search

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan Kulit

Selain baik bagi kesehatan, minyak ikan juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Apa saja manfaat minyak ikan untuk kulit? Simak di sini.
Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Secara sederhana, fish oil dapat diartikan sebagai minyak yang berasal dari ikan laut seperti ikan kembung, salmon, dan juga tuna. Selain dimakan secara langsung, banyak orang mengonsumsi minyak ikan yang sudah dikemas dalam bentuk suplemen.

Tak heran, khasiat minyak ikan sudah termasyur bagi kesehatan jantung, otak, dan juga reproduksi. Akan tetapi, lebih dari itu, ada juga manfaat minyak ikan untuk kulit!

Minyak ikan disebut-sebut bisa bikin kulit mulus karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Namun demikian, untuk merasakan manfaat di atas, minyak ikan harus dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Pasalnya, menurut penelitian di American Academy of Dermatology, konsumsi minyak ikan berlebih bisa sebabkan nyeri perut dan diare. Minyak ini juga harus dikonsumsi secara oral, daripada dioleskan ke kulit. Nah, supaya lebih jelas, berikut beberapa manfaat minyak ikan untuk kulit: 

1 dari 3

1. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari
loading

Omega-3 dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari UVA maupun UVB. Penelitian menunjukkan, kandungan omega-3, DHA, dan EPA dalam fish oil dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar UV. 

Artikel lainnya: 5 Manfaat Melon untuk Kulit

Bahkan, menurut sebuah studi, responden yang mengoleskan minyak ikan dengan EPA dan DHA ke kulit setelah terpapar UVB, 25 persen lebih sedikit alami kemerahan.

Omega-3 juga dipercaya dapat mengurangi gejala fotosensitivitas terhadap paparan sinar matahari. 

2. Membantu Mencegah dan Mengatasi Jerawat 

Manfaat minyak ikan untuk kulit berikutnya adalah mencegah dan mengatasi jerawat. Lagi-lagi, hal tersebut karena kandungan tinggi omega-3.

Beberapa penelitian melaporkan penurunan lesi jerawat saat mendapat nutrisi omega-3, baik sendiri maupun bersama nutrisi lain. 

Suplemen Omega-3 juga tampaknya mengurangi efek samping isotretinoin, obat jerawat yang parah atau resisten.

3. Memberikan Perlindungan dari Kulit Kering dan Iritasi 

Omega-3 dapat melembapkan kulit, melawan kulit merah, kulit kering, atau gatal akibat kondisi, seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi pelindung kulit, meningkatkan kelembapan, serta mencegah iritasi. 

Artikel lainnya: Ini 7 Manfaat Timun untuk Kulit Anda

Asupan tinggi omega-3 juga dikaitkan dengan penurunan risiko dermatitis atopik pada bayi dan perbaikan gejala psoriasis pada orang dewasa. Meskipun begitu, masih banyak diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosisnya yang tepat.

2 dari 3

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mempercepat Penyembuhan Luka
loading

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa Omega-3 yang diberikan secara intravena maupun dioles dapat mempercepat penyembuhan luka. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

5. Menurunkan risiko Kanker Kulit 

Sebuah penelitian tentang diet Mediterania yang kaya akan omega-3 ternyata menunjukkan khasiat mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan.

Terdapat studi lain yang dilakukan oleh Universitas Manchester pada 2013 soal ini. Studi tersebut menunjukkan omega-3 adalah nutrisi potensial untuk melindungi diri dari kanker kulit

6. Mengurangi Efek Penuaan Dini 

Asam lemak yang terkandung dalam minyak ikan dapat mengurangi efek penuaan dini akibat sinar matahari. Penuaan dini tersebut dapat berupa kerutan, bercak hitam, dan sebagainya.

Tertarik mendapatkan manfaat minyak ikan untuk kulit cantik di atas? Tentu boleh-boleh saja. Anda dapat mengonsumsi dua porsi ikan per minggu untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup.

Baca Juga

Ingatlah untuk makan dalam porsi yang wajar agar efek samping minyak ikan berlebihan tidak Anda alami.

Jika ingin berkonsultasi terkait tips menjaga kesehatan kulit dan nutrisinya, chat saja dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam.

[HNS/JKT]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Monalisa Manik, M.Ked, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hari Darmawan, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Mudah dan Efektif Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Info Sehat
03 Feb

Perawatan Kulit Ideal Pasca-Melahirkan

Info Sehat
29 Jan

Kiat Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

Info Sehat
28 Jan

Pentingnya Rangkaian Perawatan Wajah Antibakteri Setelah Pakai Masker Seharian

Info Sehat
21 Jan

Tips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

Info Sehat
20 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat