Vegetarian Pasti Bebas Kolesterol?

Menjadi vegetarian bukan berarti Anda terbebas dari risiko kolesterol tinggi, lho! Simak penjelasan lengkapnya.
Vegetarian Pasti Bebas Kolesterol?

Klikdokter.com, Jakarta Vegetarian adalah pola makan di mana seseorang tidak makan daging, tapi masih dapat makan susu dan telur. Banyak yang menganggap bahwa dengan menghindari makan daging, maka dirinya pasti terhindar dari kolesterol.

Hal ini bukan tanpa alasan. Daging merupakan salah satu sumber lemak jenuh. Asupan lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun, apakah betul Anda dapat terbebas dari kolesterol dengan menghindari makan daging saja?

1 dari 3

Risiko Kolesterol Tinggi pada Vegetarian

Vegetarian pada Wanita
loading

Mungkin Anda berpikir bahwa kadar kolesterol vegetarian pasti baik atau rendah. Faktanya, tidaklah demikian. 

Dalam kesehariannya, vegetarian yang bukan vegan masih mungkin untuk mengonsumsi produk hewani yang mengandung lemak jenuh. Jenis lemak ‘jahat’ ini banyak terkandung dalam susu, kuning telur, keju, dan sebagainya. 

Walaupun Anda tidak makan daging, tapi jika Anda masih makan susu, keju dan santan dalam jumlah tinggi, maka dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida dalam tubuh. 

Perlu Anda ingat, kelebihan lemak jenuh dan karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, kentang, kue-kue manis, dan lain-lain, juga dapat memicu peningkatan kadar kolesterol. 

Jadi, penyebab kolesterol tinggi pada vegetarian tidak hanya berasal dari sumber hewani. Banyak pula sumber nabati yang mengandung lemak jenuh, seperti minyak kelapa sawit dan santan. Asupan lemak yang tinggi ini dapat diubah menjadi kolesterol dalam tubuh. Itu sebabnya vegetarian belum tentu bebas dari kolesterol.

Artikel lainnya: 5 Manfaat Diet Vegetarian bagi Kesehatan

2 dari 3

Tips Jaga Kolesterol pada Vegetarian

Berkonsultasi dengan Dokter Mengenai Pilihan Makanan Vegetarian
loading

Jika Anda adalah seorang vegetarian, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memiliki badan yang sehat dan terbebas dari kolesterol. Berikut di antaranya: 

  • Variasikan diet Anda. Pastikan komposisi makanan Anda mengandung biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Semakin bervariasi makanan Anda, maka semakin banyak nutrisi yang berhasil Anda dapatkan.
  • Konsumsi telur dan produk susu dalam jumlah sedang. Jangan jadikan telur dan susu sebagai sumber makanan yang utama. Konsumsi dalam jumlah sedang dan pilihlah susu rendah lemak. Selain itu, Anda juga dapat mengganti susu sapi Anda dengan susu soya atau kedelai.

Artikel lainnya: Lebih Sehat, Ini Cara Mudah Membuat Daging Vegetarian!

  • Konsultasikan dengan ahli gizi. Jika Anda bingung dengan pilihan makan vegetarian yang tepat, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter gizi terdekat. 

Khususnya jika Anda adalah penderita penyakit kronis, seperti diabetes, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi. Berbagai penyakit ini memiliki hubungan yang erat dengan makanan yang Anda makan.

  • Ingatlah bahwa makanan cepat saji bisa tidak sehat dan tinggi kalori, walaupun makanan tersebut vegetarian. Anda perlu jeli dalam melihat kandungan garam dan minyak dalam setiap sajian makanan Anda.
  • Olahraga rutin. Pola makan vegetarian tentunya perlu diimbangi dengan olahraga teratur agar manfaatnya pun maksimal. Jadi, jangan lupakan olahraga rutin untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Hindari rokok. Rokok adalah penyebab berbagai penyakit saluran pernapasan dan kanker. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari pola hidup vegetarian, hindari rokok dan asap rokok. 
Baca Juga

Jadi, meski Anda seorang vegetarian, tetaplah memperhatikan gaya hidup untuk menghindari kolesterol tinggi. Karena, walaupun Anda adalah vegetarian, belum tentu Anda bebas kolesterol. Selalu cermati kandungan pada makanan Anda karena sumber lemak jenuh tak hanya pada asupan hewani. 

Masih penasaran dengan topik terkait vegetarian dan kolesterol tinggi? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[NWS] 

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Ingin Turunkan Kolesterol? Yuk, Konsumsi Buah-Buahan Ini!

Info Sehat
03 Agt

Minum Alkohol Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Info Sehat
24 Jul

Waktu yang Tepat untuk Cek Kadar Kolesterol

Info Sehat
20 Jul

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Alami

Info Sehat
20 Jul

Gaya Hidup yang Menyebabkan Kolesterol

Info Sehat
09 Jul

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk