Selain Susu, Jus Jeruk Juga Baik untuk Tulang

Studi mengatakan bahwa jus jeruk bermanfaat untuk kekuatan dan kepadatan tulang.
Selain Susu, Jus Jeruk Juga Baik untuk Tulang

Klikdokter.com, Jakarta Manfaat jus jeruk bagi kesehatan sudah teruji sejak lama. Namun, tak banyak yang tahu bahwa kandungan vitamin C dalam jus jeruk juga baik untuk tulang.

Ya, selama ini mungkin Anda lebih familier dengan sumber vitamin C sebagai peningkat daya tahan tubuh dan pencerah kulit.

Ternyata, studi terkini yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research menemukan bahwa vitamin C yang bisa diperoleh dari jus jeruk juga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

1 dari 3

Benarkah Vitamin C Bagus untuk Tulang?

Ilustrasi Vitamin C
loading

Pada suatu riset yang dilakukan pada seribu wanita postmenopause yang mengonsumsi vitamin C secara teratur, didapatkan bahwa mereka mengonsumsi vitamin C secara rutin memiliki kepadatan tulang 3 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata kadar vitamin C yang cukup dapat menstimulasi produksi sel-sel pembentuk tulang. Sedangkan pada orang yang kekurangan vitamin C, sel-sel ini tidak terlalu banyak diproduksi sehingga tulang menjadi cenderung lebih rapuh dan mudah mengalami patah atau fraktur.

Meski demikian, pembentukan kepadatan tulang ini tak hanya dipengaruhi oleh asupan vitamin C, tetapi juga vitamin D dan kalsium. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda dapat berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul 10 pagi. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari pengeroposan tulang.

Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi vitamin C harian pada pria dan wanita dewasa (lebih dari 18 tahun) sebanyak 75 mg per hari. Sementara itu, wanita hamil 85 mg per hari dan ibu menyusui 120 mg per hari.

Artikel Lainnya: 7 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Tulang Anda

2 dari 3

Selain untuk Tulang, Apa Manfaat Lain dari Jus Jeruk?

Jus Jeruk
loading

Berikut adalah manfaat jus jeruk yang lainnya untuk kesehatan:

1. Bermanfaat bagi Perokok

Perokok diketahui memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak perokok. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat memberikan efek antiperadangan dan menangkal radikal bebas akibat zat buangan dari rokok.

Jika Anda perokok, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sekitar 35 mg per hari lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Segelas jus jeruk memiliki kandungan vitamin C sebanyak 124 mg, yang berarti sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda.

Artikel Lainnya: Bukan Bulir ataupun Airnya, Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

2. Sumber Vitamin D

Beberapa jenis jus jeruk ternyata ada yang sudah difortifikasi atau diperkaya dengan vitamin D. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang tidak dapat mencerna susu atau memiliki intoleransi terhadap laktosa. Bahkan, beberapa jus jeruk ada yang mengandung hingga 1.000 IU vitamin D.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Siapa sangka, rutin mengonsumsi jus jeruk segar juga bisa membuat Anda lebih cerdas?

Suatu penelitian di Eropa mengatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jus jeruk murni setidaknya 240 mL sebanyak dua hari sekali memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik, jika dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi jeruk.

Artikel Lainnya: Suplemen Vitamin D Tidak Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang?

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Otak

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi minuman yang kaya flavonoid selama delapan minggu dapat meningkatkan peredaran darah ke otak.

Efek dari meningkatnya sirkulasi darah ke otak adalah dapat menambah kemampuan kognitif dan juga fokus Anda.

Baca Juga

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme vitamin C dalam membuat tulang kuat dan mengurangi risiko patah tulang. Walau begitu, tak ada salahnya bagi Anda untuk rutin minum jus jeruk dari sekarang.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat jus jeruk, bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter kami. Gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Inilah Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Anda

Info Sehat
13 Apr

Apakah Kebiasaan Tertentu Bisa Jadi Penyebab Skoliosis?

Info Sehat
12 Des

Konsumsi Susu Bisa Lawan Osteoporosis, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
11 Des

8 Makanan untuk Menjaga Tulang Kuat

Info Sehat
11 Des

Kurang Tidur Berbahaya bagi Kesehatan Tulang Wanita Lansia?

Info Sehat
23 Nov

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk