Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa?

Tubuh sejatinya membutuhkan kolesterol, namun dengan kadar yang sesuai. Berikut kadar kolesterol yang normal untuk orang dewasa.
Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa?

Tubuh sesungguhnya membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, angka kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke

Untuk itu, skrining secara rutin sangat dibutuhkan guna mengetahui apakah kadar kolesterol normal atau tinggi. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet menemukan bahwa kadar kolesterol non-HDL yang tinggi erat kaitannya dengan peningkatan risiko jantung dan stroke.

Begitu juga sebaliknya, apabila kadar kolesterol non-HDL menurun, maka risikonya kecil untuk terkena penyakit jantung dan stroke.  

Artikel Lainnya: 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

1 dari 4

Kadar Kolesterol Normal di Usia Dewasa

Kadar Kolesterol Normal di Usia Dewasa
loading

Pada tahun 2018, Journal of the American College of Cardiology (JACC) menyebutkan kadar kolesterol dalam darah pada orang dewasa. Satuan nilainya dalam mg/dl (milligram per desiliter) dan berdasarkan ukuran saat puasa.

Secara garis besar, kadar kolesterol normal orang dewasa adalah kurang dari 200 mg per desiliter (mg/dl). Total kolesterol di atas 200-239 mg/dl adalah batas tinggi.

Sementara itu, untuk kadar kolesterol LDL sebaiknya kurang dari 100 mg/dL. Kadar sebesar 100 hingga 129 mg/dL pada LDL mungkin akan lebih memberikan risiko pada orang dengan penyakit jantung.

Angka 130-159 mg/dL adalah batas tinggi dan 160-189 mg/dL termasuk dalam kategori tinggi. Di atas 190 mg/dL termasuk kategori sangat tinggi.

Kadar HDL atau kolesterol baik pun harus dijaga, yaitu sebaiknya di atas 60 mg/dl. Periksakan kolesterol Anda secara lengkap yang meliputi kadar HDL, LDL dan kolesterol total.

2 dari 4

Ketahui Kadar Kolesterol dengan Kontrol Rutin

Ketahui Kadar Kolesterol dengan Kontrol Rutin
loading

Menurut Prof. Barbara Thorand dari Pusat Penelitian Kesehatan Lingkungan Jerman di Neuerburg, semakin lama paparan terhadap kolesterol jahat di dalam darah akan menentukan tingginya risiko terkena jantung dan stroke.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu melakukan kontrol rutin terhadap kadar kolesterol. 

The American Heart Association merekomendasikan setiap orang dewasa untuk melakukan pengecekkan kolesterol rutin setiap 4–6 tahun, dimulai dari usia 20 tahun.

Seiring dengan bertambahnya usia, angka kolesterol akan cenderung meningkat. Pemeriksaan kolesterol diawali dengan berpuasa selama 9–12 jam terlebih dahulu.

Anda dianjurkan untuk skrining lebih rutin bila merokok, memiliki tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol HDL yang rendah. 

Artikel Lainnya: Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Alami

Di samping itu, skrining lebih rutin juga dianjurkan apabila memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga (ayah atau saudara laki-laki sebelum usia 55 tahun, ibu atau saudara perempuan sebelum usia 65 tahun).

Perlu diketahui pula bahwa pria lebih berisiko tinggi dibandingkan wanita. Namun, risiko menderita kolesterol tinggi pada wanita bisa tinggi ketika sudah memasuki masa menopause.

3 dari 4

Tips Menjaga Kadar Kolesterol

Tips Menjaga Kadar Kolesterol
loading

Menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Lakukan beberapa tips di bawah ini: 

  • Makan Makanan Rendah Kolesterol 

Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada gorengan, daging merah, dan produk susu full cream. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol LDL. 

  • Pilih Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL. Sebaliknya, asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah. Contoh makanan yang dapat Anda coba adalah salmon, ikan herring, dan kenari. 

Artikel Lainnya: Ini Penyebab Usia Muda Kena Kolesterol Tinggi

  • Konsumsi Makanan Tinggi Serat 

Serat yang memberikan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah adalah serat larut. Serat larut dapat ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, apel, pir, kacang merah. 

  • Berolahraga secara Rutin 

Olahraga yang rutin dilakukan dapat bermanfaat meningkatkan kadar HDL. Lakukan setidaknya 20-30 menit latihan aerobik intensitas sedang sebanyak tiga kali seminggu. Aktivitas fisik juga sangat membantu menurunkan berat badan. 

  • Hindari Merokok dan Alkohol 

Dengan tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol, Anda dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh. 

Baca Juga

Mulailah sedini mungkin gaya hidup yang sehat agar Anda merasakan manfaatnya di hari tua, termasuk dalam mencegah kolesterol tinggi. 

Jika memiliki pertanyaan seputar kolesterol, Anda bisa bertanya melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

(PUT/AYU)

Referensi: Healthline. Diakses 2021. Everything You Need to Know About High Cholesterol.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Hastarita Lawrenti

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Rekomendasi Makanan Tinggi Protein untuk Ibu Hamil

Info Sehat
22 Des

Berbagai Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

Info Sehat
21 Des

Cairan Sperma Mengandung Banyak Kalori dan Protein, Benarkah?

Info Sehat
21 Des

Mengenal Natrium Bikarbonat, Obat Asidosis Metabolik

Info Sehat
19 Des

Menyingkap Manfaat Rumput Gandum untuk Ibu Hamil

Info Sehat
18 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat