Begini Caranya Agar Tidur Siang Anda Efektif

Tidur siang dapat menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran. Namun, bagaimana cara memastikan tidur siang Anda efektif?
Begini Caranya Agar Tidur Siang Anda Efektif

Klikdokter.com, Jakarta Banyak yang percaya bahwa tidur siang dapat mengganggu tidur malam. Namun, pada kenyataannya, tidur siang justru dapat membantu sebagian orang menyegarkan pikiran sehingga bisa kembali melanjutkan aktivitas secara produktif.

Bahkan kabarnya, jika dilakukan dengan tepat, tidur siang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara agar tidur siang Anda efektif?

Manfaat Sehat Tidur Siang

Tidur siang bisa menjadi tambahan yang menyehatkan, selama tidur siang yang Anda lakukan efektif dan tidak mengganggu tidur malam. Karena itu, sebelum Anda menerapkan tips untuk tidur siang, sebaiknya Anda kenali manfaat sehatnya terlebih dahulu.

Para peneliti telah menemukan bukti kuat tentang dampak tidur siang pada kesehatan, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan kinerja kognitif
  • Meningkatkan memori jangka pendek
  • Mengurangi kantuk dan kelelahan
  • Meningkatkan kinerja atletik

Untuk efek jangka panjang dari tidur siang sendiri, para peneliti sepakat bahwa bahwa tidur siang tidak memberikan manfaat sehat bagi individu.

Bahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa tidur siang kemungkinan tidak bermanfaat bagi sebagian orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia. Sebab, tidur siang dapat membuat mereka lebih sulit tidur pada malam hari.

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Tidur Siang yang Penting untuk Anda

1 dari 3

Berapa Lama Sebaiknya Tidur Siang?

Seorang Wanita sedang Tidur Siang
loading

Cara tidur siang yang baik dan benar tak lepas dari durasi tidur siang yang ideal. Namun sebenarnya, lamanya waktu untuk tidur siang dapat bervariasi tergantung individu, mulai dari usia hingga siklus tidur mereka.

Mengenai durasi panjang maupun pendek, ternyata keduanya sama-sama bermanfaat. Akan tetapi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan Anda tidur siang.

  • Durasi Pendek (20 Menit)

Kebanyakan ahli setuju bahwa waktu tidur siang dengan durasi pendek lebih baik jika tujuan Anda tidur siang adalah untuk membuat lebih segar dan waspada.

Hal ini sejalan dengan rekomendasi National Sleep Foundation yang menyatakan bahwa tidur siang selama 20 menit akan membuat Anda terbangun lebih segar.

  • Durasi Panjang (25-45 Menit)

Berdasarkan penelitian di tahun 2019, tidur siang selama 25, 35, atau bahkan 45 menit secara signifikan dapat menurunkan tanda-tanda stres dan kelelahan pada laki-laki yang aktif secara fisik.

Selain itu, tidur siang jangka panjang juga membantu meningkatkan atensi dan performa fisik mereka.

Walaupun demikian, National Sleep Foundation mengingatkan bahwa tidur siang yang lebih lama dapat membuat seseorang pusing karena harus bangun dari tidur yang lebih dalam.

Artikel Lainnya: Asah Kemampuan Otak dengan Tidur Siang

2 dari 3

Cara Agar Tidur Siang Anda Efektif

Cara Agar Tidur Siang Anda Efektif
loading

Beberapa tips agar tidur siang Anda menjadi lebih efektif adalah sebagai berikut:

1. Jangan Tidur Lebih dari 30 Menit

Durasi tidur yang ideal adalah sekitar 20 menit dan tidak lebih dari 30 menit. Waktu yang tidak terlalu panjang ini akan mencegah tubuh untuk mencapai tahapan tidur yang lebih dalam dan mencegah terbangun dengan rasa pusing.

Meskipun durasi 20 menit merupakan waktu tidur yang ideal untuk sebagian besar orang, durasi ini dapat berbeda pada orang lain.

Seseorang mungkin memerlukan serangkaian percobaan waktu tidur siang mulai dari 10 hingga 45 menit untuk menentukan durasi tidur siang yang ideal untuk dirinya.

2. Temukan Tempat yang Tenang

Salah satu cara tidur siang yang baik dan benar adalah menemukan tempat yang ideal untuk tidur. Tempat yang sepi dan tenang akan membantu seseorang memanfaatkan waktu singkat yang mereka miliki untuk tidur siang dengan nyaman.

Artikel Lainnya: Anak Susah Tidur Siang? Mungkin Ini Penyebabnya

3. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Sore

Tips tidur siang selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu untuk tidur siang. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah di tengah hari. Jika tidur dilakukan terlalu sore, Ada bisa tetap terjaga hingga malam hari sehingga jadwal tidur malam Anda terganggu.

4. Perhatikan Jadwal Konsumsi Kafein Anda

Secara umum, asupan kafein, baik dalam kopi maupun minuman lainnya, mempermudah seseorang untuk terjaga.

Cara tidur siang yang efektif bisa dilakukan dengan memperhatikan jadwal konsumsi kafein. Waktu konsumsi kafein harus disesuaikan dengan jadwal tidur siang Anda agar tidak mengganggu kemudahan untuk tertidur.

5. Rencanakan Tidur Siang Anda

Perencanaan waktu tidur siang menjadi salah satu tips untuk tidur siang yang penting untuk diperhatikan. Sebab, rasa tidak nyaman bisa Anda rasakan jika Anda menunggu datangnya rasa kantuk.

Waktu tidur siang yang teratur dan direncanakan dapat membuat tubuh terbiasa dengan rutinitas Anda, serta membantu untuk tertidur lebih cepat dan terbangun lebih mudah.

6. Terapkan Tidur Siang sebagai Rutinitas

Selain merencanakan waktu tidur siang, Anda juga perlu menerapkannya sebagai rutinitas harian. Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang rutin tidur siang akan memiliki tidur malam hari yang lebih baik.

Baca Juga

Itulah beberapa tips tidur siang yang bisa Anda terapkan. Memang tak bisa dimungkiri, tidur siang adalah salah satu cara untuk memberikan istirahat singkat pada tubuh dan pikiran, sehingga membuat seseorang terbangun dengan keadaan lebih segar untuk sisa hari mereka.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan durasi ideal untuk tidur siang. Karena jika tidak, bukannya manfaat sehat yang diperoleh, melainkan rasa lelah dan sulit untuk tidur di malam hari. 

[WA]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Pakai Daster saat Mau Tidur Ternyata Punya Manfaat Kesehatan lho!

Info Sehat
20 Jul

Tips Membakar Kalori Lebih Banyak Meski Sedang Tidur

Info Sehat
15 Jul

Bukan Mistis, Ini Penjelasan Medis Kaget saat Tidur atau Hypnic Jerk

Info Sehat
22 Jun

Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur Agar Tidak Gemuk

Info Sehat
09 Jun

Kenali Gangguan Tidur Akibat Kerja Shift

Info Sehat
20 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk