Awas, Pakai Sepatu Hak Tinggi Picu Nyeri Sendi!
search

Nyeri Sendi Akibat Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Sebagian besar kaum wanita gemar mengenakan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilannya. Namun, hal itu bisa berujung pada keluhan nyeri sendi.
Nyeri Sendi Akibat Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda pengguna sepatu hak tinggi atau high heels? Ketahuilah, penelitian terkini mengungkapkan bahwa hampir sepertiga wanita mengalami masalah permanen nyeri sendi akibat penggunaan sepatu hak tinggi. 

Berdasarkan studi eksperimental, wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi memang terlihat lebih menarik bagi kaum laki-laki. Belum lagi adanya tren dari dunia fesyen yang membuat penggunaan sepatu ini semakin digemari. Sayangnya, penggunaan sepatu hak tinggi berkaitan dengan sejumlah gangguan kesehatan.

Sebelum Anda memutuskan untuk rutin menggunakan sepatu hak tinggi, perdalam dulu pengetahuan Anda terkait nyeri sendi dan keluhan kesehatan lain yang bisa diakibatkannya.

1 dari 3

Bahaya Jika Nyeri Sendi Diabaikan

Bahaya Jika Nyeri Sendi Diabaikan
loading

Sepatu hak tinggi memang bisa menunjang penampilan Anda. Sayangnya, peningkatan frekuensi pemakaian sepatu hak tinggi akan sejalan dengan peningkatan angka kejadian nyeri sendi, terutama pada lutut dan pergelangan kaki.

Efek memakai sepatu hak tinggi lainnya yang bisa terjadi adalah pengapuran sendi lutut, nyeri pinggang bawah, tulang ibu jari menonjol (hallux valgus), dan keseleo.

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Sendi yang Paling Umum dan Sering Terjadi

Apa penyebab nyeri sendi tersebut? Secara teori, menggunakan sepatu hak tinggi saat berjalan dapat meningkatkan lekukan lutut. Akibatnya, beban yang diterima sendi lutut menjadi berlebihan. Aktivitas berlebihan oleh sendi lutut ini yang menimbulkan rasa nyeri.

Beban yang berlebihan ini juga lama kelamaan dapat merusak bantalan sendi lutut. Apabila terjadi terus-menerus, bantalan tersebut dapat menjadi semakin tipis dan akhirnya mengenai tulang. Kerusakan pada bantalan dan tulang inilah yang dinamakan osteoartritis

Kondisi ini akan semakin memberat ketika Anda memilih hak yang relatif cukup tinggi. Semakin tinggi sepatu hak yang digunakan, semakin besar pula tekanan yang diberikan kepada tulang dan persendian. Hal ini akan menimbulkan nyeri sendi lebih cepat.

2 dari 3

Tips Pakai Sepatu Hak Tinggi Agar Tak Nyeri Sendi

Tips Pakai Sepatu Hak Tinggi Agar Tak Nyeri Sendi
loading

Bila tidak bisa menghindari pemakaian sepatu hak tinggi, maka Anda harus siap dengan rutinitas untuk menjaga kesehatan sendi dan otot kaki Anda. Kombinasi antara peregangan dan latihan kekuatan otot kaki dapat menurunkan risiko Anda mengalami efek samping memakai sepatu hak tinggi. 

Berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan efek memakai sepatu hak tinggi terhadap sendi:

1. Latihan Peregangan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan otot bawah kaki. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan alat yang sederhana, misalnya handuk.
  • Dalam keadaan duduk dan kaki diluruskan, gunakan handuk untuk menarik telapak kaki ke arah Anda.
  • Tahan posisi ini selama 30 detik.

Anda bisa melakukan peregangan ini di waktu luang, misalnya ketika Anda pulang bekerja atau selesai beraktivitas. Ada baiknya juga untuk melakukannya di sela-sela waktu istirahat bekerja.

Artikel Lainnya: Membedakan Nyeri Sendi Akibat Asam Urat dengan Rematik

2. Latihan Kekuatan

Selanjutnya, Anda bisa melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot besar yang ada di kaki dan pergelangan kaki. Bila tidak berkesempatan melatihnya di pusat olahraga, Anda bisa menggunakan sebuah pita elastis. 

Dalam keadaan duduk di lantai, gunakan pita elastis untuk memberikan tahanan saat pergelangan kaki membuat gerakan mendorong.

3. Melatih Otot Kecil di Kaki

Pencegahan nyeri sendi akibat pemakaian sepatu hak tinggi bisa dilakukan dengan melatih otot kecil kaki. Anda dapat menaruh benda kecil di lantai, kemudian menggunakan jempol kaki untuk mengambilnya. 

Area jari-jari kaki juga ‘dipaksa’ mengambil posisi yang tidak natural ketika menggunakan sepatu hak tinggi. Maka, jangan lupa untuk melatih kelenturan dan kekuatannya. 

Artikel Lainnya: Awas, Anak Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

4. Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi. Anda bisa melakukannya dengan berdiri dengan satu kaki dan mempertahankan posisi tersebut selama 30 detik. Untuk menambah kesulitan, lakukan juga dengan mata tertutup atau di tempat yang tidak rata.

5. Pilih Sepatu dengan Hak yang Tidak Terlampau Tinggi

Ketahuilah, sepatu dengan hak diatas 5-7 cm lebih berisiko menyebabkan nyeri dan cedera kaki dibandingkan dengan sepatu hak di bawah 5 cm. Karenanya, upayakan untuk memilih sepatu dengan hak yang tidak terlampau tinggi untuk mencegah nyeri sendi.

6. Batasi Durasi Penggunaan Sepatu Hak Tinggi

Belum ada konsensus seputar batasan waktu yang dianjurkan dalam penggunaan hak tinggi. Namun, mengingat risiko semakin membesar seiring dengan lama pemakaian, maka pastikan Anda memperhatikan hal tersebut. 

Semakin singkat durasi pemakaian hak tinggi, maka hal itu semakin baik untuk kesehatan otot dan sendi tubuh Anda.

Baca Juga

Menggunakan sepatu hak tinggi memang bisa menunjang penampilan dan membuat rasa percaya diri Anda meningkat. Namun, jangan lupa bahwa pemakaian sepatu hak tinggi yang berlebihan bisa menyebabkan nyeri sendi dan gangguan kesehatan lainnya. 

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam. Gratis!

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Jessica Wirjosoenjoto

Dokter Umum
wallet
Rp. 10.000
avatar

dr. Mhd Ridho Fahrezi

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Seledri Bisa Mengatasi Nyeri Sendi, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
06 Jan

Lidah Buaya, si Hijau untuk Atasi Nyeri Sendi

Info Sehat
09 Sep

Hati-hati, Demam Berdarah Tak Hanya Menyerang di Musim Hujan

Info Sehat
08 Sep

Makanan dan Minuman yang Bantu Jaga Kesehatan Sendi

Info Sehat
16 Jun

Benarkah Mandi Malam Bikin Rematik? Ini Faktanya

Info Sehat
20 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat