Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa?

Tubuh sejatinya membutuhkan kolesterol, namun dengan kadar yang sesuai. Berikut kadar kolesterol yang normal untuk orang dewasa.
Berapa Kadar Kolesterol Normal Orang Dewasa?

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh sesungguhnya membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, angka kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke

Untuk itu, skrining secara rutin sangat dibutuhkan guna mengetahui apakah kadar kolesterol normal atau tinggi. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet menemukan bahwa kadar kolesterol non-HDL yang tinggi erat kaitannya dengan peningkatan risiko jantung dan stroke. Begitu juga sebaliknya, apabila kadar kolesterol non-HDL menurun, maka risikonya kecil untuk terkena penyakit jantung dan stroke.  

1 dari 4

Kadar Kolesterol pada Orang Dewasa

Kadar Kolesterol pada Orang Dewasa
loading

Berikut adalah kadar kolesterol dalam darah pada orang dewasa, menurut pedoman tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology (JACC).

Satuan nilai dalam mg/dl (milligram per desiliter) dan berdasarkan ukuran saat puasa.

 

Kolesterol Total 

HDL 

LDL

Trigliserida

Baik 

< 200

(Semakin rendah semakin baik)

>60

Pria: >40

wanita: >50

 

<150

atau idealnya <100

Ambang Batas

200-339

 

130-159

150-199

Tinggi 

>= 240

 

>160

>= 200

Rendah 

-

<40

-

-

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

2 dari 4

Ketahui Kadar Kolesterol dengan Kontrol Rutin

Ilustrasi Cek Kadar Kolesterol
loading

Menurut Prof Barbara Thorand dari Pusat Penelitian Kesehatan Lingkungan Jerman di Neuherberg, semakin lama paparan terhadap kolesterol jahat di dalam darah akan menentukan tingginya risiko terkena jantung dan stroke. Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu melakukan kontrol rutin terhadap kadar kolesterol. 

The American Heart Association merekomendasikan setiap orang dewasa untuk melakukan pengecekkan kolesterol rutin setiap 4–6 tahun, dimulai dari usia 20 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, angka kolesterol akan cenderung meningkat.

Pemeriksaan kolesterol diawali dengan berpuasa selama 9–12 jam terlebih dahulu. Anda dianjurkan untuk skrining lebih rutin bila merokok, memiliki tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol HDL yang rendah. 

Disamping itu, skrining lebih rutin juga dianjurkan apabila memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga (ayah atau saudara laki-laki sebelum usia 55 tahun, ibu atau saudara perempuan sebelum usia 65 tahun).

Perlu diketahui pula bahwa pria lebih berisiko tinggi dibandingkan wanita. Namun sebaliknya saat wanita mengalami menopause, wanita memiliki risiko tinggi terkena kolesterol.

Artikel Lainnya: Kolesterol Total Normal, Risiko Penyakit Jantung Hilang?

3 dari 4

Tips Menjaga Kadar Kolesterol

Ilustrasi Hentikan Kebiasaan Merokok untuk Menjaga Kadar Kolesterol
loading

Menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Lakukan beberapa tips di bawah ini: 

  • Makan Makanan Rendah Kolesterol 

Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada gorengan, daging merah dan produk susu full cream. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol LDL. 

  • Pilih Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL. Sebaliknya, asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah. Contoh makanan yang dapat Anda coba adalah salmon, ikan herring, dan walnut. 

Artikel Lainnya: Leher Sakit, Tanda Kolesterol Tinggi?

  • Konsumsi Makanan Tinggi Serat 

Serat yang memberikan manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah adalah serat larut. Serat larut dapat ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, apel, pir, kacang merah. 

  • Berolahraga secara Rutin 

Olahraga yang rutin dilakukan dapat bermanfaat meningkatkan kadar HDL. Lakukan setidaknya 20-30 menit latihan aerobik intensitas sedang sebanyak tiga kali seminggu. Aktivitas fisik juga sangat membantu menurunkan berat badan. 

  • Hindari Merokok dan Alkohol 

Dengan tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol, Anda dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh. 

Baca Juga

Mulailah sedini mungkin gaya hidup yang sehat agar Anda merasakan manfaatnya di hari tua, termasuk dalam mencegah kolesterol tinggi. 

Jika memiliki pertanyaan seputar kolesterol, Anda bisa bertanya melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[FY]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Inilah 9 Kebiasaan yang Bikin Risiko Hipertensi Meningkat

Info Sehat
08 Agt

Waktu yang Tepat untuk Cek Kadar Kolesterol

Info Sehat
20 Jul

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Alami

Info Sehat
20 Jul

Inilah Pola Makan Sehat bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Info Sehat
17 Jul

Ini Penyebab Usia Muda Kena Kolesterol Tinggi

Info Sehat
11 Jun

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk