklus haid rata-rata berkisar antara 21–35 hari dengan lama perdarahan 2–8 hari. Secara umum, siklus haid menjadi tidak teratur bila terjadi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Berikut adalah penyebab haid tidak teratur:

1 dari 12

Perubahan Hormon

Ilustrasi Perubahan Hormon pada Wanita
loading

Pada tahun-tahun awal menstruasi atau saat pubertas dan mendekati menopause, ketidakseimbangan hormon umum terjadi. Siklus haid bisa memanjang atau memendek. Darah haid yang keluar pun bisa sedikit atau banyak. Tapi ini bukan hal yang perlu Anda cemaskan. 

Stres kronis atau bahkan hanya kegelisahan jangka pendek dapat mendatangkan masalah pada keseimbangan hormon di tubuh Anda. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan siklus menstruasi Anda tidak teratur.

Artikel Lainnya: Arti Warna Darah Haid

2 dari 12

Penggunaan Kontrasepsi

Ilustrasi Pil Kontrasepsi
loading

Kontrasepsi hormonal baik dalam bentuk pil, suntikan, dan implan dapat mengganggu siklus haid. Misalnya, timbul flek di antara dua periode haid. Sedangkan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau yang kerap disebut spiral tidak mengganggu siklus haid. Tapi perdarahan bisa menjadi lebih banyak atau menimbulkan nyeri saat haid.

3 dari 12

Gaya Hidup

Ilustrasi Gejala Bulimia pada Perempuan
loading

Faktor-faktor terkait gaya hidup seperti kekurangan atau kelebihan berat badan secara drastis, olahraga yang berlebihan, dan stres juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan menyebabkan haid tidak teratur. Begitu pun dengan wanita yang memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia.

Artikel Lainnya: Bau Darah Haid Berbeda dengan Darah Biasa, Ini Sebabnya

4 dari 12

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Ilustrasi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
loading

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) Adalah sebuah kondisi dimana terdapat kista di ovarium yang mengganggu proses ovulasi saat haid. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

5 dari 12

Amenorrhea

Ilustrasi Amenorrhea pada Wanita
loading

Amenorrhea merupakan salah satu gangguan reproduksi pada wanita. Gejalanya ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi pada suatu periode atau masa menstruasi.Amenorrhea terdiri dari dua jenis, yaitu primer dan sekunder.

Amenorea primer merupakan keadaan tidak terjadinya menstruasi pada wanita berusia 16 tahun. Amenorea primer terjadi pada 0.1– 2.5% wanita usia reproduksi. Sedangkan Amenorea sekunder.

Pada amenorea tipe ini, menstruasi tidak terjadi selama 3 siklus. Bahkan pada kasus oligomenorea (salah satu jenis amenorea sekunder), jumlah darah menstruasi hanya sedikit.

Artikel Lainnya: Pola Makan Sehat yang Sehat dan Tepat Ketika Haid

6 dari 12

Kanker Rahim

Ilustrasi Kanker Rahim
loading

Gejala kanker rahim pada stadium awal salah satunya bisa ditandai dengan terhambatnya siklus menstruasi. Hal yang perlu ditegaskan, gejala stadium awal kanker rahim buka cuma ditandai dengan telat datang bulan saja.

Ada banyak faktor lain seperti mual, tubuh mudah lelah, berat badan menurun, hingga nyeri saat berkemih atau berhubungan seksual.

7 dari 12

Penyakit Kronis

Ilustrasi Diabetes pada Wanita
loading

Penyakit kronis seperti diabetes juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja alasannya jelas, gula darah yang tidak stabil dapat memengaruhi perubahan hormon. Nah, kondisi inilah yang bisa membuat menstruasi jadi tidak teratur atau terlambat.

Artikel Lainnya: Waspadai Penyakit Dibalik Nyeri Haid Tidak Normal (Dismenorea Sekunder)

8 dari 12

Kista

Ilustrasi Kista Ovarium
loading

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau terlambat juga bisa disebabkan oleh kista ovarium. Sebagian besar kista ovarium terbentuk karena adanya pengaruh hormon siklus haid bulanan. Tumor jinak ini bisa menimbulkan gejala lainnya, seperti rasa nyeri yang berlebihan pada menstruasi.

9 dari 12

Obesitas

Obesitas pada Wanita
loading

Selain itu dapat pula disebabkan oleh kegemukan. Pada wanita gemuk, jumlah lemak dalam tubuhnya akan lebih besar daripada wanita tidak gemuk, dan lemak inilah yang akan digunakan untuk membentuk hormon reproduksi tersebut.  Sehingga secara tidak langsung kegemukan akan berpengaruh terhadap pola siklus haid.

Artikel Lainnya: Kegiatan Positif dan Menyehatkan Saat Haid

10 dari 12

Gangguan Hormon Tiroid

Ilustrasi Wanita Gangguan Hormon Tiroid
loading

Meski jarang terjadi, kelebihan atau kekurangan hormon tiroid yang bertanggung jawab terhadap metabolisme tubuh dapat membuat haid tidak teratur. Namun demikian, wanita yang mengalami gangguan haid perlu melakukan pemeriksaan tiroid.

11 dari 12

Tanda Bahaya Haid Tidak Teratur

loading

Karena itu, penting untuk mencatat siklus haid Anda secara rutin, agar dapat mengetahui pola haid yang normal. Konsultasikan dengan dokter bila siklus haid berubah disertai tanda-tanda sebagai berikut:

  • Tidak haid selama lebih dari tiga bulan dan Anda tidak hamil.
  • Haid menjadi tidak teratur setelah sekian lama teratur.
  • Perdarahan haid lebih dari tujuh hari.
  • Darah haid lebih banyak dari biasanya yang ditandai dengan mengganti pembalut setiap 1–2 jam sekali.
  • Siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  • Terjadi perdarahan di antara dua siklus haid.
  • Mengalami nyeri perut bawah yang sangat hebat selama haid.
Baca Juga

Biasanya, haid yang tidak teratur dapat diatasi dengan kontrasepsi oral atau pil KB. Namun demikian, tidak semua wanita cocok dengan terapi tersebut. Langkah pertama untuk mengatasi haid yang tidak teratur adalah mencari penyebab utamanya. Dengan demikian, penanganannya akan lebih terarah dan tepat sasaran.

[BA/ RH]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Arti Warna Darah Haid Anda

Info Sehat
27 Mei

Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid?

Info Sehat
22 Mei

Mitos dan Fakta Soal Haid yang Harus Anda Tahu

Info Sehat
18 Mei

Cek Kondisi Kesehatan Lewat Warna Darah Menstruasi

Info Sehat
30 Apr

Benarkah Ekstrak Kayu Manis Bisa Atasi PCOS?

Info Sehat
17 Apr

2 KOMENTAR

Avatar
hadi
1 Tahun Lalu

keksih saya dok haid nya sekali keluar sudah itu tidak keluar keluar lagi dan skrng prut nya serasa mules dan keram di perut bagian bawah seperti mau haid tapi tidak mau keluar juga,, apa penyebab nya dok mhon info nya dok

Avatar
Armansyahsinglewoles Slh
2 Tahun Lalu

dok. maaf sebelumnya. saya punya pasanagn dan dia haidnya tidak teratur dok.. pada bulan juni dia pernah haid tpi ntah tanggal berapa.. dan sekrang bulan juni juga haidnya terlambat dok. kami berhubungan in....m tapi saya tidak melepasknnya di dalam dok.. kejadiannya pas dia 2 hari ingin haid tapi tidak keluar haid pas tanggal 28nya dok haimya tidak ada

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk