Air Putih Mampu Atasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi berbahaya jika tidak diatasi segera, cara mengatasi kolesterol tinggi yang sederhana dapat mengkonsumsi air putih saja, apakah hal tersebut benar? Berikut fakta medisnya:
Air Putih Mampu Atasi Kolesterol Tinggi

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol tinggi menjadi ancaman bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 menguak fakta bahwa lebih dari 70% penduduk dewasa di Indonesia memiliki kolesterol tinggi. Andakah salah satunya?

Ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, mulai dari berbagai macam diet, olahraga, serta mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun, ternyata tak hanya itu. Hal sederhana seperti minum air putih pun terbukti berpengaruh dalam menurunkan kolesterol.

Sebenarnya air putih tak secara langsung berdampak menurunkan kolesterol. Studi yang dilakukan oleh University of Birmingham, Inggris, menemukan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan terbukti lebih sedikit porsi makannya dan cenderung tidak memilih makanan yang tinggi kolesterolnya.

Artinya, minum air putih sebelum makan mampu mengubah perilaku makan seseorang menjadi lebih menyehatkan. Hal ini secara jangka panjang mampu menurunkan kolesterol.

Artikel Lainnya: Obat Penurun Kolesterol

1 dari 2

Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum Air Putih Sebelum Makan
loading

Lalu, berapa banyak air putih yang perlu dikonsumsi? Berdasarkan penelitian tersebut, dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 ml air putih satu jam sebelum makan.

Namun, tentu saja Anda tak dapat hanya mengandalkan minum air putih untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari, makan ikan setidaknya dua kali seminggu, serta berolahraga minimal empat kali seminggu juga tetap harus dilakukan.

Baca Juga

Anda tertarik untuk mencoba? Yuk, biasakan minum air putih sebelum makan agar kolesterol tinggi dapat dicegah dan diatasi.

[RS/ RVS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Konsumsi Buah Ini Bersama Obat Penurun Kolesterol

Info Sehat
17 Jul

Makan Daging Unta Saat Ibadah Haji, Apa Manfaatnya?

Info Sehat
16 Jul

Awas, Kolesterol Terlalu Rendah juga Berisiko!

Info Sehat
09 Jul

Minum Jus Tomat Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung?

Info Sehat
09 Jul

Mencegah Kanker dengan Daun Sirsak, Efektifkah?

Info Sehat
08 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk