Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Benarkah?
searchtext customer service

Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Apa Benar?

Kerang memang enak dan kaya manfaat. Bahkan katanya, makanan ini bisa menjadi penambah vitalitas pria dan libido wanita. Benarkah?
Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Apa Benar?

Klikdokter.com, Jakarta Kerang laut, kerang dara, dan berbagai jenis kerang lainnya sering disebut sebagai makanan pembangkit gairah seks atau aphrodisiac. Diambil dari nama Aphrodite, dewi cinta dari Yunani, makanan ini disebut-sebut dapat memicu perasaan cinta dan kasih.

Apakah medis sepakat dengan anggapan tersebut? Benarkah manfaat kerang laut bisa menambah vitalitas pria dan libido wanita? Yu, simak faktanya di sini.

Kandungan Kerang Laut yang Tingkatkan Gairah

Kandungan Kerang Laut yang Tingkatkan Gairah

Kerang laut mengandung banyak protein. Selain itu, jenis seafood ini juga mengandung zinc dan zat besi. Keduanya berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Menurut penelitian yang dipublikasikan Journal of Reproduction & Infertility, zinc juga penting dalam membantu produksi hormon testosteron, pembentukan sperma pada pria, dan menjaga libido pria. 

Karenanya, manfaat kerang untuk pria sering dikaitkan sebagai makanan penunjang gairah seks. Selain bermanfaat bagi pria, khasiat kerang laut juga diyakini bisa menjaga libido wanita.

Berdasarkan jurnal Food Nutrition & Science, kerang termasuk makanan aphrodisiac karena bentuknya menyerupai organ seksual manusia. Begitu pula aroma dan teksturnya. 

Kombinasi bentuk, aroma, dan khasiat kerang laut memperkuat citra seafood ini sebagai makanan pembangkit gairah seks.

Kendati demikian, pada era sekarang, pengertian makanan aphrodisiac sebagai peningkat gairah seks sudah bergeser. Makanan pembangkit gairah seks terbaik sebenarnya adalah makanan yang menyehatkan sekaligus dapat menghangatkan suasana ketika kamu menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai.

Meski memiliki kandungan yang terbukti dapat meningkatkan gairah seks, dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai manfaat kerang. Soalnya, hingga saat ini belum ada penelitian langsung yang menggunakan kerang untuk tingkatkan gairah.

Artikel Lainnya: Benarkah Makan Fresh Oyster Berbahaya untuk Kesehatan?

Cara Konsumsi Kerang Laut untuk Tingkatkan Gairah

Cara Konsumsi Kerang Laut untuk Tingkatkan Gairah

Jika kamu ingin memperoleh manfaat kerang untuk meningkatkan libido, sebaiknya ketahui dulu batas aman mengonsumsi kerang.

Soalnya, kerang hidup di perairan dalam. Makhluk laut ini juga menyedot segalanya untuk bisa bertahan hidup sehingga rentan terkontaminasi zat-zat berbahaya, seperti merkuri, timbal, tembaga, dan cadmium. Sederet zat ini bisa membuat kamu keracunan ketika kerang dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, Food and Drug Administration membatasi jumlah konsumsi kerang sebanyak 2-3 porsi per minggu. Satu porsi kerang setara dengan satu telapak tangan orang dewasa.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria 

Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan batas aman konsumsi kerang hijau maksimal sebanyak 1 kg per pekan. 

Kamu juga tidak boleh mengonsumsi kerang mentah karena berpotensi terkontaminasi berbagai jenis bakteri berbahaya bagi manusia. 

Belum lagi jika cara penyimpanan dan pengolahan kerang keliru. Cara penyimpanan kerang yang tidak tepat bisa membuat bakteri di dalamnya berkembang biak lebih banyak sehingga bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia.

Oleh sebab itu, konsumsilah kerang yang sudah matang, ya! 

Baca Juga

Berdasarkan kandungannya, manfaat kerang laut bagi pria dan wanita bisa meningkatkan gairah seks. Meski begitu, kamu tidak perlu mengonsumsi lusinan kerang untuk menambah libido. 

Soalnya, gairah seksual bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari hubungan personal dengan pasangan, mood, bentuk tubuh, dan lainnya.

Apabila kamu memiliki masalah hasrat seksual, terutama yang berlangsung lama, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi lebih mudah bisa dilakukan melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter

Kamu juga bisa memperoleh informasi seputar cara meningkatkan gairah seks yang aman dengan download aplikasi KlikDokter, solusi terpercaya untuk #JagaSehatmu.

(ADT/JKT)

Referensi:

Journal of Reproduction & Infertility. Diakses 2022. Zinc is an essential element for male fertility: A review of Zn roles in men’s health, germination, sperm quality, and fertilization.

FDA. Diakses 2022. Advice about eating fish. 

FDA. Diakses 2022. The danger of eating contaminated raw oysters. 

Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. Diakses 2022. Kontaminasi Logam Berat (HG, PB, dan CD) dan Batas Aman Konsumsi Kerang Hijau (Perna viridis) dari Perairan Teluk Jakarta di Musim Penghujan.

ARTIKEL TERKAIT

Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat Saat Haid

Info Sehat
21 Des

Pengaruh Hormon Testosteron pada Gairah Seks Wanita

Info Sehat
27 Agt

Penyebab Wanita Lansia Enggan Berhubungan Intim

Info Sehat
06 Apr

Bawang Bombai, Herbal untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Info Sehat
21 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat