3 Kondisi Mematikan Akibat Kolesterol Tinggi
searchtext customer service

3 Kondisi Mematikan Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sering hadir tanpa disadari. Diam-diam, Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit yang sangat mematikan, lho!
3 Kondisi Mematikan Akibat Kolesterol Tinggi

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena zat ini berperan dalam pembentukan hormon, vitamin D dan proses pencernaan makanan. Namun jika kadarnya di atas normal, kolesterol tinggi dapat menyebabkan sederet penyakit mematikan!

Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis; kolesterol baik (HDL) yang tugasnya membawa kolesterol jahat ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh, dan kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan penumpukan dan pembentukan plak di pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Gejala Kolesterol Tinggi

 

1 dari 2

Kondisi Berbahaya Jika Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi
loading

Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Misalnya, sering makan gorengan atau makanan berlemak lainnya, jarang bergerak atau berolahraga, merokok, konsumsi alkohol, dan lain sebagainya.

Di saat kadar kolesterol jahat di atas batas normal, maka 3 kondisi mematikan berikut bisa muncul kapan saja:

Penyakit Jantung dan Stroke

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah arteri (arterosklerosis). Seiring dengan waktu, plak tersebut akan mengeras dan membuat pembuluh darah menyempit atau bahkan tersumbat sama sekali.

Arterosklerosis bisa terjadi di pembuluh darah manapun. Karena itu, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantungstroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Diabetes

Penderita diabetes biasanya memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah, dan partikel kolesterol jahat (LDL) yang menempel pada pembuluh darah. Kondisi ini dapat merusak dinding pembuluh darah, dan dapat menyebabkan kematian cepat atau lambat.

Hipertensi

Ketika pembuluh darah menjadi tebal dan sempit karena plak, jantung juga bekerja lebih keras untuk memompa darah. Dengan ini, tekanan darah menjadi lebih tinggi dari biasanya. Bahayanya, hipertensi juga berhubungan langsung dengan penyakit jantung atau serangan jantung.

Baca Juga

Kolesterol tinggi berhubungan erat dengan banyak kondisi mematikan. Karena itu, Anda disarankan untuk segera menerapkan gaya hidup sehat sedari dini. Dengan demikian, kolesterol tinggi dan bahaya di baliknya tidak akan mengintai diri Anda!

[NB/RVS]

ARTIKEL TERKAIT

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kolesterol Rendah

Info Sehat
16 Jun

Mengenal Gejala Hiperkolesterolemia

Info Sehat
15 Jun

Rebusan Daun Salam bisa Turunkan Kolesterol?

Info Sehat
15 Jun

Lebih Bahaya Kolesterol atau Trigliserida, Ini Faktanya

Info Sehat
14 Jun

Fakta tentang Kolesterol yang Wajib Anda Tahu

Info Sehat
13 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat