search

Menilik Kebutuhan Gula Harian Berdasarkan Usia

Anda boleh mengonsumsi gula asalkan tidak berlebihan. Ketahui kebutuhan gula harian agar kesehatan tubuh Anda terus terjaga dengan baik.
Menilik Kebutuhan Gula Harian Berdasarkan Usia

Klikdokter.com, Jakarta Setiap usia memiliki kebutuhan gula yang berbeda-beda. Kebutuhan ini mesti dipatuhi, karena kekurangan atau kelebihan kadar gula malah berisiko meningkatkan gangguan kesehatan.

Faktanya, Nutrition Journal menyebut asupan kalori berlebihan dari gula dapat meningkatkan risiko berat badan yang berujung pada obesitas. Kondisi ini merupakan awal dari banyak sekali penyakit, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Bahayanya lagi, penyakit-penyakit tersebut dapat berkembang dan menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya lagi. Contohnya, menjadi penyakit ginjal, penyakit hati, penyakit mata, hingga merusak fungsi reproduksi.

Oleh karena itu, jika Anda masih berusia produktif, memiliki segudang impian, dan selalu ingin tampil prima, terapkan gaya hidup sehat. Patuhi juga anjuran rekomendasi kebutuhan gula harian dengan cermat.

Artikel Lainnya: 7 Tanda Tubuh Anda Sudah Kelebihan Gula, Apa Gejalanya?

1 dari 3

Kebutuhan Gula pada Anak dan Remaja

Kebutuhan Gula pada Anak dan Remaja
loading

Anak adalah kelompok khusus yang perlu mendapatkan perhatian terkait asupan gula harian. Hal ini karena anak cenderung menyukai makanan manis dan belum dapat mengontrol menu makan sehari-hari.

Kebutuhan gula pada anak berusia 4-6 tahun tidak lebih dari 19 gram (5 sendok teh gula) per hari. Sedangkan anak berusia 7-10 tahun tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh gula).

Untuk kelompok anak memasuki usia remaja di kisaran 11-12 tahun, mereka disarankan untuk tidak mengonsumsi gula melebihi 30 gram (7 sendok makan) per hari.

Kebutuhan gula pada anak dan remaja mesti dipatuhi, agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Jangan sampai kekurangan atau berlebihan, karena sama-sama bisa mengundang dampak buruk bagi kesehatan.

Artikel Lainnya: Alasan Pentingnya Membatasi Konsumsi Gula

2 dari 3

Kebutuhan Gula Orang Dewasa

Kebutuhan Gula Orang Dewasa
loading

Kebutuhan gula harian orang dewasa adalah tidak lebih dari 10 persen angka kecukupan kalori per hari. Jadi, untuk mendapatkan angka pasti, Anda memerlukan perhitungan kebutuhan kalori yang bersifat individual.

Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 50 gram per hari. Jumlah ini tidak lebih dari 9 sendok teh gula, dan berlaku untuk pria maupun wanita.

Artikel Lainnya: Konsumsi Minuman Manis Saat Hamil Sebabkan Obesitas pada Bayi?

Memenuhi kebutuhan gula harian sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan Anda selalu memperhatikan hal tersebut, agar tubuh tidak kekurangan maupun kelebihan asupan gula.

Jangan lupa juga memperhatikan kecukupan asupan gizi lain setiap hari. Hal tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi menu bergizi seimbang, secara rutin dan teratur.

Imbangi dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup tidur, serta kelola stres dengan baik. Apabila menemukan gejala suatu penyakit, segera periksakan diri ke dokter sebelum terlanjur parah. Semakin cepat dideteksi dan diatasi, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.

Baca Juga

Tetap nikmati makanan manis favorit Anda, namun tetap batasi porsinya agar tidak melebihi kebutuhan gula harian. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat menurunkan produktivitas Anda.

Jika ingin tahu lebih detail mengenai kebutuhan gula harian, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Sehat Gula Merah yang Jarang Diketahui

Info Sehat
03 Nov

Cara Efektif Melawan Kecanduan Gula

Info Sehat
20 Okt

Hati-hati, Ini Bahaya Sirup Jagung Tinggi Fruktosa

Info Sehat
19 Okt

Tetap Sehat Saat New Normal dengan Mengatur Konsumsi Gula

Info Sehat
30 Jun

Sering Makan Roti Tawar Bikin Gemuk?

Info Sehat
01 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat